Comscore Tracker

6 Makanan Fermentasi Ini Wajib Kamu Coba, Biar Gak Kimchi Melulu

Lezat sekaligus menyehatkan lho

Dalam bidang pangan, fermentasi adalah salah satu teknik pengawetan yang dilakukan dengan cara mereaksikan gula dan ragi (yeast) pada makanan. Selain memiliki rasa yang lezat, makanan yang difermentasi juga menyehatkan lho, karena makanan tersebut cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh. 

Kimchi dan miso merupakan dua dari banyak makanan fermentasi yang telah mendunia sejak lama. Namun, kalian perlu tahu juga nih makanan fermentasi lainnya di samping kimchi dan miso yang gak hanya lezat, namun juga menyehatkan. Seperti sederet makanan fermentasi berikut ini nih : 

1. Filipina: Puto

6 Makanan Fermentasi Ini Wajib Kamu Coba, Biar Gak Kimchi MeluluPinoy-cooking.com

Puto adalah dessert asal Filipina yang dibuat dengan cara merendam beras dengan ragi semalaman (atau lebih lama lagi) dan mengukusnya. Ada begitu banyak varian puto di Filipina, di antaranya adalah puto bumbong (bambu)dan puto pandan. Puto biasanya disajikan dengan olesan mentega/margarin dan ditabur dengan gula merah serta kelapa parut. 

2. India dan Sri Lanka: Idli

6 Makanan Fermentasi Ini Wajib Kamu Coba, Biar Gak Kimchi MeluluArchanaskitchen.com

Idli terbuat dari beras dan kacang hitam yang direndam semalaman dan dihaluskan. Setelah dihaluskan, adonan akan didiamkan lagi semalaman agar lebih mengembang sebelum akhirnya dikukus. Idli biasanya disajikan bersama chutney dan ghee (mentega). 

3. Vietnam: Bánh cuốn

6 Makanan Fermentasi Ini Wajib Kamu Coba, Biar Gak Kimchi MeluluHanoiluxuryhotels.com

Bánh cuốn adalah hidangan asal Vietnam berupa lembaran tipis yang terbuat dari adonan beras yang difermentasi. Lembaran tersebut kemudian diisi dengan daging cincang (biasanya babi), jamur, dan bawang merah. 

Baca Juga: 5 Makanan Ini Berkhasiat Jaga Kepadatan Otot Selama Puasa

4. Hawaii: Poi

6 Makanan Fermentasi Ini Wajib Kamu Coba, Biar Gak Kimchi MeluluPinterest.com/WhereTraveler

Poi merupakan hidangan asal Hawaii yang terbuat dari talas yang dikukus dan dihaluskan. Makanan yang telah menjadi makanan pokok penduduk Hawaii tersebut dapat dimakan langsung atau didiamkan terlebih dahulu. Poi memiliki rasa manis dan segar ketika dimakan langsung, namun akan terasa sedikit asam jika didiamkan karena pengaruh fermentasi. 

5. Nigeria, Kenya, dan Kamerun: Ogi

6 Makanan Fermentasi Ini Wajib Kamu Coba, Biar Gak Kimchi MeluluVegannigerian.com

Ogi adalah semacam bubur fermentasi yang terbuat dari jagung, sorgum, ataupun milet yang telah direndam selama beberapa hari. Pembuatan ogi kemudian dilanjutkan dengan proses fermentasi hingga 3 hari sebelum dimasak sampai teksturnya creamy

6. Polandia: Kapusta

6 Makanan Fermentasi Ini Wajib Kamu Coba, Biar Gak Kimchi MeluluRecipezazz.com

Kapusta merupakan sauerkraut (kubis fermentasi) yang dimasak dengan jamur, bacon, dan bawang bombay. Kapusta biasanya disajikan bersama kentang rebus sebagai side dish untuk hidangan lainnya. Dibandingkan dengan sauerkraut biasa, kapusta memiliki rasa yang tidak terlalu asam. 

Itulah keenam makanan fermentasi dari berbagai negara di dunia selain kimchi dan miso, tertarik untuk mencobanya? 

Baca Juga: Selain Tempe, Ini Ragam Makanan Fermentasi dari Kedelai yang Lezat

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You