Comscore Tracker

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Malang Raya Ala Food Vlogger Ria SW

Ini daftar kuliner legendaris Malang yang wajib kamu coba

Wilayah Malang Raya mencakup Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu. Selain memiliki suasana sejuk dan menenangkan, Malang juga cocok bagi kamu pecinta kuliner, terutama kuliner khas Indonesia. Suasana dengan atmosfer menyenangkan dan banyak makanan yang enak membuat Malang menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan bagi siapapun, termasuk Ria SW.

Ria SW adalah salah satu food vlogger terkenal Indonesia. Penggila makanan pedas ini membagikan momennya mencoba berbagai kuliner dalam dan luar negeri melalui kanal Youtube-nya.

Tak ketinggalan, Ria SW juga mengunjungi Malang untuk mencoba kuliner legendaris Malang. Simak 7 kuliner legendaris Malang ala Ria SW berikut ini.

1. Warung Tangkilsari

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Malang Raya Ala Food Vlogger Ria SWInstagram.com/ayasmlgsaja

Berlokasi di Jl. Raya Tangkilsari, warung sederhana ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore.

Terdapat berbagai menu masakan rumahan di warung ini. Namun ada 3 menu andalan yang cocok bagi kamu pecinta makanan pedas yang wajib dicoba di Warung Tangkilsari, yaitu sayur ikan tuna pedas, sayur ikan nila pedas, dan sayur udang pedas.

2. Rawon Nguling

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Malang Raya Ala Food Vlogger Ria SWInstagram.com/rawonnguling

Rawon Nguling berada di Jl. Zainul Arifin, No. 62, Malang. Buka dari pagi jam 07.00-15.30, Rawon Nguling akan ramai pelanggan saat jam makan siang. Karena itu, kalau tidak mau antri lama, sebaiknya ke sini di luar jam makan siang ya.

Selain rawon, di sini juga terdapat berbagai makanan dan minuman khas Jawa Timur lainnya. Sebagai makanan andalan, rawon campur dibandrol dengan harga Rp29.000.

3. Warung Sate Gebug 1920

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Malang Raya Ala Food Vlogger Ria SWInstagram.com/katalogmalang

Seperti namanya, warung ini sudah ada sejak tahun 1920.

Warung Sate Gebug 1920 berlokasi di Jl. Jendral Basuki Rahmat. Warung berwarna dominasi kuning hijau yang tepat berada di samping McDonald’s membuatnya mudah untuk dicari. Buka mulai 08.00-16.30, sate ini memiliki ciri khasnya sendiri.

Dinamakan sate gebug karena salah satu cara pengolahan daging satenya adalah di-gebug (gebug adalah kata dalam bahasa Jawa yang artinya pukul/hantam). Daging yang dipakai untuk sate gebug adalah daging sapi bagian lulur. Lulur adalah daging sapi bagian dalam tulang belakang yang paling empuk dan paling mahal. Karena itu, sate dicsini dibandrol dengan harga Rp25.000 per tusuk.

Daging lulur di warung ini dipasok dari 4 supplier langganan. Jika keempat supplier tidak ada stok lulur, pemilik lebih memilih untuk menutup warung demi menjaga kualitas daging satenya.

Baca Juga: Nostalgia, 5 Warung Es Sirup di Malang dengan Topping Roti Tawar

4. Sambal Bawang Mbok Djayus

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Malang Raya Ala Food Vlogger Ria SWInstagram.com/jackmagnifico

Berlokasi di Jl. Candi Sewu, warung sederhana ini sudah ada sejak tahun 1984. Menu di warung ini adalah lalapan dengan berbagai macam lauk-pauk. Lalapan disajikan dengan sambal cabe ulekan yang disajikan di atas cobek. Rasa sambal di sini segar dan cocok bagi kamu penikmat masakan pedas.

5. Puthu Lanang

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Malang Raya Ala Food Vlogger Ria SWInstagram.com/puthulanangmlg

Ada sejak tahun 1935, Puthu Lanang terletak di Jl. Jaksa Agung Suprapto, No, 73, Gg. Buntu adalah usaha turun-temurun. Harga puthu di sini sangat terjangkau yaitu Rp 10.000/9 puthu. Selain puthu, di sini juga ada klepon, lupis dan cenil.

Puthu di Puthu Lanang menggunakan bahan baku yang berkualitas. Kelapa untuk taburan puthu diparut saat itu juga sehingga memiliki rasa yang segar. Bahan baku utama puthu juga sangat bagus sehingga puthu memiliki tekstur yang padat dan tidak cepat buyar. Gula merah yang digunakan sebagai isian puthu adalah gula merah asli tanpa campuran sehingga gula merah tidak mencair.

Ibu dari penjual berpesan bahwa “kalau jual jangan takut untuk beli”, maksudnya bahan-bahan yang dibeli untuk puthu harus berkualitas bagus sehingga selain untuk dijual, puthu juga bisa dimakan sendiri karena puthu terbuat dari bahan yang bagus kualitasnya.

Uniknya lagi, jika pesanan sudah siap, maka penjual akan memanggil pembeli dengan berteriak “Mas/Mbak’e, persiapan pulang yuk”.

6. Ronde Titoni

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Malang Raya Ala Food Vlogger Ria SWInstagram.com/rondetitoni

Ronde Titoni ada sejak tahun 1948 ini beralamat di Jl. Zainul Arifin, No. 17 dan buka mulai pukul 18.00-00.00. Menu di sini antara lain ronde kering, ronde basah, kacang kuah, roti goreng dan cakwe.

Ronde kering cocok untuk kamu penyuka rasa manis. Sedangkan ronde basah memiliki rasa yang sedikit manis.

Dinamakan Ronde Titoni karena pada awalnya pemilik berjualan dengan cara dipikul dan berhenti di Jl. Titoni. Kemudian tahun 1985, pindah dan menetap di tempat sekarang.

7. Pos Ketan Legenda

7 Rekomendasi Kuliner Legendaris Malang Raya Ala Food Vlogger Ria SWInstagram.com/posketanlegenda1967malang

Buka sejak tahun 1967, Pos Ketan Legenda sudah memilki beberapa cabang di berbagai daerah di Jawa Timur. Di Malang sendiri, cabang Pos Ketan Legenda ada di beberapa lokasi.

Ketan di sini memiliki berbagai macam varian, dari rasa original hingga berbagai macam topping dan dibanderol dengan harga Rp6.000-16.000-an sesuai topping-nya. Ketan yang dipakai adalah ketan impor dari Thailand, karena lebih mudah diolah dan lebih awet.

Salah satu cabang Pos Ketan Legenda di Malang berada di dekat Alun-Alun Batu. Semakin malam, pembeli di sini akan semakin banyak, loh!

Itulah 7 rekomendasi kuliner legendaris Malang ala Ria SW. Kamu sudah pernah nyoba yang mana nih

Baca Juga: 7 Soto Legendaris di Malang, Primadona Sejak Zaman Dulu

Veren Natasha Photo Writer Veren Natasha

Writing by love

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya