Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum Saat Memasak Semur Daging, Bikin Tekstur Jadi Alot!

Wajib banget dihindari, ya!

Mengolah daging itu tak mudah. Banyak yang menghindarinya karena takut tekstur daging alot. Namun makan daging itu banyak manfaatnya lho.

Gak perlu khawatir buat kamu yang masih pemula. Sebab, ada beberapa tips yang bisa kamu perhatikan agar semur olahanmu gak kalah nikmat. Kira-kira apa saja ya? Yuk, langsung simak berikut ini. 

1. Jangan asal memilih jenis daging, ya!

5 Kesalahan Umum Saat Memasak Semur Daging, Bikin Tekstur Jadi Alot!ilustrasi daging (pexels.com/Becerra Govea Photo)

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam memasak semur daging adalah pemilihan jenis daging yang akan digunakan. Sebab, pada umumnya semur daging memerlukan waktu memasak yang lama dengan api kecil. 

Maka dari itu, bagian paha cocok jika dimasak untuk semur. Kandungan lemak pada paha sapi yang melimpah dapat memberikan cita rasa gurih pada semur. Selain itu, walaupun dimasak cukup lama teksturnya pun akan tetap ampuk. 

2. Memotong daging terlalu tipis

5 Kesalahan Umum Saat Memasak Semur Daging, Bikin Tekstur Jadi Alot!ilustrasi memotong daging (pexels.com/Los Muertos Crew)

Cara kita memotong daging untuk semur ternyata juga gak boleh asal, lho. Sebab, hal ini dapat mempengaruhi cita rasa pada masakan jadi kurang nikmat. 

Sebaiknya potong daging berbentuk segi empat dengan ketebalan sekitar dua sampai tiga sentimeter. Jangan memotong terlalu tipis agar daging tidak alot saat dikonsumsi. 

Baca Juga: 10 Olahan Daging Sapi Tanpa Santan, Cara Sehat Habiskan Daging Kurban

3. Langsung memasak daging di dalam kuah

5 Kesalahan Umum Saat Memasak Semur Daging, Bikin Tekstur Jadi Alot!ilustrasi memasak daging (culinaryhill.com)

Memasak daging langsung di dalam kuah ternyata dapat menyebabkan daging sulit matang secara merata. Untuk itu, kamu perlu menumis terlebih dahulu hingga di tiap sisinya matang merata. 

Tak hanya daging, kamu juga bisa menumis terlebih dahulu bumbu semur yang ingin digunakan. Sebab, cara ini dapat menambah cita rasa masakanmu jadi lebih sedap. 

4. Waktu memasak semur yang terlalu singkat

5 Kesalahan Umum Saat Memasak Semur Daging, Bikin Tekstur Jadi Alot!ilustrasi memasak (thespruceeats.com)

Idealnya memasak semur memang membutuhkan waktu yang cukup lama dengan menggunakan api kecil. Hal ini bertujuan agar bumbu dapat meresap sempurna ke dalam daging. 

Bahkan tak sedikit yang menyarankan waktu memasak semur bisa sampai dua jam. Untuk itu, tidak disarankan memasak semur dalam waktu singkat agar tekstur daging bisa empuk dan matang sempurna. 

5. Menggunakan air biasa untuk kuah semur

5 Kesalahan Umum Saat Memasak Semur Daging, Bikin Tekstur Jadi Alot!ilustrasi membuat kuah kaldu (thespruceeats.com)

Selain daging yang empuk, cita rasa kuah pun juga mempengaruhi kenikmatan semur masakanmu. Usahakan jangan menggunakan air biasa untuk kuah semur. 

Sebab, jika hanya menggunakan air biasa semur masakanmu pun akan terasa kurang nikmat. Maka dari itu, kamu bisa menggunakan kaldu daging untuk kuah semur agar cita rasanya gurih dan nikmat. 

Itulah beberapa kesalahan yang umumnya sering dilakukan saat memasak semur daging. Asal tetap perhatikan tipsnya, dijamin semur daging buatanmu pun gak kalah sedap. 

Baca Juga: 6 Resep Masakan Daging Sapi Berkuah Lezat, Aromanya Bikin Lapar!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya