Comscore Tracker

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enak

Good bye sembelit!

Pernah sembelit atau pencernaan tidak lancar? Hal itu bisa terjadi karena asupan makanan yang kamu konsumsi kurang tepat dan tidak seimbang. Tentu saja tubuh jadi gak enak saat pencernaan tidak lancar. Berbagai aktivitas yang harus dilakukan pun bisa terganggu.

Salah satu cara supaya pencernaanmu tetap lancar adalah dengan mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang tepat. Berikut ini IDN Times telah merangkum makanan dan minuman yang bisa membantu melancarkan pencernaanmu.

1. Lemon

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakpixabay.com/stevepb

Rasanya memang masam, tapi kandungan serat asam di dalam lemon bisa melancarkan pencernaanmu lho. Selain itu, vitamin C yang tinggi berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

2. Pisang

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakunsplash.com/Lotte Löhr

Mungkin kamu sering mendengar kalau pisang bisa melancarkan pencernaan. Memang benar, karena pisang serat dan kandungan mineral yang dibutuhkan sistem pencernaan tubuh. Konsumsilah pisang yang sudah matang. Pisang yang belum matang malah dapat menyebabkan sembelit.

3. Pepaya

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakpixabay.com/Couleur

Terdapat kandungan bernama papain dalam buah pepaya. Papain membantu melumatkan makanan dan menyerap nutrisi dalam tubuh. Kandungan serat yang banyak pada pepaya juga dibutuhkan tubuh untuk mencerna makanan.

4. Jahe

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakunsplash.com/Dominik Martin

Jahe mengandung antioksidan dan gingerol yang membersihkan lambung dari produksi asam berlebih dalam tubuh ketika stres. Kandungannya bisa menyembuhkan berbagai gangguan usus, pencernaan, mual, dan kembung. Kalau ingin pencernaan lancar, coba minum air jahe ya!

5. Yoghurt

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakpixabay.com/esigie

Probiotik bakteri yang terkandung pada yoghurt berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Bakteri bersahabat itu membuat proses pencernaan lancar dan tidak terganggu.

Namun, hindari mengonsumsi yoghurt yang mengandung banyak gula ya. Lebih baik konsumsi plain yogurt alias tanpa rasa.

6. Alpukat

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakunsplash.com/Thought Catalog

Buah kaya serat berperan penting dalam proses pencernaan manusia. Nah, alpukat termasuk salah satu buah yang kaya serat dan fiber. Fiber yang terkandung di dalamnya memungkinkan makanan bergerak lebih cepat melalui usus halus dan membantu penyerapan air, supaya tidak terjadi sembelit.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Madura yang Enak, Semuanya Bikin Ngiler

7. Kacang-kacangan

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakpixabay.com/heecehil

Mengonsumsi kacang-kacangan juga harus diimbangi dengan minum air mineral yang cukup. Kacang-kacangan mengandung serat yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan pencernaan setiap harinya. Meski dapat membantu sistem pencernaan, jangan mengonsumsi kacang berlebihan ya!

8. Apel

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakpixabay.com/Joanna Nix

Biasakan makan satu atau dua buah apel setiap hari agar pencernaan tidak terganggu. Kandungan serat baik pada apel dapat membantu kerja usus mencerna makanan yang masuk dalam tubuh.

9. Bayam

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakpixabay.com/ponce_photography

Sayur kesukaan Popeye ini merupakan sumber magnesium terbaik untuk tubuh. Fungsinya untuk membantu kinerja usus dan menyerap air untuk melembabkan saluran pencernaan.

10. Buah beri

10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enakunsplash.com/Cecilia Par

Beri merupakan buah-buahan yang kaya antioksidan. Kandungan seratnya yang banyak bisa membantu meredakan gangguan perut setiap harinya. Pencernaan aman dan aktivitas jadi lancar, deh!

Kalau kamu sering sembelit, coba konsumsi makanan-makanan di atas ya. Dijamin perut jadi enteng, deh!

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Enak yang Tinggi Potasium, Mana Saja Kesukaanmu?

yummy-banner

Topic:

  • Yoshi Nathania
  • Dewi Suci R.

Just For You