Comscore Tracker

Gak Pengen Sakit Gigi? Hindari 7 Makanan Ini!

Gak cuma makanan manis lho!

Gigi yang putih dan sehat menjadi idaman setiap orang. Namun, terkadang kita lupa merawat gigi dengan baik. Hasilnya malah membuat gigi kita menjadi kuning dan terserang berbagai penyakit.

Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang paling mengganggu aktivitas seseorang. Jika kamu mengalami sakit gigi, maka kamu akan mengalami susahnya berbicara dan merasa linu. Hmmm, gak pengen sakit gigi kan? Yuk, cegah dengan tidak mengonsumsi 7 makanan di bawah ini!

1. Minuman Soda

Gak Pengen Sakit Gigi? Hindari 7 Makanan Ini!pixabay.com/lernestorod

Kandungan pada minuman soda tidak baik untuk kesehatan gigi. Soda mengandung gula, asam, dan karbonasi yang buruk untuk gigi. Sering mengonsumsi minuman bersoda akan menyebabkan erosi pada gigi dan pembusukan.

2. Teh dan Kopi

Gak Pengen Sakit Gigi? Hindari 7 Makanan Ini!pexels.com

Mengonsumsi teh dan kopi secara rutin dapat menyebabkan noda pada gigi. Selain itu, kandungan asam tannic dalam teh dan kopi dapat mempengaruhi enamel gigi. Kopi dan teh yang kamu tambahkan gula juga bisa bikin gigi berlubang. Lebih baik kamu mengonsumsi teh hijau yang baik untuk kesehatan mulut.

3. Acar

Gak Pengen Sakit Gigi? Hindari 7 Makanan Ini!pixabay.com/Photo-Mix

Siapa sangka, ternyata acar juga menjadi penyebab sakit gigi. Acar merupakan salah satu makanan rendah kalori dan kaya rasa. Makanan ini mengandung asam tinggi karena cuka. Hal tersebut bisa mengurangi mineral pada gigi dan kandungan gulanya juga menjadi penyebab gigi berlubang.

Baca juga: Rambutmu Rusak? 7 Makanan Ini Bisa Kembalikan Kilaunya lho!

4. Selai Kacang

Gak Pengen Sakit Gigi? Hindari 7 Makanan Ini!pixabay.com/stevepb

Kamu penggemar roti selai kacang? Hhmmm, sepertinya kamu harus mengurangi konsumsi makanan ini jika tidak ingin merasakan sakit gigi. Satu sendok penuh selai kacang ternyata memiliki sisi buruk untuk kesehatan gigimu. Selai kacang akan menempel dalam waktu lama pada gigi kamu dan berisiko menyebabkan gigi berlubang.

5. Gula

Gak Pengen Sakit Gigi? Hindari 7 Makanan Ini!pixabay.com/congerdesign

Proses gigi berlubang berawal dari bakteri dari makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan tersebut pun menjadi plak di gigi. Ketika kamu mengonsumsi gula, bakteri muncul dan mengubahnya menjadi asam. Kadar asam tersebut akan merusak enamel gigi dan menyebabkan pembusukan hingga gigi berlubang.

6. Buah-buahan Asam

Gak Pengen Sakit Gigi? Hindari 7 Makanan Ini!pixabay.com/Einladung_zum_Essen

Buah-buahan dengan rasa asam seperti halnya dengan jeruk. Vitamin C yang dikandung buah jeruk memang penting menjaga kolagen dalam gusi. Tapi, makan buah jeruk berlebihan menyebabkan asam yang dapat mengikis enamel gigi.

7. Keripik Kentang

Gak Pengen Sakit Gigi? Hindari 7 Makanan Ini!pexels.com/Valeria Boltneva

Rempah keripik kentang akan dengan mudah menempel di celah gigi kamu. Makanan ini memang tidak mengandung gula ataupun asam. Namun, pasti yang terkandung keripik kentang akan segera mengkonversi menjadi gula karena proses di mulut. Bisa menjadi penyebab sakit gigi nih.

Jika ingin punya gigi sehat dan jauh dari lubang-lubang mengganggu, maka hindarilah 7 jenis makanan di atas ya! Semoga bermanfaat!

Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Mencerahkan Warna Gigimu lho!

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya