Comscore Tracker

6 Tips Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang Sempurna

Dijamin gak akan gagal

Kentang termasuk bahan makanan yang bisa dibuat masakan apa saja, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Salah satu hidangan berbahan kentang yang cukup digemari adalah donat kentang.

Untuk membuat donat kentang tidak memerlukan bahan yang banyak, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ini akan membuat donat kentang mengembang sempurna dan empuk ketika dimakan. 

1. Kukus kentang tanpa mengupas kulitnya

6 Tips Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang Sempurnahealthline.com

Untuk membuat donat kentang, hal pertama yang dilakukan adalah mengukus kentang. Kukuslah kentang tanpa mengupas kulitnya. Ini dilakukan agar kentang tidak menyerap banyak air saat dikukus. Jika kentang mengandung banyak air akan membuat donat tidak gurih. Saat mengukus kentang juga cukup hanya membelahnya menjadi dua bagian, tidak lebih.

2. Masukkan air ke dalam adonan sebelum margarin

6 Tips Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang Sempurnathelist.com

Penambahan air dalam adonan donat kentang termasuk hal yang cukup penting. Ini akan menjadi penentu hasil akhir donat bertekstur lembut atau keras. Jika adonan terasa keras, maka jumlah air yang di dalam adonan kurang. Tambahkan air ke dalamnya hingga adonan cukup lembut. 

Tetapi perlu diketahui, untuk menambahkan air pada adonan donat harus dilakukan sebelum memasukkan margarin. Jika air ditambahkan setelah memasukkan margarin adonan bisa menjadi rusak dan pembuatan donat kentang gagal.

3. Tambahkan tepung ketan pada adonan

6 Tips Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang Sempurnaworld-grain.com

Agar donat kentang menjadi lembut dan empuk, tambahkan tepung ketan ke dalam adonan. Tetapi jangan langsung menambah tepung ketan ke dalam adonan begitu saja. Masak tepung ketan dengan air terlebih dahulu. Penambahan tepung ketan pada adonan donat kentang tidak akan membuat rasa donat berubah, hanya tekstur donat menjadi lebih lembut dan enak.

Baca Juga: 10 Bahan-bahan untuk Membuat Donat Kentang, Gampang Banget!

4. Fermentasi adonan dalam waktu yang pas

6 Tips Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang Sempurnathespruceeats.com

Untuk mendapatkan donat kentang yang mengembang sempurna, hal yang harus diperhatikan adalah waktu fermentasi adonan. Jika waktu fermentasi kurang lama adonan tidak akan mengembang sempurna dan akan menghasilkan donat kentang yang bantat. Jika waktu fermentasi terlalu lama, akan membuat tekstur donat tidak halus setelah digoreng.

Biasanya lama fermentasi pertama adonan donat kentang adalah 30 menit. Tetapi penetapan waktunya juga harus memperhatikan suhu ruangan. Jika suhu ruangan panas, proses fermentasi akan semakin cepat dan cukup membutuhkan waktu 25 menit saja. Begitu juga sebaliknya, jika suhu ruangan dingin proses fermentasi juga akan menjadi lebih lama.

5. Lakukan fermentasi dalam dua tahap

6 Tips Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang Sempurnasweets.seriouseats.com

Melakukan fermentasi pada adonan donat harus dilakukan secara dua tahap. Fermentasi yang kedua dilakukan setelah adonan dibentuk menjadi donat. Ini akan menghasilkan donat yang mengembang sempurna dan empuk pastinya. Untuk fermentasi tahap kedua ini cukup lakukan dalam waktu 20 menit saja, tidak lebih.

6. Goreng donat dengan benar

6 Tips Membuat Donat Kentang yang Empuk dan Mengembang Sempurnasouthernfatty.com

Tahap akhir pembuatan donat kentang adalah menggoreng adonan yang sudah dibentuk. Dalam menggoreng donat ada beberapa hal yang harus diketahui. Minyak yang digunakan untuk menggoreng donat harus banyak dan panas. Untuk mengetahui panasnya minyak bisa dilakukan dengan meletakkan sumpit ke dalam minyak. Jika terdapat gelembung kecil, maka minyak sudah cukup panas.

Saat memasaknya juga jangan goreng donat langsung semuanya. Cukup dua atau tiga donat saja dalam satu kali goreng. Saat menggorengnya juga tidak boleh membolak - balik donat berulang kali. Balikkan donat setelah bagian bawahnya sudah berwarna kecokelatan atau sesudah 2 menit dimasukkan ke penggorengan. 

Kalau kamu mengikuti tips di atas dengan benar, donat kentang buatanmu bisa jauh lebih lezat. Buat donat kentang tidak akan gagal lagi deh. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Resep Donat Kentang yang Enak dan Cara Membuatnya, Gampang Kok!

yesica verawaty sitinjak Photo Verified Writer yesica verawaty sitinjak

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya