Comscore Tracker

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!

Dijamin bikin kamu ketagihan terus

Apakah setelah pandemi ini berakhir, kamu ingin berwisata ke kota Medan? atau teruntuk kamu yang sedang membaca artikel ini ketika pandemi sudah berakhir sedang berencana atau akan segera visit ke kota Medan?

Jika iya, kamu harus mencicipi sepuluh kuliner legendaris di Medan yang direkomendasikan, kalau tidak jangan menyesal lho karena gak sempat mencicipi!

1. Kari Tabona

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret kari tabona (instagram.com/cravingdiariess)

Hidangan kuah kari yang sudah melegenda di kota Medan ini sukses menarik minat wisatawan dari daerah lain jika sedang berkunjung di Medan.

Kuah karinya yang begitu kental, di tambah bumbu dan rempah-rempahnya yang meresap ke dalam daging, potongan kentang, darah, usus, dan jeroan (opsional) membuat taste-nya menjadi pecah banget!

Tidak hanya bihun namun kamu bisa menyantap kari tersebut dengan nasi juga, daging yang tersedia adalah daging ayam dan sapi ya. Untuk varian sapi aroma karinya lebih nikmat, namun semua kembali ke selera masing-masing.

  • Alamat: Jl. Mangkubumi No.17, Kec. Medan Maimun (Seberang MM. Brastagi Fruit).
  • Jam operasional: 06.30 - 16.30.

2. Gulai kepala ikan RM. Pondok Gurih

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret gulai kepala ikan pondok gurih (instagram.com/littlerabbits.world)

Kalau kamu singgah di RM. Pondok Gurih jangan lupa pesan kepala ikan di atas meja makan juga ya! Perpaduan gulai dan keharuman daun ubinya membangkitkan selera makan saat istirahat siang hari loh, untuk porsi kepala ikannya ada besar, sedang, kecil.

Masih banyak lagi menu andalan RM. Pondok Gurih seperti, aneka masakan ayam, rendang sapi, kari kambing, kikil, hidangan ikan dan udang, untuk sisanya bisa kamu coba sendiri satu-satu. Jika makan di tempat, jangan lupa tempatkan nasi dan lauk di daun ya konon rasanya akan lebih nikmat.

Selain ramai pengunjung yang dine-in tidak sedikit juga yang rela mengantre panjang untuk take away nasi padang yang sangat khas di Medan ini.

  • Alamat: Jl. Brigjend Katamso No.33 A, Kec. Medan Maimun.
  • Jam Operasional: 10.30 - 21.00.

3. Bakso sapi Amat

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret menu bakso amat (instagram.com/makanmana)

Tekstur baksonya terkenal sangat halus dan kenyal, tetapi ada juga yang menyukai tekstur baksonya memiliki sedikit urat daging sapi sehingga bercita rasa lebih gurih ada garing-garingnya.

Selain bakso dan miesop tersedia juga sup buntut, mi ayam, satai kerang dan iga sapi sebagai menu pelengkap, biasa penulis hanya memesan bakso kosong dan kuahnya saja agar lebih puas menyantap bakso dengan porsi yang lebih banyak.

  • Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.112, Kec. Medan Maimun.
  • Jam Operasional: 11.30 - 22.00 (hari Jumat tutup).

4. Ayong Babura Dimsum (non-halal)

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret ayong dimsum babura (instagram.com/nyantapnyantap)

Chinese food yang telah eksis bertahun-tahun ini sudah banyak di kunjungi seleb dalam negeri seperti Donna Agnesia, Edric Tjandra, Sandra Dewi, sampai petinju nasional Chris John juga sudah pernah mencicipi hidangan resto di sini loh!

Sudah pasti aneka dimsum dan steamboat adalah menu utama di restoran ini, menu gorengan lainnya juga tidak kalah nikmat seperti kwetiau goreng polos yang sangat penulis rekomendasikan untuk kamu ketika singgah di Babura Dimsum.

Menikmati hidangan di sini lebih seru jika kamu mengajak sahabat, keluarga ataupun client untuk nongkrong bersama-sama sehingga tampak lebih ramai bukan? Usahakan reservasi tempat dulu sebelum hari H ya, karena restauran sangat ramai pengunjung.

  • Alamat:  Jl. Babura Lama No.12, Kec. Medan Baru.
  • Jam Operasional: 07.00 - 22.00.

5. Mie Tiongsim (non-halal)

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret mie tiongsim (instagram.com/yennywu84)

Salah satu bakmi legendaris di kota Medan ini sudah berdiri sejak 1940 loh, Mie Tiongsim juga memiliki outlet di Jl. Semarang dan Mall Palladium.

Tekstur mi yang sangat halus, irisan daging chasiu dan ayam tipis disertai pangsit yang dikombinasikan dengan kuah dari kaldu daging kemudian di tambahkan potongan cabai acarnya membuat rasa bakmi begitu kuat menancap di lidah.

