Comscore Tracker

7 Buah-Buahan Asam Ini Seger Banget Buat Dirujak Siang-Siang

Bikin ngiler

Dihari yang panas menyengat memang paling enak didampingi seporsi rujak dengan aneka buah-buahan beragam rasa dan sambel kaya rasa yang segar dan pedas. Dan di antara sekian banyak buah-buahan yang kerap dijadikan tokoh utama rujak, buah-buahan berikut ini juga tak kalah sedap dengan rasa asamnya yang dominan untuk dijadikan bahan pembuatan rujak yang tentu saja akan menambah kaya rasanya. Apa saja ya ? Yuk simak. 

1. Cermai

7 Buah-Buahan Asam Ini Seger Banget Buat Dirujak Siang-Siangboombastis.com

Buah berwarna hijau terang dengan nama latin Phyllanthus acidus ini memiliki rasa yang terkenal kecut dengan sensasi agak kesat di lidah. Cermai biasanya diolah menjadi asinan, manisan ataupun rujak yang menyegarkan. Buah ini banyak dan mudah ditemukan di Indonesia, yang beriklim tropis dan cocok untuk pertumbuhan buah cermai.

2. Kosambi

7 Buah-Buahan Asam Ini Seger Banget Buat Dirujak Siang-Siangbukalapak.com

Buah kosambi juga menjadi salahsatu buah dengan citarasa asam kecut yang sangat segar untuk dibuat rujak. Dengan campuran gula merah, garam, cabai dan sedikit terasi kemudian dinikmati siang hari saat matahari sedang terik teriknya. Rasa asam segar dari buah kosambi ini dijamin buat mata kamu melek dan segar lagi.

3. Belimbing Wuluh

7 Buah-Buahan Asam Ini Seger Banget Buat Dirujak Siang-Siangdesamodern.com

Belimbing wuluh yang juga dikenal dengan sebutan belimbing sayur ini memang sering dan kerap kali dijadikan bahan pembuatan sayur dan menambah citarasa maskan dengan rasa asamnya yang menyegarkan. Namun ternyata selain dibuat bahan masakan, belimbing wuluh juga sering dijadikan bahan rujak nih. baik disajikan dengan bumbu rujak lengkap atau hanya sekedar di cocol garam saja, rujak belimbing wuluh ini tak tertandingi.

Baca Juga: 8 Kedai Rujak Manis yang Paling Maknyus di Malang 

4. Markisa

7 Buah-Buahan Asam Ini Seger Banget Buat Dirujak Siang-Siangdeherba.com

Selain dijadikan varian rasa minuman, buah markisa juga enak dinikmati langsung dengan cara disajikan dalam bentuk rujak. Kamu hanya tinggal mencampurkan gula, garam dan bubuk cabai sesuai seleramu dengan isi buah markisa, dan kamu bisa menikmati markisa yang asam ini dengan rasa yang lebih berwarna.

5. Jeruk bali

7 Buah-Buahan Asam Ini Seger Banget Buat Dirujak Siang-Siangfaunadanflora.com

Jeruk bali juga sering nih dijadikan bahan pembuatan asinan ataupun rujak. Rasa asam manisnya yang segar dan teksturnya yang berair memang cocok dinikmati saat hari panas dengan campuran bumbu pedas yang akan melangkapi rasanya.

6. Mangga muda

7 Buah-Buahan Asam Ini Seger Banget Buat Dirujak Siang-Siang1health.id

Buah yang satu ini sudah tak usah dipertanyakan lagi reputasinya. Mangga muda yang renyah dan asam selalu menjadi favorit untuk dijadikan bahan pembuatan ruja ataupun asinan dan manisan, kemudian dinikmati beramai ramai saat hari sedang terik teriknya.

7. Asam jawa

7 Buah-Buahan Asam Ini Seger Banget Buat Dirujak Siang-Siangdraxe.com

Kalau kamu hanya tahu asam jawa kerap kali diolah menjadi bumbu masakan atau bahan pembuatan jamu dan obat, ternyata asam jawa juga bisa dijadikan rujak lo. Biasanya buah asam jawa yang dijadikan rujak adalah buah asam jawa yang asih muda kemudian ditumbuk dengan bumbu rujak lengkap.

Baca Juga: 13 Rujak Khas Indonesia yang Paling Enak, Bikin Ngiler Seketika

Vini Krisdiani Photo Community Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You