Comscore Tracker

5 Tips Membuat Puding agar Tidak Cepat Berair dan Tahan Lama

Kesegaran puding akan tetap terjaga

Puding merupakan dessert yang manis dan nikmat. Pembuatannya yang gampang dan cukup cepat membuat puding bisa dibuat oleh siapa pun, terlebih saat ini sudah banyak tersedia puding instan. 

Puding termasuk makanan yang tidak dapat bertahan lama. Dengan teksturnya yang lembek dan mengandung banyak air bisa membuat puding menjadi berair dan tidak nikmat lagi untuk dikonsumsi. Tetapi jangan khawatir, karena untuk menghindari hal ini ada beberapa tips yang harus dilakukan dalam membuat puding. 

1. Kurangi takaran air saat memasak puding

5 Tips Membuat Puding agar Tidak Cepat Berair dan Tahan Lamavetsallnatural.com.au

Pada puding instan sudah terdapat jumlah takaran air yang dibutuhkan untuk memasak puding pada kemasannya. Agar puding tidak cepat berair maka kurangi takaran air sekitar 100ml dari jumlah takaran yang seharusnya.

Misalnya pada kemasan dianjurkan menggunakan air 500 ml, cukup gunakan air 400 ml saja saat memasak puding. Mengurangi takaran air akan membuat puding lebih kental dan tidak terlalu berair.

2. Masak puding hingga mendidih

5 Tips Membuat Puding agar Tidak Cepat Berair dan Tahan Lamatheflamingvegan.com

Puding harus dimasak dengan diaduk tanpa berhenti hingga mendidih. Masaklah puding hingga benar - benar mendidih. Jika puding selesai dimasak sebelum mendidih akan membuat teksturnya menjadi lembek dan tidak bisa padat. Ini akan membuat puding menjadi mudah berair dan cepat basi.

Baca Juga: Resep Puding Buah yang Menyegarkan, Pembangkit Mood Saat Cuaca Panas

3. Biarkan puding mendingin dengan sendirinya

5 Tips Membuat Puding agar Tidak Cepat Berair dan Tahan Lamainspiringrecipeideas.com

Setelah puding dimasak hingga mendidih, yang dilakukan adalah menuangnya pada cetakan dan menunggunya hingga mengeras sebelum disantap. Saat proses ini biarkan puding mendingin dan mengeras sendiri.

Jangan langsung memasukkan puding ke dalam lemari es. Memasukkan puding yang masih panas ke dalam lemari es akan membuat permukaan puding berair, yang berasal dari uap panasnya sendiri. 

4. Jangan letakkan puding di freezer

5 Tips Membuat Puding agar Tidak Cepat Berair dan Tahan Lamachoosingfigs.com

Jika puding sudah mendingin dengan sendirinya, maka sudah bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Masukkanlah puding ke dalam kulkas dengan menutup wadahnya dan jangan letakkan puding di dalam freezer. Cukup letakkan puding pada rak kulkas yang biasa.

Meletakkan puding dalam freezer akan membuat puding menjadi beku dan mengandung kristal es. Ini akan membuat puding menjadi lebih berair nantinya jika sudah dikeluarkan dari dalam kulkas, karena kristal es yang mencair.

5. Gunakanlah buah kering

5 Tips Membuat Puding agar Tidak Cepat Berair dan Tahan Lamabonanzaglobal.com

Untuk menambah kenikmatannya, pembuatan puding sering ditambahkan dengan berbagai macam buah. Tetapi perlu diketahui bahwa buah kering lebih bagus digunakan untuk membuat puding. 

Buah yang masih basah bisa membuat hasil puding menjadi lebih berair. Ada baiknya untuk mengeringkan buah terlebih dahulu sebelum dimasukkan dalam adonan puding. Mengeringkan buah bisa dengan meletakkannya pada saringan dan biarkan di ruangan terbuka hingga mengering.

Dengan tips di atas, puding menjadi lebih kenyal, tidak cepat berair, dan pastinya lebih lezat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga: Resep Um Ali ala Yummy App, Puding Roti dari Mesir yang Nikmat 

yesica verawaty sitinjak Photo Verified Writer yesica verawaty sitinjak

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya