Comscore Tracker

Resep Nasi Subut Khas Kalimantan Utara, Sensasinya Manis dan Gurih!

#IDNTimesFood Cocok untuk semua orang!

Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki olahan nasi yang menjadi kuliner khas daerah tersebut.

Salah satunya adalah kuliner khas dari Kalimantan Utara, yaitu nasi subut. Nasi ini berbeda dengan nasi pada umumnya. Jika biasanya kita sering menjumpai nasi berwarna putih, maka nasi subut warnanya adalah ungu. 

Nasi subut terbuat dari bahan dasar yaitu jagung, nasi, dan ubi jalar ungu. Buat kamu yang berencana membuat nasi subut sebagai menu masakan di rumah, simak resep yang berikut ini.

1. Bahan-bahan untuk nasi subut

Resep Nasi Subut Khas Kalimantan Utara, Sensasinya Manis dan Gurih!ilustrasi beras untuk nasi subut (Instagram.com/berashsc)

Bahan-bahan:

  • 500 gram beras
  • 200 gram ubi ungu
  • 200 gram jagung manis pipilan
  • 500 ml liter air

2. Masak nasi hingga menjadi aron

Resep Nasi Subut Khas Kalimantan Utara, Sensasinya Manis dan Gurih!ilustrasi nasi yang dimasak aron (Instagram.com/rikautami19)

Langkah pertama yaitu siapkan beras sejumlah 500 gram atau kamu juga bisa menggunakan beras berkualitas, agar nasi subutnya lebih gurih. Kemudian cuci bersih beras, didihkan air, masukkan beras, dan masak beras hingga menjadi beras aron (setengah matang). 

3. Tambahkan ubi ungu dan jagung

Resep Nasi Subut Khas Kalimantan Utara, Sensasinya Manis dan Gurih!ubi jalar ungu (Instagram.com/kebonanmasuntung)

Selanjutnya, kupas ubi ungu dari kulitnya, kemudian potong-potong ubi ungu berbentuk dadu. Masukan potongan ubi ungu dan tambahkan jagung dalam beras aron.

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Kalimantan Timur, Jangan Lupa untuk Mencobanya!

4. Kukus hingga matang

Resep Nasi Subut Khas Kalimantan Utara, Sensasinya Manis dan Gurih!ilustrasi mengukus nasi subut (Instagram.com/precilianancy)

Setelah jagung dan ubi ungu ditambahkan, kemudian kukus beberapa menit hingga nasi, jagung, dan ubi ungu menjadi matang. Jika sudah matang, angkat lalu sisihkan. 

5. Sajikan nasi subut

Resep Nasi Subut Khas Kalimantan Utara, Sensasinya Manis dan Gurih!Foto nasi subut khas Kalimantan Utara (Instagram.com/novitrihastuti)

Untuk langkah terakhir, siapkan piring saji dan selembar daun pisang. Ambil nasi secukupnya dan cetak menggunakan tempurung kelapa. Letakan daun pisang di atas piring saji, kemudian letakan nasi di atasnya. Nasi subut pun siap dinikmati!

Sajian ini sangat cocok disantap dengan lauk sate ikan pari. Rasanya semakin menggoda selera makanmu. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Kesultanan di Kalimantan yang Masih Eksis Hingga Sekarang 

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya