Comscore Tracker

Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Coba 7 Dessert Khasnya yang Unik

Awas ngiler, guys 

Salah satu negara tetangga kita, Vietnam, memang dikenal dengan kulinernya yang begitu menggugah selera dan penuh bumbu. Nah, jika kalian berkesempatan untuk mengunjungi negara tersebut, maka kalian wajib mencoba pencuci mulut khas Vietnam yang dijamin bikin kalian gak pengin cepat-cepat pulang, seperti sederet dessert berikut ini nih.

1. Che ba mau

Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Coba 7 Dessert Khasnya yang UnikDanangcuisine.com

Che ba mau atau 'three color dessert' adalah hidangan penutup khas Vietnam yang sesuai dengan namanya, terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan hijau.

Warna merah pada dessert tersebut didapat dari kacang merah yang telah dimasak dengan air gula. Warna kuning diperoleh dari kacang hijau yang dihaluskan, sedangkan warna hijaunya berasal dari agar-agar yang diberi pewarna atau perisa pandan. 

Ketiga bahan kemudian akan disusun di atas es serut dan disiram dengan santan kental. Segar banget deh. 

2. Banh xoai

Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Coba 7 Dessert Khasnya yang UnikHoianfoodtour.com

Jika diterjemahkan, banh xoai memiliki arti 'mango cake'. Namun, banh xoai sama sekali tidak terbuat dari mangga, melainkan dari beras ketan, kacang, dan gula yang bertekstur lembut dan kenyal. Bentuknya yang bulat dan sedikit melengkung membuatnya tampak seperti mangga, sehingga disebut sebagai mango cake.

3. Che troi nuoc

Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Coba 7 Dessert Khasnya yang Unik24h.com.vn

Dessert yang satu ini terdiri bola-bola ketan yang diisi dengan kacang hijau dan direndam dalam kuah jahe harum nan manis. Ke dalam dessert hangat tersebut juga kadang-kadang ditaburkan kacang ataupun wijen. Che troi nuoc biasanya dihidangkan saat Tahun Baru Vietnam yang dikenal sebagai 'Tet'. 

Baca Juga: Gak Usah Bingung, Ini 5 Tempat Makan Halal di Vietnam Paling Lezat

4. Xi ma

Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Coba 7 Dessert Khasnya yang UnikVietnamvisa-easy.com

Xi ma adalah dessert berupa sup kental yang terbuat dari wijen hitam. Dessert yang biasanya dinikmati saat siang hari ini biasanya dijual di pinggir jalan, terutama di jalan kota Hoi An. Memang sih, kalian akan merasa ragu untuk mencoba xi ma karena warna hitamnya yang cukup pekat. Namun, percayalah, dessert ini memiliki rasa yang manis nan lezat yang akan membuat kalian ketagihan menyantapnya.  

5. Thach rau cau

Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Coba 7 Dessert Khasnya yang UnikFlavorverse.com

Thach rau cau adalah dessert khas Vietnam berupa agar-agar yang umumnya terdiri dari 3 warna, yaitu putih, hijau, dan coklat. Agar-agar putihnnya terbuat dari santan kelapa, agar-agar hijau memiliki rasa pandan, dan agar-agar berwarna coklatnya terbuat dari kopi. Dessert ini memiliki rasa yang manis dan aroma harum yang berasal dari perpaduan kopi dan pandan. 

6. Banh chuoi nuong

Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Coba 7 Dessert Khasnya yang UnikHuongsen.vn

Bhan chuoi nuong merupakan semacam puding yang terbuat dari pisang yang dicampur dengan susu kental manis, santan, rum, dan roti tawar. Seluruh bahan kemudian diletakkan dalam wadah yang telah dioles mentega dan dipanggang selama kurang lebih 25 - 30 menit. 

7. Keo lac

Liburan ke Vietnam? Jangan Lupa Coba 7 Dessert Khasnya yang Unikyoutube.com/SỨC KHỎE TÂM SINH

Keo lac adalah permen tradisional yang terbuat dari kacang tanah, malt, gula, dan wijen putih. Pembuatannya harus dilakukan dengan cermat agar gula dapat meleleh sempurna dan tidak hangus. Keo lac juga harus segera dipotong sesaat setelah terbentuk karena permen ini cenderung cepat mengeras. 

Tertarik untuk mencobanya? 

Baca Juga: Wisata Kuliner ke Vietnam, Cicipi 7 Makanan Populer Ini

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 09:00:05

Progress: 750.448 dari 813.350 TPS (92.26631%)

Just For You