Comscore Tracker

4 Kesalahan yang Bikin Kue Lebaranmu Gagal Enak

Penyebabnya bukan cuma karena salah resep lho

Membuat kue lebaran sendiri di rumah bisa menjadi kepuasan tersendiri. Selain terjamin kebersihannya, rasanya juga bisa kamu atur sesuai yang diinginkan. Apalagi saat ini sudah banyak resep yang bisa kamu terapkan dari berbagai sumber. 

Meski sudah mengikuti instruksi di resep, adakalanya hasilnya tak sesuai ekspektasi. Tekstur keras, mudah rapuh, hingga rasa merupakan beberapa masalah yang dikhawatirkan.

Ternyata bukan hanya berdasarkan resep, kesalahan dalam membuat kue ini juga bisa menyebabkan adonan kuemu gagal. Apa saja?

1. Asal pilih tepung

4 Kesalahan yang Bikin Kue Lebaranmu Gagal EnakPxabay.com/oldmermaid

Bahan adonan punya peranan utama dalam menentukan rasa kue. Jangan asal pilih tepung, pilihlah tepung premium yang kualitasnya sudah terjamin. Kadar takarnya juga harus diperhatikan.

Jika hanya mengandalkan ukuran tertentu, contohnya seperti gelas ataupun mangkuk makan hasil takarannya pun berbeda. Lebih baik pilih timbangan digital yang khusus digunakan untuk membuat kue. 

2. Kecepatan mengocok

4 Kesalahan yang Bikin Kue Lebaranmu Gagal Enakjosephjoseph.com

Cepat dalam mengocok adonan bukan jaminan akan menghasilkan adonan yang baik. Terlalu lama proses pengocokkan justru bisa mengaktifkan gluten tepung yang membuat tekstur kue menjadi kenyal dan tidak renyah. Sebaliknya, jika terlalu lambat adonan kue nantinya tidak akan matang secara merata. Waktu pengocokkan yang tepat yakni sekitar tiga menit. 

Baca Juga: Bikin Kue Lebaran Lezat, Ini 5 Tanda Adonan Kue Telah Kalis!

3. Pemanasan oven belum maksimal

4 Kesalahan yang Bikin Kue Lebaranmu Gagal Enakgenekeyes.com

Sebelum memulai proses oven, pastikan jika oven sudah dalam keadaan panas yang stabil. Meski tak ada aturan yang tertulis, namun memanaskan oven terlebih dahulu bisa membuat tekstur kue rata. Memasukkan adonan kue dalam keadaan oven yang baru diatur suhunya hanya akan membuat kue kamu lebih cepat hangus dari waktu yang diperkirakan.

4. