Comscore Tracker

6 Alat Penyeduh Kopi Ala Kafe yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah 

Para pecinta kopi harus punya

Kopi adalah minuman favorit banyak orang dari segala usia. Sekarang banyak merk minuman kopi bermunculan. Banyaknya jenis kopi dan bermacam teknik menyeduhnya membuat minuman satu ini makin hits. Apalagi sekarang banyak varian kopi yang dicampur susu, coklat, hingga alpukat yang membuat banyak orang makin ingin mencicipinya.

Bagi pecinta kopi yang memang sering ngopi mungkin akan lelah dan boros jika terus-terusan membeli kopi di kafe. Padahal kamu bisa lho membuat sendiri di rumah. Tidak perlu menggunakan mesin kopi yang mahal. Kamu bisa mulai dengan alat penyeduh kopi manual yang harganya masih terjangkau. Berikut alat penyeduh kopi yang bisa kamu gunakan di rumah.

1. Grinder

6 Alat Penyeduh Kopi Ala Kafe yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah eater.com

Grinder adalah alat penggiling kopi. Kopi lebih nikmat jika baru digiling sebelum diseduh. Jadi alangkah baiknya jika kamu membeli kopi yang masih berbentuk biji dan menggilingnya sebelum diseduh.

Terdapat 2 macam grinder yaitu manual dan elektrik. Grinder manual tentu saja harganya lebih terjangkau namun kamu harus mengeluarkan sedikit tenaga untuk menggiling kopi. Grinder elektrik pun harganya bermacam-macam. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dan budgetmu.

2. V60

6 Alat Penyeduh Kopi Ala Kafe yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah starbucksslovakia.sk

Banyak kafe yang menggunakan v60 untuk menyeduh kopi. V60 adalah alat penyeduh kopi yang bentuknya seperti kerucut, mirip cangkir biasa namun di ujungnya terdapat lubang atau dripper. Menyeduh kopi menggunakan alat ini juga membutuhkan kertas saring atau filter.

Filter diletakkan sebagai alas pada V60 lalu basahi menggunakan air panas. Lalu tuang kopi pada dripper. Jumlah kopi sesuai selera kamu. Lalu tuang air panas pelan-pelan dengan gerakan memutar. Tetesan kopi perlahan akan turun memenuhi gelasmu.

3. Vietnam drip

6 Alat Penyeduh Kopi Ala Kafe yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah finecooking.com

Seperti namanya, vietnam drip berasal dari Vietnam. Alat ini memiliki beberapa bagian yaitu cangkir, saringan bawah, saringan atas dan penutup. Saat menyeduh kopi menggunakan alat ini kamu harus bersabar karena hasilnya akan keluar dari tetesan-tetesan vietnam drip.

Baca Juga: 11 Menu Kopi Starbucks Paling Unik di Berbagai Negara, Ada Favoritmu?

4. Moka pot

6 Alat Penyeduh Kopi Ala Kafe yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah coffeebeanery.com.au

Menyeduh kopi menggunakan moka pot adalah dengan memanaskan langsung di atas kompor. Moka pot memiliki bagian cangkir untuk tempat air, coffe plug untuk tempat kopi dan cangkir bagian atas yang mempunyai tabung untuk mengalirkan air melalui coffe plug.

Untuk membuatnya cukup mudah. Tuang air pada cangkir paling bawah lalu pasang coffe plug di atasnya. Tuang kopi sesuai selera ke coffe plug lalu pasang ke cangkir bagian atas. Lalu panaskan di atas kompor, dan hasil seduhan kopi akan mengalir sendiri.

5. French press

6 Alat Penyeduh Kopi Ala Kafe yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah tchibo.com.tr

French press terbilang mudah digunakan yang memiliki plunger atau alat penekan. Kamu tinggal menuang kopi ke dalam french press kemudian tuang air panas. Tunggu beberapa saat lalu tutup dan tekan plunger.

Suhu air, banyaknya kopi dan waktu penekanan plunger akan menentukan hasil kopi seduh. Kamu bisa menyesuaikan dengan seleramu.

6. Staresso espresso maker

6 Alat Penyeduh Kopi Ala Kafe yang Bisa Kamu Gunakan di Rumah coolshitibuy.com

Alat ini adalah pembuat espreso manual yang berukuran kecil sehingga bisa dibawa kemana-mana. Staresso memiliki beberapa bagian yaitu pompa, wadah air, coffe basket, sendok, cangkir, dan tatakan cangkir.

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Tuang kopi ke coffe basket lalu ratakan menggunakan sendok lalu satukan dengan wadah air dan eratkan. Siapkan cangkir dan tatakannya lalu letakkan coffe basket di atasnya dan pasang pompanya. Tekan pompanya hingga keluar espreso pada cangkir.

Itulah beberapa alat penyeduh kopi yang biasa digunakan di kafe dan bisa kamu gunakan di rumah. Kamu pun bisa mengkreasikan kopimu dengan menambahkan susu hingga menjadi coffe latte yang nikmat.

Baca Juga: Gak Cuma Diminum, 5 Makanan Lezat Ini Gunakan Kopi Sebagai Bahannya!

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 24 May 2019 09:15:05

Progress: 770.700 dari 813.350 TPS (94.75625%)

Just For You