Comscore Tracker

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!

Olahraga jadi aman dan nyaman, deh

Lapar saat berolahraga? Pasti gak nyaman banget, kan? Biar olahraga lancar, sebaiknya kamu sempatkan waktu untuk mengisi perutmu. Tapi, asupannya harus diperhatikan, lho. Kalau kamu sampai salah makan, olahragamu gak akan maksimal, bahkan justru bisa terganggu.

Kalori yang terbakar gak akan sebanyak yang diharapkan atau justru bikin perut nyeri karena masalah pencernaan. Lebih baik kamu mengisi perut dengan makanan ringan yang mengandung protein atau karbohidrat 30 menit sebelum berolahraga.

Kandungan tersebut akan memberi kamu tenaga selama berolahraga. Tapi, ada juga beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari, dilansir dari Insider, seperti beberapa di bawah ini.

1. Alkohol

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Patrick Fore

Jangan minum alkohol sebelum berolahraga. Kamu akan sering buang air kecil dan tubuhmu menjadi dehidrasi.

2. Almond

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Tetiana Bykovets

Sebaiknya kamu tidak mengonsumsi kacang almond sebelum berolahraga. Tekstur yang keras dan berserat dapat menyebabkan sakit perut.

3. Apel

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Daniela

Gak pengin perut kembung, kan? Maka dari itu, jangan makan apel sebelum berolahraga ya! Akan sangat baik jika kamu mengonsumsinya setelah berolahraga.

4. Alpukat

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Charles Deluvio

Bisa menghasilkan banyak gas, nih! Alpukat memang tinggi lemak dan serat. Tapi kalau dikonsumsi sebelum olahraga, kamu justru bakal jadi lesu karena kerjanya sistem pencernaanmu.

5. Kacang-kacangan

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Monkgogi Samson

Segala macam makanan yang diolah bersama kacang sebaiknya dihindari. Kandungan proteinnya memang baik untuk tubuh, tetapi efek sampingnya bisa bikin kembung saat kita membakar kalori.

6. Keripik

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Juan Manuel Giraldo Grisales

Memang enak di lidah, tapi keripik tidak mengandung gizi yang diperlukan tubuh. Bahkan, tidak ada protein berarti di dalam sebungkus keripik. Jadi, kurang-kurangi konsumsinya ya.

7. Telur

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Natalie Rhea Riggs

Bisa dibilang makanan sehari-hari, telur bisa dikonsumsi kapan saja dengan jumlah yang tidak berlebihan. Bisa untuk sarapan, makan siang, ataupun sebagai makanan ringan. Kandungan proteinnya sangat banyak, tetapi sebaiknya hindari konsumsinya sesaat sebelum berolahraga ya. Kalau hanya sedikit tidak apa-apa, karena saat berolahraga tubuh butuh sedikit protein.

Baca juga: Bahaya, Jangan Makan 7 Makanan Ini Sebelum Berkendara Jarak Jauh!

8. Kopi

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Nathan Dumlao

Meminum kopi sebelum berolahraga sangat tidak dianjurkan. Selain bisa bikin dehidrasi, kopi juga bisa bikin perut kram. Tentunya itu akan mengganggu aktivitas olahragamu!

9. Gorengan

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Wine Dharma

Makan sesuatu yang digoreng akan bikin tubuh malas bergerak. Kandungan lemak yang tinggi pada gorengan bikin pengin merebahkan tubuh. Padahal kamu akan berolahraga. Hmmm, mendingan kamu makan makanan rendah lemak yang alami, deh sebelum berkeringat.

10. Es krim

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Alex Jones

Makan sesuatu yang manis sebelum berolahraga sepertinya menyenangkan. Tetapi, mengonsumsi es krim sebelum berolahraga ternyata bisa bikin perut kembung, kram, dan mengeluarkan gas. Bikin olahraga jadi kacau!

11. Salad

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Ana Tavares

Siapa sangka kalau salad juga masuk daftar makanan yang sebaiknya dihindari sebelum berolahraga. Ternyata sayuran pada umumnya yang digunakan sebagai bahan membuat salad dapat menyebabkan perut kembung. Maka dari itu, dianjurkan makan salad setelah berolahraga saja.

12. Makanan pedas

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Cel Lisboa

Sakit perut pas olahraga? Jangan sampai terjadi! Hindari memakan makanan pedas sebelum berolahraga, karena bisa jadi salah satu faktor sakit perut.

13. Yoghurt

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Brenda Godinez

Lebih aman jika kamu makan yoghurt setelah berolahraga. Pasalnya, ada beberapa orang yang sensitif terhadap produk susu, seperti yoghurt ini. Kalau kamu salah satunya, sebaiknya dihindari dulu ya.

14. Pisang

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Scott Webb

Pisang yang baik dikonsumsi itu yang matangnya pas. Jangan makan pisang yang masih belum begitu matang atau bahkan terlalu matang. Efeknya bisa bikin perutmu mules pas olahraga! Gak mau, kan?

15. Jus atau smoothies olahan

Supaya Gak Terganggu, Hindari 15 Makanan Ini Sebelum Berolahraga Ya!unsplash.com/Guillaume Jaillet

Meski menggunakan buah, tapi jus atau smoothie yang dijual dalam kemasan telah dicampur dengan bahan-bahan lain. Susu atau gula menjadi bahan paling umum yang ditambahkan. Bukannya memenuhi kebutuhan nutrisi, tubuhmu malah akan mendapat banyak asupan gula berlebih. Hal ini akan membuat aktivitas olahragamu semakin berat.

Nah, biar olahraga aman dan nyaman, lebih baik hindari konsumsi makanan dan minuman di atas dulu ya. Kamu sendiri pernah mengalami hal serupa gak? Share pengalamanmu di kolom komentar ya.

Baca juga: Sudah Tahu 7 Waktu Paling Tepat untuk Minum Air Putih Ini?

Topic:

Just For You