Comscore Tracker

5 Kesalahan Umum Saat Membuat Roti, Kualitasnya Bisa Menurun Lho!

Membuat roti itu ada seninya

Roti, makanan yang satu ini pasti udah gak asing lagi buat kamu, meski roti bukan makanan pokok orang Indonesia, tapi roti bisa kita temui dengan begitu mudah dan harganya terjangkau pula. Rasanya yang enak dan khas, menjadikan roti sering dijadikan opsi untuk sarapan oleh sebagian orang.

Untuk membuat roti dengan kualitas terbaik, setidaknya kamu memerlukan bahan-bahan yang terbaik pula dan sebuah pengalaman. Membuat roti yang baik itu tidak semudah yang kamu bayangkan. Perlu latihan keras sehingga kamu tahu, hal-hal apa saja yang bisa mengurangi kualitas rotimu. Yuk simak, berikut adalah 5 kekeliruan yang harus dihindari ketika kamu membuat roti!

1. Memberi ragi terlalu banyak akan membuat pori-pori roti besar dan aromanya akan seperti tape

5 Kesalahan Umum Saat Membuat Roti, Kualitasnya Bisa Menurun Lho!Unsplash.com/Victor Rodríguez Iglesias

Terkadang saat pertama kali membuat roti, kita berpikir bahwa memberikan ragi yang banyak akan membuat roti bagus, mengembang, dan empuk. Ternyata ide seperti itu salah, ragi itu mikroorganisme yang membantu untuk memfermentasi makanan sehingga tak heran jika ragi yang terlalu banyak akan membuat aroma rotimu seperti aroma tape. Aroma roti yang manis meski dicium dari kejauhan akan hilang, jika kamu memberi ragi terlalu banyak.

Di sisi lain, ragi juga menghasilkan gas agar roti memiliki pori-pori, tapi jika memberikan ragi terlalu banyak akan membuat bagian dalam roti berpori-pori besar dan teksturnya akan seperti roti gandum, kasar.

2. Roti akan menjadi keras dan padat bila adonan diberi tepung saat mengaliskan

5 Kesalahan Umum Saat Membuat Roti, Kualitasnya Bisa Menurun Lho!Unsplash.com/Nadya Spetnitskaya

Ketika kamu membuat adonan roti pertamamu, biasanya kamu merasa cemas saat adonannya tidak kalis-kalis dan lengket. Apakah perasaan yang sama terjadi juga padamu?

Ingat! Kamu jangan pernah sekali-kali menambahkan terigu untuk mengaliskan adonan dan membuatnya tidak lengket, hal ini justru akan membuat rotimu menjadi padat dan keras ketika sudah matang. Tetap sabar mengaduk adonan sampai kalis, bisa dengan cara membanting dan memukul-mukul adonan untuk mempercepat proses pengalisan.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik tentang Roti, Olahan Mengenyangkan Favorit Dunia

3. Mentega yang melebihi takaran akan membuat tekstur roti kering

5 Kesalahan Umum Saat Membuat Roti, Kualitasnya Bisa Menurun Lho!Unsplash.com/Andrew Wong

Kita selalu mencari akal agar adonan roti bisa cepat kalis, mulai dengan menambahkan tepung terigu sampai menambah takaran mentega. Perasaan tidak sabar itulah yang justru akan membuat kualitas rotimu tidak sempurna karena membuat roti itu membutuhkan kesabaran.

Perlu kamu tahu, bahwa memberikan mentega terlalu banyak akan membuat rotimu kering, terlebih ketika kamu membuat roti tawar, bisa jadi lapisan luarnya sangat garing seperti keripik. Hindari hal ini, jika kamu tidak ingin mendapati rotimu bertekstur garing.

4. Jangan mengocok telur yang akan dioleskan di atas roti sampai berbusa, itu akan membuat warna dan aromanya tidak sempurna

5 Kesalahan Umum Saat Membuat Roti, Kualitasnya Bisa Menurun Lho!Unsplash.com/Mae Mu

Kita selalu berpikir bahwa mengocok telur sampai berbusa itu agar telur tidak anyir atau amis. Memang anggapan tersebut ada benarnya, tapi tidak berlaku bagi telur yang akan digunakan untuk mengolesi roti.

Kita mengolesi permukaan roti dengan telur dengan harapan agar aroma rotinya sedap dan warnanya menggairahkan, tapi hal itu tidak akan terjadi apabila kamu mengolesinya dengan telur yang dikocok lepas. Memperhatikan hal kecil sangat penting, terlebih jika kamu ingin menjual roti tersebut.

5. Memasukkan roti ke dalam oven yang belum panas akan membuat lapisan luar nampak matang, tapi dalamnya masih mentah

5 Kesalahan Umum Saat Membuat Roti, Kualitasnya Bisa Menurun Lho!Unsplash.com/Joe Pregadio

Seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya, ketidaksabaran akan mengurangi kualitas dari rotimu. Biasanya, setelah adonan selesai, kita langsung memasukkan roti ke dalam oven tanpa mengecek temperatur oven tersebut, apakah sudah panas atau belum.

Memperhatikan temperatur oven itu penting karena jika kamu memasukan roti saat oven belum panas sempurna, maka siap-siap rotimu nampak matang dari luar tapi dalamnya masih mentah. Tentunya ini akan mengurangi cita rasa roti buatanmu.

Membuat roti itu perlu kesabaran dan untuk menciptakan roti dengan kualitas terbaik, kamu perlu melibatkan hati ketika membuatnya. Dalam dunia baking, pengalaman adalah kunci kesuksesan produk buatanmu, jadi jangan pernah berhenti berlatih dan jangan cepat puas.

Nah, diingat-ingat ya kelima tips di atas kalau kamu akan membuat roti. Semoga berhasil!

Baca Juga: Mengenal Jenis Ragi untuk Membuat Roti, Cek biar Gak Salah Penggunaan

Ahmad Rifa'i Yusuf N Photo Community Writer Ahmad Rifa'i Yusuf N

Puisi itu suara rampak yang punya dunianya sendiri untuk diselami lebih dalam - Mahasiswa. Ig: @ahmadrifaiy9

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You