Comscore Tracker

5 Cara Mengolah Kulit Jeruk Supaya Gak Terbuang Sia-sia

Sudah pernah coba sebelumnya?

Kulit jeruk sebaiknya jangan dibuang begitu saja, gengs. Karena ternyata, kulit jeruk dapat dimanfaatkan kembali menjadi manisan hingga kue. Jika kalian gak percaya atau masih bingung bagaimana caranya, yuk simak dulu uraian berikut ini : 

1. Dibuat menjadi manisan kulit jeruk

5 Cara Mengolah Kulit Jeruk Supaya Gak Terbuang Sia-sia30seconds.com

Tak hanya daging buahnya saja, kulit jerukpun ternyata dapat dikonsumsi, lho. Caranya adalah dengan dibuat menjadi manisan kulit jeruk. 

Manisan kulit jeruk ini dapat kalian buat sendiri dengan cara memisahkan bagian yang berwarna putih pada kulit jeruk, sehingga diperoleh lembaran yang berwarna oranyenya saja. 

Setelah itu, rebus kulit jeruk selama kurang lebih 15 menit lalu tiriskan. Kemudian, rebus kembali kulit jeruk dalam larutan gula dengan api kecil selama 45 menit. Usai direbus, kulit jeruk lalu dibaluri dengan gula pasir dan didiamkan hingga mengering. Agar lebih awet dan segar, kalian dapat menyimpan manisan ini di freezer

Jika kalian suka, manisan ini dapat kalian celupkan ke dalam coklat leleh kemudian didinginkan. Yum! 

2. Ditambahkan ke dalam teh

5 Cara Mengolah Kulit Jeruk Supaya Gak Terbuang Sia-siaTealabcle.com

Selain dibuat menjadi manisan, kulit jeruk juga dapat kalian tambahkan ke dalam teh agar lebih segar dan beraroma. Caranyapun juga sangat sederhana, guys. Jika kalian menggunakan kulit jeruk segar, kalian cukup mencincangnya dan jika kalian menggunakan kulit  jeruk kering, kalian hanya perlu menumbuknya.

Kulit jeruk tersebut kemudian direndam dalam teh selama beberapa saat dan voila, kalian sudah dapat menikmati citrus tea kalian. 

3. Dibuat menjadi salad dressing

5 Cara Mengolah Kulit Jeruk Supaya Gak Terbuang Sia-siaSixdollarfamily.com

Kulit jeruk juga ternyata dapat digunakan sebagai salad dressing, lho. Caranya, kalian cukup mencampurkan irisan kulit jeruk dengan olive oil sebelum dituangkan ke atas salad. Dengan begitu, salad akan terasa lebih segar dan nikmat. 

Baca Juga: 10 Kreasi Es Istimewa dengan Sirup Jeruk, Segar buat Buka Puasa

4. Diolah menjadi saus

5 Cara Mengolah Kulit Jeruk Supaya Gak Terbuang Sia-siaTheindependentbd.com

Kalian dapat membuat saus asam nan segar dari kulit jeruk dengan cara mencampur kulit jeruk yang diparut, jus jeruk, dan air dengan sedikit garam, gula merah, dan tepung maizena. Campuran tersebut kemudian dimasak selama 10 menit sambil diaduk hingga teksturnya mengental. Saus ini kemudian dapat kalian gunakan untuk memasak daging, seafood, atau sebagai dipping sauce

5. Diolah menjadi orange zest cake

5 Cara Mengolah Kulit Jeruk Supaya Gak Terbuang Sia-siaHalegroves.com

Kulit jeruk yang serbaguna ini juga dapat kalian olah menjadi orange zest cake. Untuk membuatnya, kalian perlu mencampurkan 1 1/2 cup tepung, 3/4 cup gula, 1/4 cup jus jeruk, 1/4 cup susu, 2 sendok makan mentega, 2 butir telur, 2 sendok teh baking powder, dan 1 sendok makan kulit jeruk yang telah diparut. 

Setelah adonan rata, tuangkan ke loyang yang telah diolesi mentega dan panggang selama 30-40 menit dengan suhu 180 derajat Celsius. Saat kue sudah matang, dinginkan sebentar dan kue siap untuk disajikan. 

Selain mengurangi food waste, mengolah kulit jeruk untuk dikonsumsi juga dapat meningkatkan kesehatan kalian, karena kulit jeruk berkhasiat untuk meredakan depresi, membasmi bau mulut, mencegah sembelit, mengurangi rasa mual, serta menjaga kesehatan jantung. 

Kini, kalian gak mau membuang kulit jeruk lagi kan? 

Baca Juga: Bikin Ngiler, 5 Makanan & Minuman dari Bahan Jeruk Bali

V Hendardy Photo Verified Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya