5 Olahan Ceri yang Nagih Banget, Gak Cuma Dimakan Langsung

Termasuk buah favorit kamu gak nih?

Kalian mungkin paling sering menemukan buah ceri sebagai topping kue kan? Nah, daripada bosan memakannya langsung, ada baiknya kalian mencoba mengolah ceri menjadi santapan berikut ini nih : 

1. Cherry pie

5 Olahan Ceri yang Nagih Banget, Gak Cuma Dimakan LangsungAnnabanana.co

Untuk membuat pai ceri, kalian perlu mencampurkan ceri yang telah dihaluskan dengan gula, tepung maizena, dan perasan lemon. Isian tersebut kemudian dituangkan ke atas lembaran pie crust, ditutup dengan lembaran lainnya dan ditaburi dengan gula pasir. 

Setelah itu, pai dipanggang dengan suhu 204 derajat Celsius selama 20 menit, kemudian suhu oven diturunkan hingga 190 derajat Celsius dan pai dipanggang lagi selama 30-35 menit sebelum akhirnya dibiarkan mendingin pada suhu ruangan. Agar lebih nikmat, kalian dapat menambahkan whipped cream ataupun es krim sebagai pendamping pai ini. 

2. Chocolate-cherry cookies

5 Olahan Ceri yang Nagih Banget, Gak Cuma Dimakan LangsungFloatingkitchen.net

Selain diolah menjadi pai, kalian juga dapat mengolah ceri menjadi kukis nih. Caranya, kalian perlu mencampurkan gula, mentega, telur, dan vanila. Setelah itu, adonan tersebut akan dicampur dengan adonan tepung, garam, ceri, bubuk coklat, baking soda, dan baking powder. Campuran tersebut harus ditambahkan sedikit demi hingga adonan memadat. 

Setelah itu, adonan dibentuk menjadi bola dan dilumuri dengan frosting yang terbuat dari coklat leleh, susu kental manis, dan sedikit jus ceri. Kukis kemudian dipanggang selama 10-12 menit dan dibiarkan mendingin. 

3. Cherry truffles

5 Olahan Ceri yang Nagih Banget, Gak Cuma Dimakan LangsungM.asianfoodchannel.com

Camilan yang satu ini dapat kalian buat dengan cara memanaskan heavy whipping cream, mentega, dan gula. Api kemudian dimatikan dan coklat ditambahkan ke dalam adonan. Setelah adonan merata, adonan akan didinginkan. 

Selanjutnya, setiap ceri akan dilapisi dengan adonan coklat dan didinginkan selama beberapa jam. Jika sudah mengeras, ceri kemudian dicelupkan ke dalam campuran coklat leleh dan shortening. Oh ya, kalian juga dapat menambahkan topping apapun setelah ceri dicelupkan ke dalam coklat. Kira-kira apa topping favorit kalian? 

Baca Juga: 5 Alasan Pisang Bisa Jadi Makanan Pokok Pengganti Nasi

4. No-bake cherry cheesecake

5 Olahan Ceri yang Nagih Banget, Gak Cuma Dimakan LangsungCravingsofalunatic.com

Cheesecake ini dapat kalian buat tanpa perlu menggunakan oven ya, gengs. Untuk membuatnya, kalian perlu menyiapkan sebuah loyang kue dan mengisinya dengan campuran graham crackers (yang telah dihaluskan) dengan mentega kemudian didinginkan. 

Sementara itu, kalian dapat mulai membuat isiannya dengan cara mencampurkan cream cheese, gula, heavy cream, dan sedikit vanila. Isian lalu diratakan di atas crackers dan sekaleng ceri dituangkan. Cheesecake kemudian didinginkan selama kurang lebih 90 menit dan siap dihidangkan. 

5. Cherry ice cream

5 Olahan Ceri yang Nagih Banget, Gak Cuma Dimakan LangsungEatfirstworrylater.com

Jika kalian memiliki ice cream maker, kalian dapat mencampurkan whipped cream, vanilla custard, dan ekstrak vanila untuk membuat dessert yang satu ini. Adonan tersebut kemudian didinginkan hingga teksturnya cukup lembut. 

Setelah itu, kalian perlu memanaskan ceri dengan gula halus hingga rata. Adonan ceri ini lalu dituangkan ke atas adonan es krim dan diaduk. Es krim lalu dibekukan lagi dan siap untuk dinikmati. 

Itulah 5 cara untuk mengolah ceri, tertarik untuk mencobanya? 

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Tin, Buah yang Namanya Tercatat di Alquran

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You