Resep Kue Kui-Kui Khas Sulawesi Barat, Rasanya Lezat dan Nikmat

Gurih dan lezatnya bikin lidahmu terpikat #LokalIDN

Berkunjung ke suatu daerah, tak lengkap rasanya jika pulang tidak membawa oleh-oleh khasnya. Seperti jika kamu berkunjung ke Sulawesi Barat, kamu akan menjumpai kue khas yang bernama kue kui-kui.

Kue ini sekilas tampak mirip seperti kue pukis, namun bentuknya lebih panjang. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat kue kui-kui yaitu tepung terigu, gula, dan kelapa muda.

Nah buat kamu yang sudah penasaran dengan rasanya, yuk langsung saja simak resep kue kui-kui has Sulawesi Barat berikut ini. Selamat mencoba.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kue Kui-Kui Khas Sulawesi Barat, Rasanya Lezat dan Nikmatilustrasi bahan kue kui-kui (pixabay.com/Emilia_Baczynska)

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 250 gr kelapa muda
  • 100 gr gula
  • 1 butir kuning telur
  • 500 ml air
  • Garam secukupnya

2. Campurkan tepung terigu dengan kuning telur

Resep Kue Kui-Kui Khas Sulawesi Barat, Rasanya Lezat dan Nikmatilustrasi mencampurkan adonan (pixabay.com/congerdesign)

Pertama siapkan semua bahan. Kemudian campurkan tepung terigu dengan kuning telur, dan air. Tuangkan sedikit demi sedikit air, lalu aduk menggunakan mixer hingga adonan kental.

Baca Juga: Resep Bolu Paranggi Khas Sulawesi Barat, Rasanya Gurih Banget

3. Tambahkan gula dan garam, kemudian masukkan kelapa muda parut

Resep Kue Kui-Kui Khas Sulawesi Barat, Rasanya Lezat dan Nikmatilustrasi gula pasir (pixabay.com/955169)

Selanjutnya masukkan gula dan garam, lalu aduk hingga tercampur rata. Tambahkan kelapa muda yang telah diparut, kemudian aduk kembali hingga tercampur rata.

Jika dirasa terlalu kental, maka tambahkan sedikit air ke dalam adonan. Jangan terlalu encer agar adonan bisa mengembang dengan baik.

4. Cetakan adonan hingga matang

Resep Kue Kui-Kui Khas Sulawesi Barat, Rasanya Lezat dan Nikmatilustrasi mencetak adonan kue kui-kui atau kue bandros (instagram.com/sitinur1792)

Berikutnya panaskan cetakan. Lalu tuangkan adonan ke dalam cetakan. Setelah itu, tutup cetakan dan biarkan hingga adonan mengembang. Lalu jika sudah matang, angkat dan tiriskan.

5. Beri taburan gula pasir, kemudian sajikan selagi masih hangat

Resep Kue Kui-Kui Khas Sulawesi Barat, Rasanya Lezat dan Nikmatkue kui-kui khas Sulawesi Barat (instagram.com/siti_sonirah)

Terakhir, beri taburan gula pasir di atas kue. Lalu sajikan selagi masih hangat. Kue kui-kui khas Sulawesi Barat siap untuk disajikan.

Bagaimana, sangat mudah dan sederhana untuk membuatnya bukan? Kini kamu tak perlu bingung lagi untuk membuatnya. Cukup mengikuti resep di atas, kamu sudah bisa menikmati kelezatan dari kue kui-kui ini. Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Mamuju Sulawesi Barat, Ada yang Pernah Kamu Coba?

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

"Tugas manusia hanyalah berusaha, teruntuk hasilnya biarlah Tuhan yang menentukan"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya