Comscore Tracker

5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan Keju

Meski dicampur telur, kopi ini tidak terasa amis

Bagi para penikmatnya, kopi, krim, susu, gula pilihan akan diolah dengan berbagai kombinasi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tapi bagaimana ceritanya dengan telur? Meskipun sering dikonsumsi secara bersamaan, telur biasanya digoreng untuk disantap bersama dengan kopi di pagi hari. Bukannya dicampur ke dalam kopi. Namun berbeda ceritanya dengan di Vietnam. Di sana, telur secara lazim dicampur dengan kopi untuk diseruput.

1. Sejarah

5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan KejuPrice War/Chloe Smith

Sebenarnya, percampuran kopi dan telur dilakukan secara tidak sengaja. Kopi yang bernama asli Cà phê trứng ini, tercipta pada tahun 1940an. Pada masa itu, terjadi kelangkaan susu yang membuat para pecinta kopi di Vietnam mencari pengganti susu dan krim untuk kopi kesukaan mereka. Maka terciptalah varian kopi yang satu ini.

2. Cara pembuatan

5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan Kejuhungryhuy.com

Cara membuat kopi ini bisa dibilang cukup mudah. Pertama-tama, kopi diseduh dengan metode filter Vietnam. Lalu kuning telur yang telah dicampurkan dengan susu kental manis ditambahkan ke dalam racikan kopi. Kadang, berbagi penjual menambahkan mentega dan keju untuk meningkatkan cita rasa dari kopi telur khas Vietnam ini.

3. Tidak terasa amis

5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan Kejualamy

Meski terdengar aneh kopi ini begitu populer di Vietnam, tidak ada rasa amis khas telur yang terasa, malah rasanya seperti vanilla. Kopi ini kental, dan berwarna mirip dengan cappuccino atau coffee latte. Kopi telur ini, disajikan dengan mangkuk kecil berisi air panas di bawahnya, untuk menjaga temperatur kopi agar tetap hangat saat diminum.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Es Kopi Susu Lokal Terbaik di Jakarta, Kamu Sudah Coba?

4. Terbukti secara ilmiah kelebihannya

5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan Kejupixabay.com/luvqs

Dilansir dari legalnomads.com, mencampurkan protein seperti telur memiliki kelebihannya sendiri. Pertama, ampas kopi akan lebih cepat turun ke bawah, sehingga akan lebih mudah untuk menghindari ampas kopi yang terasa pahit untuk ikut terminum. Kedua, protein akan mengikat zat polifenol yang terasa pahit. Hasilnya, kopi akan terlihat jernih, dan terasa ringan, namun tidak terlalu encer saat diminum.

5. Kafe rekomendasi

5 Fakta Kopi Vietnam yang Dicampur dengan Telur, Mentega, dan Kejufoxtravels.net

Di Vietnam sendiri, kedai kopi telur yang paling terkenal adalah Café Giang. Berdiri sejak tahun 1946, kafe ini memang bisa dikatakan spesialis kopi telur. Pemiliknya adalah Nguyen Van Dao, generasi ke dua dari Café Giang. Kafe ini berada di pusat kota Hanoi, alamat lengkapnya di 39 Nguyễn Hữu Huân, Hàng Bạc, Hà Nội, Vietnam. Jika alamat ini terlalu rumit untuk kamu ucapkan, cukup tulis Café Giang di mesin pencari dan kamu akan menemukan petunjuk jalannya.

Nah, buat kamu para pecinta kopi, tunggu apalagi. Yuk buruan coba kopi telur Vietnam. Bisa sekalian jalan-jalan ke Hanoi, atau bisa juga dicoba buat sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] 10 Bahan Ini Enak Dicampurkan dalam Kopi 

Yosia Dwi Putra Photo Writer Yosia Dwi Putra

Manusia tidak lebih dari setitik debu dalam megahnya alam semesta. Namun dengan logika dan rasa ingin tahu yang disematkan oleh sang pencipta, segala batasan dapat ditembus secara tak terduga.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya