Comscore Tracker

Selain Bahan Masak, Ini 5 Manfaat Garam untuk Membersihkan Dapur

Hempas bau tak sedap dan bikin alat masak jadi kinclong

Salah satu bahan memasak yang wajib ada di dapur adalah garam. Yap, selain sebagai bumbu masak, ternyata garam juga bisa menjadi solusi untuk membersihkan noda kotor dan merawat peralatan masak di dapur, lho. 

Jadi, kamu gak perlu pusing lagi dengan masalah noda membandel pada alat masak yang susah dihilangkan. Dengan memanfaatkan garam, dapur dan peralatan memasak yang awalnya kotor bakal langsung kinclong.

1. Membersihkan lemari es 

Selain Bahan Masak, Ini 5 Manfaat Garam untuk Membersihkan Dapurilustrasi membersihkan kulkas (freepik.com/freepik)

Kulkas merupakan salah satu alat dapur yang rawan kotor dan menjadi sarang bakteri atau kuman untuk berkembang biak. Maka dari itu, kamu perlu membersihkan kulkas secara teratur untuk menjaga kebersihannya.

Gunakan garam yodium untuk membersihkan kulkas yang kotor. Garam juga sangat berguna untuk mengurangi bau tak sedap dari dalam kulkas.

Caranya pun mudah, kamu hanya perlu mencampurkan garam dengan air hangat, lalu gunakan spons untuk membersihkan permukaan yang kotor pada kulkas. Hasilnya bisa kamu rasakan langsung, lho!

2. Mengangkat noda kotor pada kompor

Selain Bahan Masak, Ini 5 Manfaat Garam untuk Membersihkan Dapurilustrasi membersihkan kompor (freepik.com/user15285612)

Noda minyak atau bekas memasak yang berceceran di atas kompor memang selalu jadi permasalahan yang cukup bikin kepala pusing. Apalagi aktivitas memasak yang kita lakukan setiap hari bisa bikin noda kerak semakin menempel jika tidak segera dibersihkan.

Kamu bisa mengatasi masalah ini cukup dengan garam dapur, lho. Yap, garam dapur berguna menyulap kompor jadi kinclong seperti masih baru.

Caranya hanya dengan menaburkan garam pada kulit lemon, lalu gosokkan di atas kompor sampai noda bersih. Kemudian, bilas dengan air bersih. \

3. Membersihkan saluran air

Selain Bahan Masak, Ini 5 Manfaat Garam untuk Membersihkan Dapurilustrasi membersihkan wastafel (freepik.com/tonodiaz)

Penyumbatan saluran air akibat minyak atau sisa makanan memang tak pernah lepas jadi permasalahan di dapur. Kalau sudah begini, sebetulnya kamu gak perlu buru-buru memanggil tukang. Sebab, cara mengatasinya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri.

Mulailah dengan memanaskan air garam di atas panci. Perlu diingat, jangan merebus air sampai suhu lebih dari 90 derajat Celsius karena dapat merusak pipa. Jadi, saat dirasa air sudah agak panas, segera angkat dan tuang ke dalam saluran pembuangan. 

Baca Juga: 15 Jenis Garam untuk Masak, Tekstur dan Kegunaannya Berbeda

4. Mengurangi bau tak sedap pada talenan

Selain Bahan Masak, Ini 5 Manfaat Garam untuk Membersihkan Dapurilustrasi telenan kayu (freepik.com/lifeforstock)

Talenan yang biasa digunakan untuk memotong daging atau sayuran juga berpotensi menimbulkan bau tak sedap. Cara membersihkan talenan pun juga gak bisa sembarangan, terlebih yang berbahan kayu. Sebab, jika salah, nantinya akan berjamur dan berbahaya apabila digunakan kembali. 

Cara tepat untuk membersihkan talenan bisa kamu lakukan dengan menggunakan garam dan lemon. Taburi permukaan talenan dengan garam, lalu gosok dengan lemon hingga airnya keluar. Kedua bahan ini sangat berguna untuk membersihkan noda membandel.

5. Melunturkan lemak di peralatan masak

Selain Bahan Masak, Ini 5 Manfaat Garam untuk Membersihkan Dapurilustrasi membersihkan panci (freepik.com/freepik)

Memasak hidangan berminyak memang berpotensi meninggalkan noda pada alat masak yang terkadang susah untuk dihilangkan. Namun, siapa sangka kalau garam dapur ternyata bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah ini, lho. 

Yap, bumbu masak satu ini pasti gak pernah absen dari dapurmu, kan? Apalagi cara penggunaannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menaburkan garam pada permukaan alat masak, lalu diamkan selama 30-60 menit. Setelahnya, bilas dengan air hingga bersih. 

Beragam manfaat garam dapur di atas sudah pasti akan sangat membantu meringankan pekerjaan rumah kamu, nih. Garam memiliki sifat abrasif yang ampuh mengangkat noda kotor, sehingga noda membandel sekalipun bisa terhempas. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Cara Mengolah Sayur Sawi supaya Gak Pahit, Rebus dengan Garam!

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya