Comscore Tracker

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan Lidahmu

Dari Swedia sampai Estonia, semuanya harus kalian cicipi nih

Eropa Utara merupakan daerah dalam benua Eropa yang terletak di dekat Laut Baltik. Daerah ini dikenal dengan negara-negaranya yang memiliki musim dingin yang ekstrim. Salah satu kota terdinginnya adalah Reykjavík yang terletak di Islandia, dengan suhu rata-rata 1,9 sampai 7 derajat Celcius setiap harinya. 

Selain dikenal dengan suhu dinginnya yang ekstrim, Eropa Utara juga dikenal dengan kulinernya yang unik yang biasanya didominasi oleh daging sapi, babi, dan ikan. Penasaran seperti apa rupanya? Yuk simak!

1. Köttbullar (Swedia)

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan LidahmuSeriouseats.com

Kalian mungkin kerap menemukan hidangan yang satu ini di IKEA, kan? Dari sekian banyak hidangan khas Swedia, köttbullar alias swedish meatball menjadi yang paling populer. Bola-bola daging yang kaya rasa ini biasanya akan disajikan bersama kentang tumbuk yang lembut, acar timun, saus krim kental. Yang paling membuatnya "Swedia banget" adalah saus lingonberry nya yang asam dan segar.

2. Stegt Flaesk (Denmark)

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan LidahmuVoresmad.dk

Beralih ke Denmark, ada salah satu hidangan terfavorit penduduknya, yaitu stegt flaesk. Stegt flaesk terdiri dari perut babi (pork belly) goreng tipis dan renyah yang dihidangkan bersama kentang dan dituang dengan saus parsley putih. Bagi kalian pecinta hidangan babi, kalian wajib mencoba makanan yang satu ini.

3. Fårikål (Norwegia)

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan LidahmuFlavorverse.com

Fårikål adalah hidangan tradisional asal Norwegia yang terdiri dari daging domba, kubis, kentang, serta saus gravy yang cukup kental. Bumbu utama dari hidangan ini adalah lada hitam. Semua bahan kemudian akan dimasak selama beberapa jam agar bumbu dapat menyerap dan menghasilkan daging yang empuk.

Fårikål biasanya dihidangkan di awal musim gugur. Cocok banget nih kalau dimakan sewaktu cuaca sedang dingin-dinginnya. 

Baca Juga: 6 Makanan Khas Korea Selatan Ini Cocok Buat Dijadikan Buah Tangan Lho

4. Lohikeitto (Finlandia)

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan LidahmuFood52.com

Lohikeitto adalah sup kaldu ikan asal Finlandia yang berisi salmon, kentang, wortel, dan bawang prei. Kuah sup kadang-kadang ditambahkan susu agar teksturnya lebih kental dan creamy. Sup yang kerap kali dihidangkan saat jam makan malam ini juga cukup mudah dibuat dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

5. Hákarl (Islandia)

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan LidahmuZeit.de

Islandia menjadi salah satu negara di Eropa Utara dengan kuliner yang ekstrim, seperti hákarl, yaitu daging hiu yang difermentasi. Kalian gak salah baca kok, makanan di atas adalah potongan daging hiu yang sudah melewati proses fermentasi selama kurang lebih 5 bulan.

Hiu yang biasa digunakan adalah hiu greenland (hiu abu-abu). Meskipun memiliki aroma amonia yang tajam, namun hákarl memiliki rasa yang lebih baik dibandingkan aromanya. Ada yang berani coba?

6. Cepelinai (Lithuania)

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan LidahmuThespruceeats.com

Cepelinai merupakan hidangan semacam dumpling khas Lithuania yang terbuat dari kentang yang diisi dengan daging sapi atau babi. Isian lainnya dapat berupa keju ataupun jamur. Cepelinai kemudian akan dituang dengan krim asam dan ditaburi bacon. Sedap banget deh.

7. Karbonāde (Latvia)

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan LidahmuLatvianeats.com

Karbonāde adalah hidangan tradisional Latvia yang terdiri dari daging babi goreng renyah yang biasanya ditambah dengan saus jamur chanterelle yang kental dan gurih. Hidangan ini banyak ditemukan di restoran-restoran di ibu kota Latvia, yaitu Riga.

8. Mulgipuder (Estonia)

8 Hidangan Sedap dari Eropa Utara Ini Bakal Memanjakan LidahmuEstoniancuisine.com

Mulgipuder adalah kentang tumbuk khas Estonia yang dicampur dengan barley dan bawang bombay. Hidangan tradisional ini kadang disajikan bersama daging babi goreng atau terong goreng dan ditambah dengan saus krim. 

Kalian tertarik mencoba yang mana guys

Baca Juga: 5 Kuliner yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung di Italia

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

27
MEI
2019
22 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You