Comscore Tracker

Terungkap, Ini Asal Usul 5 Nama Kuliner Unik di Surabaya!

Arek Suroboyo sudah tahu belum?

Muda-mudi Surabaya pasti sudah gak asing lagi dengan kuliner khas kota Pahlawan yang terkenal dengan nama unik dan nyeleneh. Sebut saja Nasi Goreng Jancuk, Rawon Setan atau Bebek Mercon. Tapi gak banyak lho yang tahu tentang asal usul sebenarnya dibalik penciptaan nama kuliner yang gak biasa ini. Kamu sudah tahu, belum? Kalau belum, yuk cari tahu di bawah ini!

1. Rawon Setan.

Terungkap, Ini Asal Usul 5 Nama Kuliner Unik di Surabaya!ksmtour.com

Kuliner Rawon Setan yang berlokasi di Jl. Embong Malang ini terkenal banget di Surabaya. Setiap kali kamu mampir ke kota ini, Rawon Setan pasti menjadi kuliner yang paling banyak direkomendasikan oleh warga setempat. Begitu pertama kali mendengar nama kuliner ini, mungkin kamu berpikir bahwa nama ini mendeskripsikan cita rasa kuliner yang pedas. Padahal sebenarnya bukan itu.

Sejarahnya, Rawon Setan sudah berdiri sejak tahun 1950. Saat itu, rumah makan ini buka setiap pukul 22:00 sampai pukul 04:00 pagi. Jam buka pada tengah malam yang tidak biasa inilah yang membuat nama Rawon Setan kemudian dipilih.

2. Rawon Kalkulator.

Terungkap, Ini Asal Usul 5 Nama Kuliner Unik di Surabaya!travel.kompas.com

Selain Rawon Setan, di Surabaya juga terkenal dengan kuliner Rawon Kalkulator yang bisa kamu temui di Taman Bungkul di Jalan Raya Darmo, Surabaya. Tahu gak kenpa kuliner ini dinamai Rawon Kalkulator? Usut punya usut, ternyata nama unik ini dipilih untuk menggambarkan kecepatan pelayan dalam menghitung total biaya yang harus dibayar setiap pelanggan. Gak percaya? Coba saja kamu datang ke sana dan lihat sendiri kemampuan menghitung dari para pelayan di sana. Guru matematika kamu kalah, deh!

3. Mi Pekcun.

Terungkap, Ini Asal Usul 5 Nama Kuliner Unik di Surabaya!ncepsuroboyo.com

Pekcun dalam bahasa Surabaya adalah sebutan lain dari pekerja seks komersial. Namun arti ini sebenarnya tidak ada sangkut pautnya dengan cita rasa Mi Pekcun yang pedasnya bisa bikin kamu nangis! Karena penggunaan Pekcun untuk kuliner ini lebih diartikan sebagai singkatan dari pedas racun. Cabang Mi Pekcun ada banyak di Surabaya, namun yang paling terkenal ada di Jl. Anjasmoro.

4. Bebek Mercon.

Terungkap, Ini Asal Usul 5 Nama Kuliner Unik di Surabaya!mldspot.com

Surabaya juga terkenal dengan kuliner bebek goreng yang khas. Salah satunya yang paling terkenal adalah Bebek Mercon. Kok bisa dinamai Bebek Mercon, ya? Ternyata, nama mercon alias petasan dipilih karena bebek di sini disajikan dengan campuran bumbu dan sambal yang pedasnya bisa meledak-ledak di mulut, seolah kamu baru saja makan petasan!

5. Nasi Goreng Jancuk.

Terungkap, Ini Asal Usul 5 Nama Kuliner Unik di Surabaya!ibupenyu.com

Seperti yang kamu tahu, nama kuliner yang satu ini menggunakan salah satu kata umpatan khas Surabaya. Ternyata ada cerita unik di balik penggunaan nama Nasi Goreng Jancuk yang kini bisa kamu temui di Hotel Plaza Surabaya ini, lho!

Pada awalnya, seorang chef di hotel tersebut sedang membuat nasi goreng yang dia beri banyak tambahan cabai. Kemudian ia meminta beberapa temannya untuk mencoba nasi goreng tersebut. Jelas saja, begitu mencicipi, teman-teman chef tersebut langsung kepedasan sampai mengumpat berkali-kali. Dari situlah, nasi goreng buatan chef ini diberi nama Nasi Goreng Jancuk.

Unik-unik ya? Segera deh cobain kuliner dengan nama unik ini kalau lagi bertandang ke ibukota provinsi Jawa Timur ini!

Irene Adler Photo Community Writer Irene Adler

A poor yet busy fangirl who was born to be different and unique than those pretty girls around you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You