Comscore Tracker

5 Tips Memasak Pasta Carbonara Seenak Buatan Restoran, Mudah Dicoba!

Jangan lupa beri banyak parutan keju biar tambah nikmat!

Rasa creamy yang bercampur gurih dari keju membuat kenikmatan pasta carbonara susah ditolak. Meskipun identik dengan makanan barat yang berharga cukup mahal, pasta ini ternyata terbuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana lho. Bahkan kamu juga bisa memasak pasta carbonara seenak buatan restoran di rumah sendiri. 

Penasaran gimana caranya? Berikut tips memasak pasta carbonara yang wajib kamu catat!

1. Siapkan semua bahan-bahan penting yang diperlukan

5 Tips Memasak Pasta Carbonara Seenak Buatan Restoran, Mudah Dicoba!tastykitchen.com

Bahan-bahan penting yang harus disiapkan untuk memasak carbonara seenak buatan restoran cukup sederhana. Kamu bisa menggunakan jenis pasta sesuai selera, bacon atau kornet, bawang bombay, susu atau heavy cream, kuning telur, keju parmesan dan keju cheddar. Namun, jika kalian ingin memasukkan bahan pelengkap lain seperti jamur juga boleh ditambahkan guys.

2. Meracik saus sebelum memasak pasta

5 Tips Memasak Pasta Carbonara Seenak Buatan Restoran, Mudah Dicoba!rachelcooks.com

Kunci utama kenikmatan pasta carbonara ada di saus kentalnya. Saus ini yang akan membuat pasta terasa creamy. Sebelum mulai memasak yang lainnya, meracik saus adalah hal yang pertama kali harus dilakukan.

Kamu hanya perlu mencampurkan kuning telur dengan susu atau heavy cream yang bisa kamu pilih salah satu sesuai selera, lalu keju parmesan dan keju cheddar yang telah diparut. Kemudian aduk semuanya menjadi satu hingga tercampur rata.

Baca Juga: Bukan Pizza atau Pasta, Ini 6 Makanan Tradisional Kota Milan di Italia

3. Tumis bahan pelengkap hingga wangi

5 Tips Memasak Pasta Carbonara Seenak Buatan Restoran, Mudah Dicoba!kyleecooks.com

Setelah itu panaskan panci dengan air untuk merebus pasta. Untuk tumisannya usahakan panci anti lengket agar saus dan tumisan tidak lengket dan menempel. Dengan sedikit minyak, masukkan potongan bawang bombay dan bacon atau kornet yang bisa dipilih sesuai selera hingga harum. 

4. Masak pasta sebentar dengan bahan tumisan

5 Tips Memasak Pasta Carbonara Seenak Buatan Restoran, Mudah Dicoba!cookingwithdog.com

Ketika dua bahan tadi sudah matang, masukan pasta ke dalam panci tumisan dan masak sebentar agar bumbu meresap. Namun jangan terlalu lama karena bisa membuat pasta overcook dan terlalu lembek sehingga mengurangi kenikmatannya.

5. Matikan api sebelum menuangkan saus pasta

5 Tips Memasak Pasta Carbonara Seenak Buatan Restoran, Mudah Dicoba!zonacooks.com

Jangan menuangkan saus keju yang telah dibuat sebelumnya ketika memasak pasta, karena bisa merusak kekentalan saus itu sendiri. Sebelum mencampurkan saus dan pasta matikan api dan aduk saus bersama pasta selagi masih hangat. Ini yang akan menciptakan sensasi carbonara creamy yang bikin ketagihan. 

Memasak pasta seenak buatan restoran di rumah bukan hal yang mustahil kalau kamu coba mempraktikan tips-tips di atas tadi. Selamat mencoba guys!

Baca Juga: 5 Manfaat Air Rebusan Pasta yang Jarang Orang Tahu, Jangan Dibuang Ya!

alys Photo Community Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You