Comscore Tracker

Jalan-Jalan ke Nias? Ini 5 Kuliner Khasnya yang Wajib Kamu Coba!

Sangat menggugah selera deh!

Pulau Nias merupakan pulau yang terletak di provinsi Sumatera Utara. Selain terkenal akan atraksi budaya lompat batunya, Pulau Nias juga terkenal akan keindahan alam pantainya yang menarik perhatian para peselancar lokal maupun mancanegara.

Ketika berkunjung ke Nias, sembari menikmati eksotisme pantai atau sekadar menyaksikan atraksi budayanya, alangkah nikmatnya jika kamu sekalian mencicipi kuliner khasnya lho.

Nah, apa saja ya kuliner khas Pulau Nias yang wajib dicicipi? Simak berikut ini penjelasannya!

1. Köfö-köfö

Jalan-Jalan ke Nias? Ini 5 Kuliner Khasnya yang Wajib Kamu Coba!lancangkuning.com

Nias dengan hasil laut yang melimpah membuat masyarakatnya menciptakan hidangan-hidangan dengan bahan dasar ikan laut, salah satunya adalah köfö-köfö.

Hidangan ini pada dasarnya mempunyai cita rasa yang tak jauh beda dari gulai ikan, namun proses pembuatan hidangan ini yang menjadi pembeda. Ikan yang ada pada hidangan ini kulitnya sudah dibuang terlebih dahulu, setelah itu ikan digoreng dan dimasak bersamaan dengan santan kelapa, bumbu, dan rempah lainnya.

2. Hambae Nititi

Jalan-Jalan ke Nias? Ini 5 Kuliner Khasnya yang Wajib Kamu Coba!daftarkulinerunik.web.id

Pecinta hidangan kepiting pasti suka nih sama makanan yang satu ini. Ya, hambae nititi alias kepiting yang dijadikan abon ini enak banget lho.

Selain enak, cara mengolah hidangan ini pun sangat sederhana. Hanya dengan memasak daging kepiting hingga kering dengan campuran bumbu penyedap dan santan kelapa. Rasanya yang gurih membuat hidangan ini sering menjadi santapan pelengkap nasi.

Baca Juga: 7 Kuliner Legendaris Ini Bisa Kamu Temukan di Penjuru Indonesia

3. Siliö Guro

Jalan-Jalan ke Nias? Ini 5 Kuliner Khasnya yang Wajib Kamu Coba!daftarkulinerunik.web.id

Mengolah hasil laut menjadi hidangan yang nikmat memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat Nias. Selain ikan, udang juga kerap dijadikan sebagai bahan utama hidangan oleh masyarakatnya, seperti makanan yang satu ini.

Siliö guro berbahan dasar udang segar yang telah digiling serta dicampur dengan parutan kelapa dan rempah. Seperti halnya pepes, makanan yang biasanya menjadi lauk ini dibalut dengan daun pisang setelah itu dibakar.

4. Lehedalö Nifange

Jalan-Jalan ke Nias? Ini 5 Kuliner Khasnya yang Wajib Kamu Coba!zonareseponline.blogspot.com

Hidangan yang satu ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Nias, lho. Hidangan ini berbahan dasar talas. Eits, tapi jangan takut rasanya tidak enak, ya. Karena talas di dalam hidangan ini bercampur dengan bumbu rendang. Jadi, lehedalö nifange ini adalah talas yang direndang.

Karena rasanya yang enak, hidangan ini sering menjadi lauk yang disantap bersama nasi atau sagu oleh masyarakat Nias.

5. Tamböyö

Jalan-Jalan ke Nias? Ini 5 Kuliner Khasnya yang Wajib Kamu Coba!instagram.com/marthin_d_laia

Dilihat dari bentuk luarnya, tamböyö tampak seperti ketupat yang biasa kita makan, karena dibalut dengan anyaman daun kelapa muda. Tetapi ketika kamu menggigit isinya, perbedaan itu pun terasa. Tekstur yang dimiliki oleh tamböyö ini lebih legit dan rasanya juga lebih gurih dibandingkan dengan ketupat biasa karena tamböyö terbuat dari beras ketan lalu direbus dengan santan.

Rasanya ada yang kurang bukan jika mengunjungi suatu daerah namun tidak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Nah, semoga lima hidangan khas di atas dapat menjadi referensi kuliner yang akan kamu cicipi ketika jalan-jalan ke Nias ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Bakso yang Wajib Kamu Coba Saat Singgah di Jogja, Maknyus! 

Yuki Kristina Photo Community Writer Yuki Kristina

16. | Suka nulis. Nulis apa aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You