Comscore Tracker

Murah dan Puas, 4 Kuliner Khas Purwakarta Ini Menggugah Selera 

Mulai dari makanan berat sampai dessert, enak!

Salah satu tips traveling hemat budget ala milenial adalah menjelajahi wisata kuliner yang ramah di kantong. Bukan halangan jika tempatnya di pinggir jalan atau sekadar kedai sederhana. Yang dicari kan nikmat makanannya dan perut jadi kenyang.

Indonesia ini punya kuliner khas di setiap daerahnya. Kali ini, IDN Times akan ulas tentang kuliner Purwakarta yang nggak kalah bikin kamu tergiur di saat perut keroncongan. Selain dibuat nagih, dijamin deh soal isi dompet bakal aman-aman saja. Apalagi menunya mulai dari makanan berat sampai pencuci mulut harganya terjangkau.

1. Sate maranggi

Murah dan Puas, 4 Kuliner Khas Purwakarta Ini Menggugah Selera shutterstock.com/Reezky Pradata

Dihidangkan selagi hangat bersama nasi putih, siapa yang nolak kelezatan sate maranggi? Apalagi kalau jalan-jalan ke Purwakarta, kamu melipir ke kedai makan Sate Maranggi Cibungur. Di sini, menyajikan sate daging sapi, kambing, dan ayam. Tinggal tentukan saja kamu mau icip yang mana. Yang bikin sate ini berbeda dengan sate pada umumnya adalah sambalnya. Tanpa menunggu perut berbunyi, kamu bisa kunjungi kedainya yang terletak di Jalan Raya Cibungur, Purwakarta. Jam bukanya mulai dari pukul 07.30-21.00 WIB. Nah, karena sedang traveling hemat budget, menu sate di sini dibanderol seharga 40 ribu rupiah saja per porsi. Jadi, bisa kan makan ramai-ramai bersama kerabat traveling kamu. Makannya seru, kenyangnya dapat!

2. Pepes

Murah dan Puas, 4 Kuliner Khas Purwakarta Ini Menggugah Selera shutterstock.com/Maharani afifah

Rekomendasi kedua dijamin semakin membuat kamu geleng-geleng kepala. Ya, kamu akan dibuat heran karena rasanya enak ditambah harganya mulai dari 2 ribuan saja, lho. Purwakarta punya kuliner pepes, tepatnya di Rumah Makan Pepes Bu Ani. Bukan hanya pepes ikan saja, tetapi juga ada pepes cumi, jamur, dan belut. Lokasi rumah makan ini berada di Jalan Ir. H. Cilegong, Jatiluhur, Purwakarta. Jangan sampai kehabisan pepesnya, ya! Pepes Bu Ani tutupnya hanya sampai pukul 19.00 WIB saja.

3. Soto Sadang

Murah dan Puas, 4 Kuliner Khas Purwakarta Ini Menggugah Selera shutterstock.com/Ryan Wijaya Tan

Kali ini saatnya menyeruput sajian berkuah. Apakah kamu salah satu penggemar soto? Wisata kuliner di Purwakarta, tepatnya di sekitaran daerah Sadang ada menu soto yang terbagi menjadi dua jenis, yaitu soto kuah bening dan soto kuah santan. Keduanya ini disebut sebagai Soto Sadang. Lalu, apa perbedaannya?

Jadi, kalau soto kuah bening menggunakan bahan baku daging sebagai kaldunya yang membuat gurih. Sedangkan, soto kuah santan diberi irisan lauk  di atasnya dan warnanya kuning pucat. Sedap, kan, kalau dihidangkan saat cuaca dingin makannya berkuah.

4. Es ciming

Murah dan Puas, 4 Kuliner Khas Purwakarta Ini Menggugah Selera flickr.com/Shadow Traveller

Ketika cuaca panas, paling cocok minumnya yang segar untuk melepas dahaga. Seperti es ciming yang pantas menjadi pilihan para penikmat kuliner Purwakarta. Tampilan es ciming ini tidak jauh berbeda dengan es serut. Menariknya lagi, es ciming ini campurannya ada kacang hijau, cendol, kelapa, jelly, dan potongan cincau. Delicious!


Yuk, jelajahi keindahan wisata Purwakarta sambil menyicip wisata kulinernya! Traveling yang hemat budget, siapa bilang nggak bisa?

yummy-banner

Topic:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya