Comscore Tracker

Lebih Sehat Dikonsumsi, 5 Tips agar Gorengan Tidak Terlalu Berminyak

Mungkin teknik menggorengmu masih salah, nih!

Gorengan sepertinya sudah menjadi salah satu makanan yang sangat melekat dalam tradisi masyarakat Indonesia. Dimana pun kamu berada, pasti akan selalu menemukan gorengan. Nah, daripada repot beli kamu pun bisa bikin sendiri di rumah, lho. 

Tapi yang selalu menjadi masalah adalah gimana cara membuat gorengan yang sehat tanpa kandungan minyak berlebih, ya? Eits, tenang aja, yuk simak caranya dibawah ini. Let's check this out! 

1. Gunakan minyak berkualitas

Lebih Sehat Dikonsumsi, 5 Tips agar Gorengan Tidak Terlalu Berminyakilustrasi menuangkan minyak (freepik.com/DCStudio)

Sebelum masuk ke teknik menggoreng yang benar, perhatikan terlebih dahulu jenis minyak yang kamu gunakan. Usahakan memilih minyak yang berkualitas, sebab secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi hasil gorengan. 

Jenis minyak biasanya akan mempengaruhi lemak yang menempel pada gorengan. Jadi pastikan minyak dalam keadaan bersih dan berkualitas. Hentikan penggunaan minyak yang dipakai lebih dari dua sampai tiga kali untuk mengurangi lemak jenuh. 

2. Pastikan minyak dalam keadaan panas

Lebih Sehat Dikonsumsi, 5 Tips agar Gorengan Tidak Terlalu Berminyakilustrasi menggoreng (freepik.com/jcomp)

Sebelum memasukkan gorengan ke dalam wajan, panaskan terlebih dahulu minyak di dalamnya sampai benar-benar panas. Gunakan api besar agar minyak lebih cepat panas.

Menggunakan minyak penas biasanya cenderung dapat mengurangi penyerapan minyak berlebih, malah jika minyak masih kurang panas gorengan akan menyerap minyak lebih banyak. Untuk itu, cobalah menuang sedikit adonan ke dalam minyak, jika cepat kering bisa dipastikan minyak sudah benar-benar panas. 

Baca Juga: 5 Gorengan yang Pas untuk Topping Mi Kuah, Jadi Fancy!

3. Gunakan baking soda

Lebih Sehat Dikonsumsi, 5 Tips agar Gorengan Tidak Terlalu Berminyakilustrasi baking soda (freepik.com/partystock)

Siapa yang mengira bahwa baking soda ternyata tak hanya berfungsi sebagai pengembang adonan kue aja, lho. Tapi juga bermanfaat untuk menghindari penyerapan minyak berlebih saat menggoreng. 

Caranya cukup mudah, berilah campuran baking soda pada lapisan tepung yang akan dibalurkan ke gorengan. Baking soda dapat membuat pelepasan gelembung gas saat berlangsungnya proses penggorengan. Sehingga, gorengan tidak akan menyerap minyak berlebih. 

4. Goreng sedikit demi sedikit

Lebih Sehat Dikonsumsi, 5 Tips agar Gorengan Tidak Terlalu Berminyakilustrasi menggoreng (pixabay.com/Hans)

Kamu mungkin berpikir bahwa menggoreng sekaligus dalam jumlah banyak akan lebih menghemat waktu, bukan? Ternyata hal seperti ini salah, lho. Mengapa demikian? Sebab, gorengan akan saling berebutan panas dari minyak nantinya. 

Akibatnya, suhu panas dari minyak pun akan turun dan panasnya menjadi tidak maksimal. Sehingga membuat gorengan mudah menyerah minyak secara berlebihan. 

5. Jangan buru-buru diangkat sebelum kering

Lebih Sehat Dikonsumsi, 5 Tips agar Gorengan Tidak Terlalu Berminyakilustrasi meniriskan gorengan (pixabay.com/spencerwing)

Sebelum warnanya berubah, hindari membolak-balikan gorengan terlalu sering. Selain membuat gorengan menyerap minyak terlalu banyak, hal ini juga dapat mengakibatkan lapisan tepung yang belum sepenuhnya kering bisa mengelupas dan hasilnya pun kurang sempurna. 

Jika kedua permukaannya sudah berubah menjadi golden brown dan kering maksimal, segera angkat dan tiriskan di wadah yang sudah di alasi tisu. Jangan mengangkat gorengan yang masih dalam kondisi basah, sebab kandungan minyaknya masih banyak. 

Selalu terapkan tips di atas ketika membuat gorengan agar hasilnya bagus dan tentu lebih sehat untuk dikonsumsi. Sebab, kadar minyak yang berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh, mulai dari pemicu tingginya kadar kolestrol hingga berefek buruk pada jantung. 

Baca Juga: 5 Gorengan Populer dari Roti Tawar, Mendoan hingga Corndog

Salsabila Iffah Photo Verified Writer Salsabila Iffah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya