Comscore Tracker

Warna-warna Ini Bisa Mempengaruhi Selera Makanmu Lho

Ada yang bikin nambah nafsu makan, ada yang mengurangi

Ternyata warna dapat mempengaruhi kondisi psikologi manusia seperti mempengaruhi perilaku, cara berpikir, cara mengambil keputusan dan bereaksi bahkan dapat meningkatkan tekanan darah dan mempengaruhi nafsu makan.

Karena warna dapat mempengaruhi nafsu makan maka pemilihan warna untuk meja makan, dinding ruang makan, peralatan makan hingga mewarnai makanan dan minuman harus benar-benar diperhatikan. Pemilihan warna yang tepat dapat membuat nafsu makan meningkat atau malah nafsu makan menjadi menurun.

Berikut di bawah ini, warna-warna yang dapat meningkatkan nafsu makan dan warna-warna yang dapat menurunkan nafsu makan.

Warna-warna yang dapat meningkatkan selera makanmu.

Warna-warna Ini Bisa Mempengaruhi Selera Makanmu Lhohttps://www.tastemade.com

1. Merah

Merah memiliki karakter yang penuh dengan emosi dan energik. Saat seseorang melihat warna merah dapat menyebabkan tekanan darah menjadi naik, detak jantung meningkat dan membuat rasa lapar meningkat. Hal ini yang membuat warna merah sering dipakai untuk lemari dapur atau warna cat dinding dari rumah makan atau restoran.

2. Oranye

Warna oranye juga dapat menstimulasi otak untuk menimbulkan rasa lapar saat kita melihat warna oranye secara terus menerus. Ditambah lagi karena warna oranye mirip sekali dengan warna oranye dari jeruk, sehingga menstimulasi otak mengingat jeruk yang segar dan membuat rasa lapar meningkat.

3. Kuning

Kuning memberi kesan ceria, meningkatkan konsentrasi dan dapat juga membuat nafsu makan meningkat saat kamu sering melihatnya.

4. Hijau

Warna hijau indentik dengan alam serta makanan sehat karena warna hijau dominan terdapat pada sayur-sayuran. Dan sayuran adalah makanan yang menyehatkan. Oleh sebab itu, banyak produk minuman dan makanan sehat yang memiliki bungkus berwarna hijau.

5. Warna hijau kebiruan (pirus atau toska)

Warna ini biasanya dihubungkan dengan kebahagiaan dan santai. Warna yang banyak dijumpai di pantai karena air laut berwarna seperti ini, pantai menjadi salahsatu tempat favorit untuk relaksasi dan melepaskan penat yang dapat membuat rasa santai dan bahagia.

Warna ini biasanya dipilih untuk sajian pada makanan penutup, meskipun kamu sudah merasa kenyang tetapi kamu tetap dapat menyantapnya.

 

Warna-warna yang dapat menurunkan selera makanmu.

Warna-warna Ini Bisa Mempengaruhi Selera Makanmu Lho https://www.boredpanda.com

1. Biru

Warna biru dihubungkan dengan tenang, nyaman, dan biasanya warna ini dominan digunakan untuk ruang tidur, kamar mandi dan tempat-tempat agar dapat rileks, aman dan nyaman. Dan tentu saja seseorang yang merasa aman, tenang dan damai akan lebih memilih tidur dan santai dari pada makan.

2. Ungu

Warna ungu jarang sekali menjadi warna pilihan sebagai warna makanan. Meskipun saat ini sudah banyak es krim, roti, keripik berwarna ungu namun warna ini bukanlah warna yang dapat membangkitkan nafsu makan kamu,lho.

3. Cokelat

Cokelat, banyak orang suka makan cokelat tetapi bukan karena warnanya tetapi karena rasanya karena warna cokelat juga bukan warna yang dapat membangkitkan nafsu makan kamu, lho. Karena warna cokelat sering dihubungkan dan identik dengan warna makanan yang gosong. Kamu tahu kan bagaimana rasanya makan makanan gosong?

4. Hitam

Warna hitam bukanlah warna yang tepat untuk meningkatkan nafsu makan. Orang akan cenderung kehilangan nafsu makan saat melihat warna hitam. Maka, sangat jarang restoran atau tempat makan yang mendekorasi dinding serta peralatan sajinya menggunakan warna hitam.

Buat yang lagi ingin diet, kamu bisa mengoleksi piring dan gelas berwarna hitam,lho.

5. Abu-abu

Coba kamu bayangkan ketika kamu mendengar kata abu-abu,apa yang ada dibenakmu? atau kamu melihat warna abu-abu, apakah kamu membayangkan sebuah makanan berwarna abu-abu? tentu tidak, bukan?

Jika kamu ingin diet. Kamu bisa mempergunakan warna abu-abu sebagai peralatan makan atau dinding dari ruang makan kamu.

Nah, itulah warna-warna yang paling dominan untuk mempengaruhi nafsu makan kamu. Baik itu untuk menurunkan nafsu makan atau meningkatkan nafsu makan kamu.

Tentu saja tidak semua warna-warna di atas menimbul efek yang sama pada setiap orang. Kamu bisa memilih warna yang paling dominan berpengaruh terhadap program diet yang ingin kamu jalankan. Entah itu ingin meningkatkan nafsu makan atau menurunkan nafsu makan kamu. Semoga berhasil ya.

Yvonie OH Photo Verified Writer Yvonie OH

"love the life you live, live the life you love" :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya