Comscore Tracker

Serupa Tapi Tak Sama! 5 Perbedaan Antara Gula Merah dan Aren

Gula aren memiliki warna yang lebih pekat dan gelap

Selain ada gula pasir, pasti kita sudah sangat familier dengan gula merah dan juga gula aren. Beberapa bahan pemanis ini memang sering dianggap sama lantaran bentuk serta warnanya yang hampir serupa.

Padahal sebenarnya gula aren dan gula jawa ini cuma sama dalam hal bentuknya saja. Kalau di lihat lebih detail lagi, warna hingga kegunaannya sangatlah berbeda. Untuk memudahkannya agar tidak ada kesalahan lagi, simak pemaparan di bawah yuk, biar kita sama-sama paham dan tahu. Jadi kalau sewaktu-waktu kita disuruh beli sama Ibu kita, nggak salah lagi deh.

1. Ingat, warna gula merah lebih kemerahan sedangkan gula aren berwarna lebih pekat dan gelap

Serupa Tapi Tak Sama! 5 Perbedaan Antara Gula Merah dan Arenblancoparmandif.com

Perbedaan pertama yang sangat mencolok dapat dilihat dari bagian warnanya. Gula aren memiliki warna yang cenderung lebih gelap pekat dibandingkan dengan gula merah (biasa disebut gula jawa) yang berwarna lebih kemerahan.

2. Rasa hingga tekstur gula merah lebih keras dibanding gula aren yang mudah dihancurkan

Serupa Tapi Tak Sama! 5 Perbedaan Antara Gula Merah dan ArenUnsplash/Widuri Putri

Perbedaan selanjutnya adalah soal rasa dan juga tekstur antara keduanya, gula aren memiliki tekstur yang lebih empuk sehingga dapat membuat gula aren akan lebih mudah untuk dihaluskan daripada gula merah yang memiliki tekstur yang keras, perbedaan ini dapat kita ketahui ketika sedang memegang sisi permukaan sisi keduanya.

Selanjutnya perihal rasa, gula merah memiliki rasa yang tidak terlalu manis serta aroma jauh di bawah gula aren yang aromanya lebih pekat dan kuat. Sedangkan gula aren memiliki rasa dan aroma yang lebih spesial dan unik dibandingkan gula jawa. Aroma nira yang kuat jadi ciri khas gula aren.

Baca Juga: 5 Fakta Gula Aren, Bahan yang Sering Dipakai di Es Kopi Susu Kekinian

3. Jangan salah, bahan dasar serta cara pembuatan gula merah dan gula aren hampir serupa

Serupa Tapi Tak Sama! 5 Perbedaan Antara Gula Merah dan ArenFood.ndtv.com

Gula aren adalah gula yang dibuat dari nira pohon atau enau atau biasa disebut aren asli. Dalam proses pembuatannya, gula aren biasa dicetak menggunakan batok kelapa dengan bentuk pipih dan bundar, biasanya gula ini juga mendapatkan penambahan bahan lainnya seperti gula pasir.

Sedangkan gula merah dibuat dengan berbahan dasar nira pohon kelapa yang merupakan cairan manis yang berasal dari proses penyadapan batang tanaman pada tumbuhan jenis palem seperti, kurma, aren, sagu dan kelapa. Nira tersebut akan diolah dengan cara direbus hingga berbentuk karamel yang pada nantinya dibentuk hingga menyerupai silinder dan berbentuk seperti batok kelapa.

4. Baik gula merah dan gula aren memiliki kegunaan serta manfaat yang berbeda

Serupa Tapi Tak Sama! 5 Perbedaan Antara Gula Merah dan Arensnapguide.com

Gula aren yang memiliki aroma cenderung pekat dan lebih kuat membuatnya kerap kali digunakan sebagai pemanis pada minuman ataupun makanan. Jika Anda pernah membeli minuman dawet atau cendol, gula aren lah yang berperan penting sebagai campurannya lantaran memiliki warna yang lebih menarik ketika disatukan dengan santan.

Sedangkan gula merah umumnya dijadikan campuran makanan-makanan tradisional antara lain seperti masakan semur, pembuatan kecap hingga gudeg. Sebab mengingat gula jawa memiliki warna serta aroma yang tak begitu kuat sehingga tak banyak memengaruhi rasa makanan.

5. Selain gula aren dan gula merah, ada beberapa jenis gula yang harus kalian tahu

Serupa Tapi Tak Sama! 5 Perbedaan Antara Gula Merah dan Arenhomeofspices.com

Tak hanya ada gula aren dan gula merah, namun ternyata ada juga gula yang memiliki tampilan yang serupa. Gula-gula ini pun bahkan dinilai lebih sehat dikonsumsi jika dibandingkan dengan gula pasir. Salah satu gula tersebut adalah brown sugar yang terbuat dari batang tebu, gula ini memiliki aroma dan rasa karamel khas.

Selanjutnya ada gula palem yang merupakan gula berbahan dasar nira batang palem. Memiliki aroma yang sangat wangi serta bentuknya sendiri hampir menyerupai gula pasir namun warnanya agak kecokelatan, gula ini kerap kali digunakan untuk campuran kue tradisional bahkan kue modern.

Itulah perbedaan seputar gula aren dan gula merah yang masih sulit dibedakan. Semoga selepas membaca artikel ini, kita lebih bisa cermat terhadap perbedaan serta kegunaannya juga.

Baca Juga: 5 Bahan yang Bisa Jadi Alternatif Gula Merah dalam Masakan

K A K I K U Photo Verified Writer K A K I K U

Pemula yang berusaha menjadikan Profesi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya