Comscore Tracker

5 Serba Serbi Satai Buntel, Kuliner Unik Khas Kota Solo

Sajian khas kota Solo yang lezat dan mengenyangkan

Kota Surakarta atau Solo banyak memiliki makanan khas yang ngangenin. Cita rasa manis gurih sudah melekat di kuliner khas Solo. Tentunya, jika berkunjung ke Solo, wajib untuk melakukan wisata kuliner di Solo, karena kuliner di Solo dijamin maknyus! Beberapa kuliner khas Solo yang populer adalah selat solo, soto seger, timlo solo, tahok, satai kere, satai buntel, dan lainnya.

Salah satu kuliner khas Solo yang unik dan bisa menggoyang lidah adalah satai buntel. Satai buntel ini dasarnya adalah satai kambing tapi dengan bentuk dan cita rasa berbeda, ukuran satai buntel pun lebih besar daripada satai pada umumnya. Nah, seperti apa serba-serbi dari satai buntel? Simak artikel berikut, ya!

1. Ukuran satai buntel yang lebih besar daripada satai lain 

5 Serba Serbi Satai Buntel, Kuliner Unik Khas Kota SoloSate buntel memiliki ukuran yang lebih besar daripada sate pada umumnya (instagram.com/afterworking)

Biasanya bentuk satai kambing berupa potongan daging yang ditusukkan ke tusuk satai, namun satai buntel memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda. Satai buntel terbuat dari daging kambing cincang lalu dibungkus dengan lemak kambing dan ditusukkan ke tusuk satai.

Ukuran satai buntel pun lebih besar dibandingkan dengan satai pada umumnya. Karena ukurannya yang besar, tusuk satai biasanya akan dilepas ketika satai akan disantap.

2. Daging kambing dibungkus dengan lemak kambing  

5 Serba Serbi Satai Buntel, Kuliner Unik Khas Kota SoloLemak kambing yang dibungkuskan ke sate, membuat sate jadi makin juicy (instagram.com/solo.foodie)

Salah satu keunikan dari satai buntel adalah daging sapi cincangnya dibungkus dengan lembaran lemak kambing. Lembaran lemak kambing akan dililitkan ke satai sebelum satai dibakar.

Lemak kambing ini berfungsi untuk menjaga sari daging kambing tetap terjaga dan mencegah daging kambing kering ketika dibakar. Selain itu, hadirnya lemak kambing membuat rasa satai makin gurih dan memberikan sensasi juicy karena lemak kambing yang meleleh saat dibakar berpadu dengan saripati daging kambing. Mantap!

Baca Juga: Bisa Dicoba buat Menu Iduladha, Ini Resep Sate Buntel yang Bikin Nagih

3. Daging untuk satai buntel dibumbui berbagai rempah  

5 Serba Serbi Satai Buntel, Kuliner Unik Khas Kota SoloRempah-rempah untuk bumbu daging sate membuat rasa sate makin mantap (instagram.com/carikulinersolo)

Cita rasa satai buntel ini selain gurih dari dagingnya juga kaya akan rempah-rempah dari bumbunya. Satai buntel terbuat dari daging cincang yang kemudian dicampur dengan kecap manis, santan, asam jawa, dan bumbu halus. Bumbu halusnya ini lah yang kaya akan rempah. Bumbu halus dari satai buntel terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, jintan dan garam.

Setelah itu adonan daging tersebut dikepalkan membentuk buntelan ke tusuk satai, lalu buntelan daging tersebut dilapisi dengan lemak kambing. Sebelum dibakar, satai dioles dulu dengan bumbu oles yang terdiri dari kecap manis, minyak, dan merica. Setelah satai dan bakaran siap, satai pun dibakar hingga matang.

4. Makanan pendamping satai membuat satai lebih maknyus  

5 Serba Serbi Satai Buntel, Kuliner Unik Khas Kota SoloSepiring sate buntel yang sedap (instagram.com/solocarimakan)

Satai buntel dapat dinikmati bersama dengan nasi dan sambal kecap. Ya, sambal satai buntel tidak seperti satai biasa yang terdiri dari sambal kacang kacang dan kecap melainkan sambal kecap yang manis pedas. Sambal kecap terbuat dari tomat, cabai hijau, cabai merah, bawang merah, dan kecap manis.

Tentunya dengan tambahan sambal kecap tersebut membuat satai buntel tambah menggoyang lidah, perpaduan daging satai yang gurih dan kaya rempah dengan rasa light dari sambal kecap yang manis, pedas, namun segar. Selain itu, satai buntel juga dapat dihidangkan dengan potongan tomat, irisan bawang merah, dan irisan kubis. Maknyus!

5. Wisata kuliner di Solo tidak lengkap jika tidak mencicipi satai buntel  

5 Serba Serbi Satai Buntel, Kuliner Unik Khas Kota SoloSate Kambing Pak Manto yang populer di Solo (instagram.com/amazingindonesiafood)

Satai buntel menjadi salah satu makanan khas yang menjadi primadona di Kota Solo, sehingga jika berkunjung ke kota ini jangan lupa untuk mencicipi satai buntel yang nikmat. Selain satai buntel, warung-warung yang menyediakan satai buntel juga menyediakan satai kambing biasa.

Beberapa warung makan yang bisa kalian kunjungi jika ingin mencicipi satai buntel, diantaranya adalah

  • Warung Satai Kambing Pak Manto (Jalan Honggowongso Nomor 36, Sriwedari, Laweyan, Surakarta)
  • Warung Satai Kambing dan Satai Buntel Pak H. Kasdi (Jalan Monginsidi Nomor 107, Kestalan, Banjarsari, Surakarta)
  • Satai Kambing Mbok Galak (Jalan Ki Mangun Sarkoro No.112 Sumber Banjarsari, Banyuanyar, Surakarta)
  • Satai Buntel Bu Hj. Bejo (Jalan Sungai Sebakung No.10,  Pasar Kliwon, Kota Surakarta)

Seporsi satai buntel dibanderol dengan harga kisaran Rp40.000 hingga Rp50.000. Yummy, kenyang dan nikmat!

Biasanya, seporsi satai buntel akan diberi dua hingga tiga tusuk satai buntel, walaupun begitu, menyantap satu porsi satai buntel sudah bikin kenyang banget! Kenikmatan satai buntel membuat satai ini menjadi salah satu satai khas Solo yang unik dan banyak digemari oleh khalayak. Jika berkunjung ke kota dengan slogan Spirit of Java ini, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya satai buntel, ya!

Baca Juga: Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang Dilewatkan

Wanudya A Photo Verified Writer Wanudya A

You'll never walk alone.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya