Comscore Tracker

5 Sandwich Terenak dari Uruguay, Mana yang Jadi Favoritmu?

Sandwich juga banyak jenisnya, lho!

Makanan dengan jenis roti memang banyak ditemukan di berbagai negara barat, tak terkecuali Uruguay, negara yang terletak di benua Amerika bagian selatan. Pizza, pasta, dan sandwich merupakan beberapa contoh makanan berbahan roti yang familiar bagi penduduk negara tersebut.

Layaknya pizza yang mempunyai banyak variasi, sandwich di Uruguay pun juga mempunyai banyak ragam lho. Berikut beberapa di antaranya!

1. Chivito

5 Sandwich Terenak dari Uruguay, Mana yang Jadi Favoritmu?curiouscuisiniere.com

Chivito bisa dibilang merupakan hidangan nasional dari Uruguay. Makanan tersebut terbuat dari steak sapi lembut yang dipotong tipis dan ditambah dengan mozzarella, tomat, mayones, dan telur rebus. Campuran dari berbagai makanan tersebut kemudian disajikan sebagai sandwich di dalam roti bun dan sering kali juga dinikmati bersama dengan kentang goreng.

Sandwich ini juga dapat disajikan dengan tambahan kacang, lada, dan potongan mentimun.

2. Choripán

5 Sandwich Terenak dari Uruguay, Mana yang Jadi Favoritmu?taste.com.au

Choripán adalah jenis sandwich yang berisi chorizo, yaitu sejenis sosis daging babi. Makanan ini juga terkenal dan dapat ditemui di berbagai negara lain seperti Argentina dan Chile. Sosis tersebut diletakkan di dalam dua lapisan roti sehingga secara sekilas makanan ini terlihat seperti hot dog.

Nama choripán sendiri merupakan singkatan dari bahan yang digunakan untuk membuatnya, yaitu chorizo dan roti yang dalam bahasa spanyol bernama pan. Roti yang digunakan dalam sandwich ini pun bermacam-macam, seperti roti berjenis marraqueta atau baguette.

Baca Juga: Lezatnya 5 Jenis Dessert dari Uruguay, Mana yang Kamu Suka?

3. Sándwich Olímpico

5 Sandwich Terenak dari Uruguay, Mana yang Jadi Favoritmu?196flavors.com

Jika sandwich pada umumnya hanya terdiri dari satu lapis roti dan isian, sandwich yang juga mempunyai nama sandwich de miga ini mempunyai banyak lapisan roti.

Sandwich ini sangat terkenal di Uruguay dan dapat ditemukan di hampir semua bakery sebagai snack atau quick lunch. Isian yang digunakan tidak jauh berbeda dari sandwich lain, yaitu daging, keju, tomat, dan selada. Biasanya, sandwich ini dibuat dalam tiga lapisan saja di mana tiap lapisannya dioles dengan mayones terlebih dahulu sebelum ditambahkan bahan lain.

4. Sandwich Caliente

5 Sandwich Terenak dari Uruguay, Mana yang Jadi Favoritmu?myfoodandfamily.com

Sandwich yang juga disebut tostado ini pada dasarnya serupa dengan sandwich olimpico.

Namun, roti yang digunakan untuk membuatnya dipanggang terlebih dahulu dan terdapat tambahan seperti keju mozzarella dan mentega. Keju mozzarela dipotong sesuai dengan ukuran roti yang digunakan dan dimasukkan ke dalam lapisan sandwich. Setelah dipanggang, keju pun akan sedikit meleleh dan menyatu dengan daging dan sayuran di dalamnya.

5. Jesuitas

5 Sandwich Terenak dari Uruguay, Mana yang Jadi Favoritmu?articulo.mercadolibre.com.uy

Sandwich ini cukup berbeda dengan sandwich lainnya karena mempunyai perpaduan rasa gurih dan manis. Jika sandwich lain menggunakan roti sebagai lapisannya, jesuitas menggunakan pastry untuk melapisi daging dan keju yang menjadi isiannya. Selain itu, bagian atas dari sandwich ini biasanya dilapisi oleh gula atau fondant icing.

Jesuitas juga mempunyai nama yang berbeda sesuai dengan ukurannya, contohnya sandwich yang berukuran kecil disebut seminaristas, sedangkan yang berukuran lebih besar biasa disebut bispo.

Itu dia beberapa sandwich khas dari Uruguay yang juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Sandwich mana yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Resep Membuat Sandwich ala Subway yang Enak, Gampang Banget Bikinnya

Zakia Balqis Photo Writer Zakia Balqis

Human Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya