Comscore Tracker

7 Olahan Tomat dari Berbagai Negara, Lezat Sekaligus Menyehatkan 

Sudah pernah coba?

Tomat (Solanum lycopersicum) merupakan salah satu bahan dasar makanan yang paling populer. Umumnya, tomat banyak diolah menjadi saus, sup, salad, bahkan minuman, seperti bloody mary.

Selain rasanya yang segar dan sedikit asam, tomat juga kaya akan serat, potassium, vitamin C, K, dan B9 (folat). Mengonsumsi tomat secara rutin juga akan membantu kalian menjaga kesehatan jantung, kulit, dan mengurangi resiko kanker. 

Nah, kali ini IDN Times akan membahas seputar olahan tomat dari berbagai penjuru dunia yang tentunya wajib kalian cicipi nih, seperti ketujuh hidangan berikut ini : 

1. Italia : Bruschetta

7 Olahan Tomat dari Berbagai Negara, Lezat Sekaligus Menyehatkan Taste.com.au

Bruschetta adalah roti panggang asal Italia yang dibuat dengan cara menambahkan bawang putih, minyak zaitun, dan potongan tomat ke atas roti. Selain tomat, topping lainnya seperti sayuran atau keju dapat ditambahkan, tapi versi bruschetta yang paling terkenal adalah yang menggunakan topping tomat. 

2. Spanyol: Gazpacho

7 Olahan Tomat dari Berbagai Negara, Lezat Sekaligus Menyehatkan Skinnyms.com

Gazpacho adalah hidangan yang terbuat dari campuran roti, tomat, timun, minyak zaitun, bawang putih, dan cuka. Hidangan yang juga populer di Portugal ini banyak dikonsumsi saat musim panas karena gazpacho dihidangkan dalam keadaan dingin, sehingga terasa menyegarkan jika dinikmati saat cuaca sedang panas-panasnya. 

3. Yunani: Gemista

7 Olahan Tomat dari Berbagai Negara, Lezat Sekaligus Menyehatkan Mygreekdish.com

Gemista atau yemista adalah hidangan tradisional asal Yunani yang terdiri dari tomat dan paprika yang diisi dengan nasi, sayuran, dan daging (sapi atau babi).Tomat dan paprika tersebut kemudian dilumuri dengan saus tomat dan dipanggang. Gemista dapat dihidangkan dalam keadaan hangat ataupun dingin dan akan lebih nikmat jika disajikan dengan keju. 

Baca Juga: 5 Olahan Tomat yang Sehat dan Lezat, Yakin Gak Doyan?

4. Lebanon: Tabouli

7 Olahan Tomat dari Berbagai Negara, Lezat Sekaligus Menyehatkan Hilahcooking.com

Hidangan yang satu ini terbuat dari bulgur (sejenis gandum) yang dicampur dengan potongan tomat, irisan parsley dan bawang bombay. Tabouli kemudian dibumbui dengan garam, lada, air lemon, dan minyak zaitun. Selain tomat, buah delima juga kadang-kadang digunakan untuk membuat tabouli. 

5. China: Fānqié dàn tāng

7 Olahan Tomat dari Berbagai Negara, Lezat Sekaligus Menyehatkan Eatchofood.com

Fānqié dàn tāng adalah hidangan asal China berupa tomat dan telur yang dimasak dalam kuah kaldu ayam. Kuah kaldu tersebut kemudian dibumbui dengan kecap asin, minyak wijen, garam, lada, gula, dan jahe. Setelah semua bahan tercampur, telur ditambahkan ke dalam sup dan diaduk sebentar. 

6. Afrika Selatan: Tomato bredie

7 Olahan Tomat dari Berbagai Negara, Lezat Sekaligus Menyehatkan All4women.co.za

Tomato bredie adalah hidangan asal Afrika Selatan yang terdiri dari daging (biasanya kambing) yang dimasak bersama tomat dan dibumbui dengan cengkih, garam, lada, cabai, dan kayu manis. Tomato bredie biasanya akan dimasak dalam waktu yang lama agar bumbu dapat meresap sempurna ke dalam daging. 

7. Amerika Serikat: Southern fried green tomato

7 Olahan Tomat dari Berbagai Negara, Lezat Sekaligus Menyehatkan Savoryexperiment.com

Hidangan yang terkenal di bagian selatan Amerika Serikat ini terbuat dari tomat hijau yang dibumbui terlebih dahulu dengan garam dan lada dan dibalur dengan tepung. Setelah itu, tomat akan dicelup ke dalam telur dan dibalur dengan tepung roti atau cornmeal. Tomat lalu digoreng hingga kecoklatan dan renyah di luarnya. 

Tomat merah juga sebenarnya dapat digunakan, namun pastikan tomat tersebut tidak terlalu matang agar teksturnya tidak lembek. 

Itulah ketujuh olahan tomat dari berbagai negara di dunia. Mana yang ingin kalian coba? 

Baca Juga: Tomat sampai Madu, 5 DIY Masker Alami Ini Ampuh Atasi Masalah Jerawat

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You