Comscore Tracker

Resep Dadar Gulung Isi Vla Pisang, Kreasi Camilan yang Nikmat Abis!

Camilan enak untuk dinikmati saat santai

Dadar gulung merupakan makanan yang biasanya terbuat dari bahan isian seperti kelapa parut, atau kacang hijau. Namun, masih ada juga dadar gulung dengan isian yang lainnya, lho!

Seperti dadar gulung isi vla pisang ini misalnya. Cara membuat tidak jauh berbeda dengan dadar gulung lainnya, kok. Kamu penasaran seperti apa rasa serta cara membuatnya? Yuk, simak resep dadar gulung isi vla pisang selengkapnya di bawah ini!

1. Bahan-bahan yang digunakan 

Resep Dadar Gulung Isi Vla Pisang, Kreasi Camilan yang Nikmat Abis!ilustrasi pisang (pixabay.com/Alexas_Fotos)

Bahan utama:

  • 6 buah pisang matang
  • 1 sendok makan margarine

Bahan vla vanilla:

  • 1 sendok makan maizena
  • 1 sendok makan custard powder
  • 250 ml susu cair
  • 1 sendok teh pasta vanilla
  • 60 gram gula pasir

Bahan kulit dadar:

  • 125 gram tepung terigu
  • 1 sendok makan tepung tapioka
  • Sejumput garam
  • 1/2 sendok teh pasta vanilla
  • 300 ml air
  • Secukupnya pewarna makanan

2. Potong-potong pisang dan lelehkan margarin

Resep Dadar Gulung Isi Vla Pisang, Kreasi Camilan yang Nikmat Abis!ilustrasi memotong pisang (pixabay.com/cokolatetnica)

Langkah pertama siapkan semua bahan yang diperlukan. Kemudian kupas dan potong-potong pisangnya. Setelah itu lelehkan margarin, lalu masukkan pisang dan tumis hingga layu.

Berikutnya masukkan semua bahan ke dalam panci, kemudian aduk hingga tercampur rata. Setelah itu, masak sambil diaduk-aduk hingga mengental, lalu sisihkan.

Baca Juga: Resep Dadar Gulung, Jajanan Pasar yang Legit dan Manis

3. Campurkan semua bahan kulit dadar gulung 

Resep Dadar Gulung Isi Vla Pisang, Kreasi Camilan yang Nikmat Abis!ilustrasi mencampurkan bahan kulit dadar gulung (pixabay.com/Irina Taskova)

Untuk membuat bahan kulitnya, pertama siapkan panci, kemudian masukkan tepung terigu, tepung tapioka, dan garam. Aduk hingga merata, lalu tuangkan air sambil diaduk-aduk.

Selanjutnya beri beberapa tetes pewarna makanan hijau atau sesuai selera. Lalu aduk kembali hingga berubah warnanya.

4. Tuangkan adonan kulit ke dalam teflon 

Resep Dadar Gulung Isi Vla Pisang, Kreasi Camilan yang Nikmat Abis!ilustrasi membuat adonan kulit (pixabay.com/dobrinov)

Berikutnya panaskan teflon dengan api kecil, lalu olesi dengan sedikit minyak. Setelah itu, tuang 1 sendok sayur adonan, lalu ratakan dengan cara digoyang-goyang.

Setelah bagian pinggir adonan kering dan terangkat, berarti adonan kulit sudah matang. Selanjutnya angkat, lalu sisihkan pada piring, dan lakukan hingga adonan habis.

5. Beri bahan isian pada kulit, lipat, dan gulung

Resep Dadar Gulung Isi Vla Pisang, Kreasi Camilan yang Nikmat Abis!dadar gulung isi vla pisang (instagram.com/citra_haries)

Untuk langkah yang terakhir, siapkan 1 lembar kulit dadar, kemudian beri isian pisang ditengahnya, dan beri secukupnya vla. Setelah itu lipat bagian bawah, sisi kanan dan kirinya, kemudian gulung.

Setelah semua bahan selesai dibuat, kemudian ambil piring saji, lalu letakkan dadar gulung isi vla pisang diatasnya. Sajikan untuk teman ngobrol dikala bersantai bersama teman atau keluarga agar lebih nikmat, ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 9 Tips Membuat Kulit Dadar Gulung yang Gak Mudah Sobek

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

"Tugas manusia hanyalah berusaha, teruntuk hasilnya biarlah Tuhan yang menentukan"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya