Comscore Tracker

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus 

#IDNTimesFood Nikmat di lidah, bikin sehat untuk tubuh

Teh merupakan minuman yang populer di berbagai penjuru dunia. Tak hanya di Indonesia, minuman yang berasal dari daun teh Camelia sinensis ini juga disukai di Korea Selatan. 

Salah satu teh yang terkenal di Korea Selatan adalah nok-cha, sejenis teh hijau. Namun, di Korea Selatan, teh bisa terbuat dari daun, buah, akar, hingga bunga, lho! Tak hanya jadi minuman, teh di Korea juga digunakan untuk pengobatan. 

Bahkan, sejak Dinasti Joseon, teh selalu hadir saat upacara atau ritual yang diadakan oleh para bangsawan. Salah satu jenis teh yang sering dikonsumsi di Korea Selatan adalah teh bunga (Korean flower tea). 

Teh bunga sering dikonsumsi karena memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Nah, teh bunga macam apa saja yang berasal dari Korea Selatan, nih? Simak paparannya di bawah ini!

1. Dohwa-cha, teh herbal yang terbuat dari bunga persik kering. Teh ini digunakan untuk membantu mengobati sembelit

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi teh bunga persik (instagram.com/whittarduk)

2. Goehwa-cha, teh yang terbuat dari bunga pagoda kering. Rasanya pahit dan digunakan untuk mencegah darah tinggi serta berbagai penyakit lain

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi teh bunga pagoda (instagram.com/chayateekauppa)

3. Gukhwa-cha, teh herbal dari bunga dan daun krisan. Teh bunga krisan digunakan untuk membantu masalah susah tidur alias insomnia

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi teh bunga krisan (instagram.com/mintoriunni)

4. Gyehwa-cha, teh bunga kayu manis kaya antioksidan. Masyarakat meminumnya untuk mengontrol gula darah serta kolesterol

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi teh bunga kayu manis (instagram.com/leelaeats)

Baca Juga: 5 Minuman Non Alkohol Khas Korea Selatan yang Perlu Banget Dicoba

5. Gyulhwa-cha, teh herbal dari bunga citrus. Teh ini kaya akan antioksidan dan vitamin C yang dapat menangkal radikal bebas

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi teh bunga citrus (instagram.com/oliviathechef)

6. Maehwa-cha, teh bunga plum yang berkhasiat untuk meredakan batuk dan mual. Sstt, teh ini juga dapat mengurangi rasa pengar, lho!

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi plum tea (instagram.com/familycooknyc)

7. Mindeulle-cha, teh bunga dandelion berkhasiat untuk detoksifikasi liver. Teh dandelion lebih nikmat bila disajikan hangat

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi teh dandelion (instagram.com/camellias_teahouse)

8. Mongnyeon-cha, teh herbal terbuat dari bunga magnolia. Teh ini berkhasiat untuk mengurangi gejala flu dan membersihkan saluran hidung

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi teh bunga magnolia (instagram.com/jrk0420)

9. Yeonhwa-cha, teh bunga berkhasiat membantu meredakan stres, mengontrol gula darah dan tekanan darah, serta meningkatkan kesehatan jantung

9 Ragam Teh Bunga dari Korea Selatan yang Kaya Manfaat, Ada Teh Lotus ilustrasi teh bunga lotus (instagram.com/drinktheqi)

Tak hanya rasa yang segar dan khas, teh bunga juga mengandung berbagai khasiat untuk kesehatan. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan menyeduh bunga kering kemudian didiamkan sebentar. Voila, teh nikmat, segar, dan berkhasiat siap dinikmati. Ada yang pernah mencoba salah satu dari teh bunga di atas?

Baca Juga: 5 Minuman Khas Korea Selatan Paling Populer, Gak Cuma Soju!

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya