Comscore Tracker

5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Keliru

Hayo kamu suka matcha atau green tea?

Sebagian dari kamu pasti mengira matcha dan green tea itu sama. Kenyataannya matcha dan green tea itu berbeda lho. Matcha adalah salah satu bentuk dari green tea. Tapi seiring berjalannya waktu, matcha jadi jauh lebih popular dari pada green tea. Mengapa demikian? Karena matcha lebih fleksibel jika di campur dalam berbagai jenis makanan. Mulai dari yang manis dalam es krim sampai yang asin seperti di dalam spageti. Selain itu warna hijaunya yang terang selalu menggoda para penikmat makanan.

Lalu apa bedanya dengan green tea? Yuk simak 5 perbedaan matcha dan green tea berikut!

1. Komposisi daun

5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Kelirupexels.com/@fotografierende

Saat mengkonsumsi green tea, biasanya tehnya dicelup atau didiamkan di dalam air panas. Yang kamu minum hanyalah airnya tidak dengan daun tehnya. Sedangkan untuk matcha, kamu mengkonsumsi keseluruhan daunnya yang memang sudah dikeringkan dan menjadi bubuk. Oleh karena itu komposisi daun teh lebih banyak terkandung dalam matcha dibanding green tea

2. Penggunaan

5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Kelirupixabay.com/users/dungthuyvunguyen

Karena bentuknya yang bubuk, matcha lebih bisa digunakan untuk berbagai jenis makanan dibandingkan dengan green tea. Baik itu dalam membuat roti, kue dan makanan penutup lainnya, sedangkan green tea tidak bisa.

3. Kandungan kafein dan antioksidan

5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Kelirupixabay.com/users/dungthuyvunguyen

Matcha mengandung lebih banyak kafein, polifenol dan antioksidan dari pada green tea. Dalam penelitian, kandungan tersebut memampukan matcha untuk membakar lemak, mencegah penyebaran kanker dan memiliki efek menenangkan yang lebih besar dari pada green tea. 

Baca Juga: Gak Cuma Matcha, Ini Lho 8 Jenis Teh Hijau Khas Jepang

4. Kandungan klorofil

5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Kelirupixabay.com/users/dungthuyvunguyen

Matcha juga mengandung lebih banyak klorofil dari pada green tea. Bisa terlihat jelas dari warnanya bahwa green tea cenderung lebih kuning dari pada matcha. Klorofil sendiri berfungsi untuk mempercepat pemulihan pada kulit dan dapat mengobati jerawat.

5. Harga

5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Keliruunsplash.com/@massimorinaldi27

Karena proses yang jauh lebih singkat, green tea memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan matcha. Untuk mendapatkan matcha yang berkualitas kamu harus merogoh dompet lebih dalam. 

Nah itu tadi perbedaan matcha dan green tea, jangan keliru lagi ya. Baik matcha atau pun green tea memiliki fungsi yang baik untuk tubuh, tergantung penggunaannya. Kalau dari segi rasa kamu lebih suka matcha atau green tea? 

Baca Juga: Green Tea vs. Kopi, Mana yang Sebenarnya Lebih Menyehatkan?

Wesa Bhadrasana Photo Community Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You