Comscore Tracker

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahui

Wah ternyata buah kurma banyak manfaatnya ya

Buah kurma adalah salah satu buah yang sering dijumpai ketika memasuki bulan Ramadan. Buah yang memiliki rasa manis dan tekstur yang kenyal ini bisa dikonsumsi baik secara langsung atau dengan cara dikeringkan. Selain rasnaya yang enak, buah kurma pun mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Ini lah 10 manfaat konsumsi buah kurma yang harus kamu ketahui:

1. Membantu meyembuhkan anemia

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com/user/qimono-1962238

Pada umumnya anemia terjadi karena kekurangan darah merah yang disebabkan oleh penurunan zat besi di dalam tubuh. Buah kurma kaya akan zat besi yang dapat memperbaiki para penderita anemia. Mengkonsumsi buah kurma secara rutin dapat membantu menyembuhkan anemia.

2. Memperkuat gigi dan tulang

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/@rodolfoclix

Kurma mengandung beberapa jenis mineral seperti selenium, magnesium, mangan dan tembaga. Hal ini membuat kurma dapat membantu memperkuat tulang dan gigi serta mencegah penyakit osteoporosis bagi yang mengkonsumsinya. Flourin yang terkandung di dalam kurma pun membantu menghilangkan flak pada gigi.

3. Baik untuk jantung

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/@pixabay

Mengkonsumsi buah kurma juga baik untuk kesehatan jantung kamu lho. Karena potassium yang terkandung dalam kurma telah terbukti mengurangi resiko stroke dan penyakit jantung lainnya.

4. Mengobati alergi

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuipixabay.com/user/cenczi-1854246

Kurma juga mengandung sulfur organic yang jarang sekali ditemukan di buah-buahan lainnya. Organik sulfur dapat mengurangi reaksi alergi.

Baca Juga: Karakteristiknya Unik Banget! Ini 16 Fakta Tentang Buah Kurma 

5. Sebagai anti aging

Buah kurma juga mengandung antioksidan yang secara efektif membasmi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh termasuk penuaan dini pada kulit. Vitamin C dalam kurma pun dapat mengurangi kerutan akibat melanin yang terdapat di dalam tubuh.

6. Menyehatkan rambut

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/@element5-digital-208912

Vitamin B5 yang berada di dalam buah kurma sangat berfungsi untuk perawatan rambut agar tetap sehat. Kekurangan  vitamin B5 dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, rambut rapuh dan bercabang.

7. Membantu menaikan berat badan

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/@public-domain-pictures

Untuk kamu yang memiliki berat badan di bawah rata-rata dan sulit sekali untuk menaikannya, kurma adalah solusi yang tepat untuk kamu. Karena kurma mengandung gula, protein dan berbagai macam vitamin yang mampu menaikkan berat badanmu.

8. Meningkatkan stamina

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuiunsplash/Aziz Acharki

Gula yang terkandung di dalam buah kurma pun dapat meningkatkan stamina kamu. Apalagi kalau kamu merasa lemah setelah berpuasa.

9. Mencegah rabun senja

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuisugarlyflex.pw

Mengkonsumsi buah kurma secara rutin setiap hari menjaga mata tetap sehat dan mencegah penyakit mata seperti rabun senja.

10. Menyembuhkan diare

10 Manfaat Konsumsi Kurma yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/@hermaion

Buah kurma yang matang sangat efektif dalam mengobati diare karena mengandung potassium yang membantu mengatur cara kerja usus. Kurma pun sangat mudah untuk dicerna yang dapat membantu mengurangi diare kronis. Serat yang terkandung di dalam kurma pun dapat meningkatkan fungsi sistem ekskresi di dalam tubuh.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Wesa Bhadrasana Photo Verified Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya