Comscore Tracker

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!

Dari bentuk cincin hingga kerang, semuanya bikin ngiler!

Pasta biasa kita jumpai di masakan-masakan Italia. Makanan ini adalah olahan dari tepung terigu, telur, garam, dan juga olive oil yang dijadikan adonan dengan berbagai macam bentuk lalu direbus dan dihidangkan dengan berbagai macam saus di atasnya.

Di Indonesia, beberapa bentuk pasta yang sering ditemui adalah spageti, fusili, makaroni dan, lasagna. Padahal selain yang biasa ditemui, ada banyak sekali macam-macam pasta yang ada di berbagai belahan dunia.

Bagaimana saja bentuk pasta yang unik tersebut? Yuk simak artikel di bawah ini!

1. Paccheri

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!canalcocina.es

Paccheri ini adalah pasta dengan bentuk tabung dan berbentuk lumayan besar. Biasanya dalam hidangan yang melibatkan pasta ini, saus tidak hanya di atas paccheri saja, namun saus tersebut akan ada dalam setiap tabung dari paccheri ini.

Makanan yang biasanya memakai pasta jenis paccheri ini adalah Paccheri with Neapolitan Beef SaucePaccheri with Sausage,  dan Pacchieri with prawns.

2. Ravioli

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!selfproclaimedfoodie.com

Mungkin beberapa dari kita pernah mendengar kata ravioli ini. Ternyata ravioli adalah salah satu jenis dari pasta. Ravioli ini berbentuk persegi dan terdapat isian dalam adonan tipisnya tersebut. Biasanya isian dari ravioli diisi dengan daging.

Beberapa hidangan yang biasanya memakai ravioli adalah Meet and Cheese Ravioli dan Spinach and Ricotta Ravioli.

3. Anelli

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!garrubbo.com

Kali ini ada pasta yang bernama Anelli. Nama Anelli ini diambil dari bahasa Italia yang artinya cincin dan memang pasta ini berbentuk lingkaran kecil seperti cincin. Bentuk pasta ini memang berbeda dari pasta lainnya karena bentuknya yang kecil dan tipis.

Hidangan yang memakai pasta berbentuk Anelli adalah Anelletti al Forno dan Anelli with Sausage and Greens.

4. Fideo

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!cocinafacil.com.mx

Fideo adalah pasta yang yang mirip dengan spageti namun lebih tipis yang membuat pasta ini mirip seperti bihun tetapi lebih pendek ukurannya. Pasta ini biasanya sering dihidangkan dengan sup dibandingkan dengan saus seperti pasta-pasta lainnya.

Fideo biasanya dibuat masakan seperti Sopa de Fideo.

5. Cavatelli

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!blueapron.com

Pasta Cavatelli bisa dibilang sebagai 'pasta original' karena pasta ini adalah bentuk awal dari pasta. Bentuk dari pasta ini begitu sederhana. Cavatelli biasanya dihidangkan dengan saus krim ataupun daging.

Pasta ini biasanya dibuat menjadi hidangan seperti Cavatelli with Sauteed and Brocoli dan juga Cavatelli with Romaine and Orange Salad.

Baca Juga: 5 Tips Memasak Pasta Carbonara Seenak Buatan Restoran, Mudah Dicoba!

6. Gemelli

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!finecooking.com

Bentuk dari pasta gemelli ini mungkin mengingatkan kita akan bentuk dari fusilli. Namun, bentuk dari gemelli ini lebih tipis dan lebih kecil jika dibandingkan dengan fusilli. Pasta ini biasanya dihidangkan dengan saus krim dan sayuran untuk pelengkapnya.

Masakan yang memakai gemelli sebagai pasta adalah Creamy Cheese with Brocolli Gemelli dan Gemelli with Asparagus and Caramelized Onion.

7. Orecchiette

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!foodchannel.com

Bentuk orecchiette memang begitu unik karena bentuk pasta ini seperti cangkang kerang. Orecchiette ini tidak terlalu fleksibel seperti pasta lainnya yang bisa dipakai berbagai macam saus sebab pasta ini lebih cocok dihidangkan bersama brokoli.

Hidangan yang memakai pasta orecchiette adalah Orecchiette della Nona dan Orecchiette with Broccoli Rabe.

8. Campanelle

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!marthastewart.com

Bentuknya yang terdiri dari gabungan cangkang, tabung, dan juga agak spiral ini membuat pasta campanelle begitu unik. Campanelle juga cocok dimasak dengan saus apapun sehingga membuat pasta ini menjadi favorit banyak orang.

Campanelle ini biasanya dibuat hidangan seperti Campanelle with Walnuts Ricotta and Lemon dan Campanelle with Fresh Puttanesca.

9. Cavatappi

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!pillsbury.com

Cavatappi adalah pasta yang berbentuk gabungan dari tabung dan spiral yang juga berukuran cukup besar. Pasta ini cocok dihidangkan dengan saus yang berminyak. Bentuknya yang seperti ini membuat orang-orang keliru dengan makaroni.

Pasta ini biasanya dijadikan hidangan seperti Cavatappi and Creamy Tomato Sauce dan Pesto Cavatappi.

10. Mafaldine

10 Pasta Unik yang Jarang di Indonesia, Ada yang Berbentuk Cincin!marthastewart.com

Pasta mafaldine biasa disebut dengan pasta 'Little Queen' ini banyak digemari orang-orang dan biasanya dipakai dalam mukbang oleh para YouTubers karena bentuknya yang cukup besar namun tipis. Mafaldine cocok dihidangkan dengan saus apapun.

Pasta Mafaldine ini biasanya dibuat menjadi hidangan seperti Mafaldine with Sausage and Roasted Peppers dan Mafaldine and Cherry Tomatoes.

Dari daftar pasta di atas, mana nih yang sudah pernah kamu cobain?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Restoran Khas Italia di Jakarta, Wajib Coba Nih!

Ahsan Nurrijal Photo Community Writer Ahsan Nurrijal

Writer from Universitas Padjadjaran, IG: ahsan_nurrijal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You