Comscore Tracker

Resep Sambal Goreng Kasbi Khas Ternate, Rasa Pedasnya Bikin Segar

Cocok untuk dijadikan lauk makan siang #LokalIDN

Buat para pencinta makanan pedas, sambal merupakan hidangan wajib yang harus selalu ada setiap makan. Biasanya, sambal ditambahkan agar makanan yang disantap terasa lebih nikmat dan sedap.

Nah, buat kamu yang masih bingung mencari rekomendasi sambal, kali ini ada sajian sambal yang berasal dari Ternate bernama sambal goreng kasbi. Sambal ini sangat terkenal dan digemari oleh masyarakat karena cita rasanya yang khas.

Untuk membuatnya juga tidak sulit, kok. Berikut resep dan cara membuat sambal goreng kasbi yang bisa kamu coba di rumah.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Sambal Goreng Kasbi Khas Ternate, Rasa Pedasnya Bikin SegarIlustrasi bahan-bahan sambal goreng kasbi (Instagram.com/harysubastian)

Bahan-bahan:

  • Singkong goreng kering secukupnya
  • 1 ikat kacang panjang
  • Minyak goreng secukupnya
  • Penyedap rasa ayam secukupnya
  • Ketumbar bubuk secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya

Bahan bumbu:

  • 3 butir bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 5 cabai rawit
  • 4 cabai merah 
  • 1 lbr aun salam

2. Haluskan bahan-bahan

Resep Sambal Goreng Kasbi Khas Ternate, Rasa Pedasnya Bikin SegarIlustrasi menghaluskan bahan bumbu halus (Twitter.com/Devina Hermawan)

Langkah yang pertama adalah siapkan semua bahan. Kemudian masukkan ke dalam blender kecuali daun salam dan haluskan. Selanjutnya, beri sedikit air agar lebih mudah halus.

Baca Juga: Resep Sambal Rempah Kulit Sapi yang Empuk dan Nikmat, Wajib Coba!

3. Tumis bumbu halus

Resep Sambal Goreng Kasbi Khas Ternate, Rasa Pedasnya Bikin SegarIlustrasi menumis bumbu halus (Twitter.com/Devina Hermawan)

Berikutnya, tuangkan minyak dalam panci, lalu tumis bumbu halus bersama ketumbar bubuk hingga harum. Setelah itu, tunggu sampai airnya menyusut.

4. Tambahkan singkong goreng

Resep Sambal Goreng Kasbi Khas Ternate, Rasa Pedasnya Bikin SegarIlustrasi singkong goreng untuk campuran sambal (Twitter.com/arunika)

Selanjutnya, tambahkan penyedap rasa ayam, dan lada. Kemudian, masukkan singkong goreng dan kacang panjang, lalu oseng-oseng hingga tercampur merata.

5. Sajikan sambal goreng kasbi

Resep Sambal Goreng Kasbi Khas Ternate, Rasa Pedasnya Bikin SegarIlustrasi sambal goreng kasbi khas Ternate (Facebook.com/Septya Nataliya Syarif)

Setelah sambal matang, kemudian siapkan ayam paniki dan aneka gorengan untuk bahan pelengkap sambal goreng kasbi. Sambal goreng kasbi siap untuk disajikan.

Nah, itulah resep cara membuat sambal goreng kasbi yang bisa dijadikan untuk teman makanmu. Dijamin bikin nagih, deh. Selamat mencoba, ya.

Baca Juga: Resep Sambal Mangga Terasi, Cocok buat Pelengkap Segala Macam Lauk

Gilang Khuatul Akhmal Photo Verified Writer Gilang Khuatul Akhmal

IG: @gilang_ka24

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya