Comscore Tracker

6 Tahap Membuat Es Teh Manis dengan Rasa Terbaik

Semua takaran dan suhunya harus pas, guys!

Siapa tak kenal es teh, minuman yang tak asing lagi dan hampir selalu ada di rumah makan atau kafe. Sebagian orang sangat menyukainya, bahkan seakan menjadi minuman wajib setiap makan di rumah makan tertentu.

Rasanya pun memang nikmat dan segar, mampu menghilangkan stres serta melegakan pikiran siapa pun yang meminumnya. Namun, harus diakui pula tidak setiap racikan es teh manis begitu nikmat diminum oleh semua orang.

Berikut adalah beberapa tips tahapan membuat es teh manis dengan rasa yang paling mantap.

1. Siapkan bahan teh terbaik

6 Tahap Membuat Es Teh Manis dengan Rasa Terbaikpixabay/congerdesign

Es teh manis atau minuman teh terbaik mesti dimulai dengan teh berkualitas terbaik juga. Daun teh terbaik ini bisa didapatkan dalam bentuk bubuk teh, bisa juga teh kantong atau teh celup. Terserah mau pilih yang mana, sesuai selera. Intinya, pilihlah bahan teh yang paling segar dan kualitas yang terbaik yang bisa didapatkan.

2. Atur suhu teh sebaik mungkin

6 Tahap Membuat Es Teh Manis dengan Rasa Terbaikunsplash/kellysikkema

Es adalah komponen penting dalam membuat es teh. Namun, batu es yang kemudian bisa mencair ternyata dapat memudarkan rasa teh pada minuman es teh. Solusinya adalah membuat seduhan teh yang sangat padat dan kuat.

Bagaimana membuatnya kuat dan padat? Kuncinya adalah pada suhu dan takaran teh yang dimasak.

Suhu adalah bagian penting dalam menghadirkan rasa makanan atau minuman. Teh hangat membuat teh pada minuman teh lebih berasa nikmat karena suhu panas itu. Sementara minuman teh yang dibuat dengan air biasa saja (bukan air bersuhu panas) rasanya akan kurang, bila takaran tehnya sama dengan bila menggunakan air panas.

Oleh karena itu, bila ingin membuat es teh dengan rasa terbaik, seduhlah teh bertakaran lebih banyak dengan air panas (seperti dengan menambah jumlah teh kantong) agar ketika dicampur dengan es, rasa tehnya tidak memudar.

Baca Juga: 5 Langkah Gampang Bikin Es Kopi Susu Kekinian di Rumah

3. Mencelupkan kantong teh itu ada seninya!

6 Tahap Membuat Es Teh Manis dengan Rasa Terbaikpixabay/congerdesign

Jika menggunakan teh celup atau teh kantong, jangan mencelupkan kantongnya terlalu lama untuk satu kali pembuatan. Jika ingin menambah rasa teh agar lebih kuat, tambahkan kantong tehnya.

Jika menyeduh teh dengan air panas, celupkan sekitar 5-10 menit saja. Bisa menjadi pahit bila terlalu lama atau lebih dari itu. Kecuali untuk jenis teh tertentu.

Namun sebaliknya, jika menyeduh dengan bukan air panas (air dingin), semakin lama kantong teh dicelupkan, maka rasanya akan semakin kuat. Bahkan, untuk jenis teh tertentu pencelupan bisa dilakukan berjam-jam untuk larutan air dingin.

4. Gunakan pemanis alami

6 Tahap Membuat Es Teh Manis dengan Rasa Terbaikpixabay/422737

Ada beragam jenis pemanis yang bisa digunakan, dan ini sering jadi perdebatan mana yang lebih membuat es teh terasa nikmat.

Di antara rekomendasi pemanis yang bisa digunakan adalah gula alami, madu, dan juga sirup alami. Yang tidak disarankan adalah menggunakan pemanis buatan. Hal itu sebaiknya dihindari jika ingin membuat es teh dengan rasa terbaik.

5. Dinginkan seduhan teh dengan tepat

6 Tahap Membuat Es Teh Manis dengan Rasa Terbaikpixabay/Myriams-Fotos

Jika ingin menyimpan atau mendinginkan seduhan teh yang telah dibuat, tidak disarankan mendinginkannya langsung di dalam lemari es karena kualitas seduhannya akan berkurang, yaitu menjadi gelap. Dinginkanlah terlebih dahulu di ruangan yang sejuk sebelum dimasukkan ke lemari es.

Namun jika sudah terlanjur masuk ke lemari es, tambahkanlah air panas pada larutan itu untuk mengembalikan kualitasnya.

6. Sajikan dengan gelas kaca

6 Tahap Membuat Es Teh Manis dengan Rasa Terbaikpixabay/pexels

Biasakan menyajikan es teh dengan wadah atau gelas kaca, untuk menghindari reaksi tertentu pada wadah tersebut. Terutama, ketika menyeduh teh dengan air panas, agar gelas kaca itu tidak meleleh, dan mengeluarkan zat yang tidak baik bagi tubuh.

Selain itu, gelas kaca juga menambah estetika penyajian, sehingga lebih nikmat. Apa lagi jika ditambah sentuhan sepotong buah lemon atau buah beri.

Nah, itulah tahapan membuat es teh biar nikmatnya terasa sampai ubun-ubun. Yuk, cobain di rumah!

Baca Juga: Bikin Segar, 7 Resep Membuat Es Pop dari Bahan Buah-buahan

Afif Permana Photo Community Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You