Jika kamu ingin makan untuk besok atau lusa bisa memesan kemasan frozen, jadi mi dan bahan-bahannya bisa di simpan dulu ke dalam kulkas.

  • Alamat : Jl. Selat Panjang No.7, Kec. Medan Kota.
  • Jam Operasional : 14.30 -23.30.

Baca Juga: Ini 3 Tempat Kuliner Medan Favorite RAN

6. Mie banglades Warkop Agem Senyum

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret mie bangladesh (instagram.com/makanmana)

Berbahan dasar Indomie dan tambahan bumbu spesial dari Warkop Agem, menyulap citra rasa Indomie rumahan menjadi mi banglades yang fantastis.

Bawang goreng di atasnya membuat rasa mi menjadi gurih, bumbu sausnya yang becek dan pedas akan lebih maknyus jika di tambah 1 telur setengah matang lagi.

Harganya relatif murah loh cocok untuk kamu yang punya budget pas-pasan.

  • Alamat : Jl. H. Misbah No.14, Kec. Medan Maimun.
  • Jam Operasional : 06.00 - 22.00.

7. Nasi goreng Julia Sari

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret nasi goreng pandu julia sari (instagram.com/nyantapnyantap)

Kalau anak Medan menyebutnya nasi goreng "pandu" karena lokasi yang berada di pinggiran Jl. Pandu. Nasinya yang gurih dan pedas sangat cocok sekali menjadi menu makan malam kamu apalagi jika hujan, tersedia daging ayam dan sapi untuk telurnya juga bisa pilih telur mata sapi atau dadar.

  • Alamat: Jl. Pandu No.26, Kec. Medan Kota.
  • Jam Operasional: 17.30 - 23.59.

8. Sate Padang Andesra

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret sate padang andesra (instagram.com/ram_yu)

Kedai satai ini sudah memiliki banyak outlet di Medan. Ada di cabang Jl. S.Parman dan Jl. Asia Mega Mas. Di Medan sendiri banyak gerai satai padang yang rasanya tidak kalah lezat, tetapi gerai satai ini yang terbaik.

Kenapa? Karena saus bumbunya lebih kental dan komposisi rempah-rempah yang pas, daging satenya yang sangat tebal dan tersedia pilihan daging ada ayam, sapi, kambing, lidah, cumi, kerang, usus dan penjualnya sangat friendly. Saus bumbunya selalu diberi yang melimpah.

  • Alamat: Jl. S. Parman No.52, Kec. Medan Petisah (Samping Kwetiau Ateng).
  • Jam Operasional: 16.00 - 21.30.

9. Ucok Durian

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret ucok durian (instagram.com/ucok.durian_medan)

Kamu yang pencinta durian wajib mencoba durian di sini lho, kualitas duriannya asli manis dan sangat berdaging.

Kedai durian ini sering di kunjungi oleh para wisatawan Medan, bahkan beberapa waktu lalu ketika kedatangan Presiden Jokowi ke Medan, beliau bersama keluarga juga tidak mau ketinggalan untuk mencicipi durian Bang Ucok.

Durian ucok sering di jadikan sebagai oleh-oleh untuk wisatawan yang akan kembali ke kota asalnya.

  • Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.68, Kec. Medan Baru.
  • Jam Operasional: 08.00 - 23.59.

10. Putu bambu Sudi Mampir

10 Kuliner Legendaris Kota Medan, Artis Juga Berkunjung Lho!potret putu bambu sudi mampir (instagram.com/makanmana)

Kue putu ini sudah menjadi kue kenangan, karena sering di belanjakan orang tua ketika pulang di malam hari.

Tepung beras yang di isi ke dalam bambu dan di cocol gula merah setelah di kukus di taburin parutan kelapa & gula pasir, ketika kamu menggigit putunya maka gula merahnya akan melumer! Tetapi harus segera di makan loh karena jika sudah dingin maka rasanya menjadi kurang nikmat.

Selain putu bambu, kamu wajib mencoba teman-temannya juga yaitu putu mayang, kue dadar, klepon hijau yang tidak kalah manis juga di mulut.

  • Alamat: Jl. Asia No.138, Kec. Medan Kota.
  • Jam Operasional: 17.30 - 23.59.

Sepuluh kuliner legendaris Medan yang direkomendasikan untuk kamu yang berencana wisata ke Medan, sudah tentu rasanya menggugah selera. Silakan di-bookmark artikelnya agar kamu tidak kelupaan kalau nanti berencana berkunjung ke ibu kota Sumatra Utara ini.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Warung Bakso Paling Dicari di Medan, Maknyus!

Xhiiroo Project Photo Writer Xhiiroo Project

Someone who loves to learn then share it...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya