Comscore Tracker

Resep Bubur Baayak Khas Kalimantan Selatan, Kudapan Bergizi

Selain bergizi, rasanya juga unik mirip cendol!

Bubur, menjadi makanan yang sering disantap saat pagi hari sebelum memulai beraktivitas. Makanan ini menjadi pilihan untuk mengisi perut, sebelum menyantap makanan yang terlalu berat. Selain itu, bubur juga memiliki gizi yang baik untuk kesehatan.

Salah satu jenis bubur yang bisa kamu nikmati adalah bubur baayak khas dari Provinsi Kalimantan Selatan. Bubur ini, memiliki rasa yang identik manis dan gurih, serta unik karena bentuk adonannya mirip dengan adonan cendol.

Untuk membuatnya ada 2 cara, yaitu dimasak dengan campuran santan atau tanpa santan. Berikut ini resep cara membuat bubur baayak yang bisa kamu coba dirumah.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bubur Baayak Khas Kalimantan Selatan, Kudapan BergiziIlustrasi bahan tepung (Pixabay.com/hewq)

Bahan-bahan:

  • 200 gr tepung beras
  • 50 gr tepung terigu
  • 200 ml air
  • 3 sendok makan air kapur sirih

Bahan kuah bubur:

  • 1500 ml santan 
  • 150 gr gula merah
  • 100 ml air
  • 2 lembar daun pandan
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya

2. Campurkan bahan tepung dengan air

Resep Bubur Baayak Khas Kalimantan Selatan, Kudapan BergiziIlustrasi mencampurkan adonan tepung (Pixabay.com/krzys16)

Langkah pertama, campurkan tepung terigu, tepung beras, dan air kapur sirih. Kemudian, tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata, lalu sisihkan.

3. Larutkan gula merah dan tambahkan santan

Resep Bubur Baayak Khas Kalimantan Selatan, Kudapan BergiziIlustrasi membuat kuah bubur baayak (Instagram.com/michimakitchen)

Selanjutnya, rebus gula merah dengan 100 ml air hingga larut, kemudian angkat dan saring. Masukkan santan dan daun pandan, lalu masak dengan api sedang hingga mendidih. Aduk kembali agar santan tidak pecah, lalu kecilkan api.

Baca Juga: 6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

4. Cetak adonan bubur seperti cendol

Resep Bubur Baayak Khas Kalimantan Selatan, Kudapan BergiziIlustrasi mencetak adonan bubur baayak (Instagram.com/michimakitchen)

Langkah berikutnya yaitu, siapkan cetakan cendol, kemudian ambil sesendok adonan bubur, lalu masukkan ke cetakan. Setelah itu, tekan-tekan adonan menggunakan punggung sendok, tepat di atas kuah bubur yang sedang dimasak. Lakukan sampai adonan bubur habis, lalu tambahkan gula pasir dan garam secukupnya.

5. Sajikan bubur baayak

Resep Bubur Baayak Khas Kalimantan Selatan, Kudapan BergiziFoto bubur baayak khas Kalimantan Selatan (Instagram.com/mamaadian_)

Setelah bubur matang, tidak bisa langsung dihidangkan, tetapi diamkan terlebih dahulu hingga kuahnya mengental. Setelah kuahnya mengental, bubur baayak pun siap untuk disajikan.

Nah, itulah resep cara membuat bubur baayak yang unik dan pastinya berbeda dengan bubur lainnya. Mudah, bukan? Yuk, buruan coba!

Baca Juga: 5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang 

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya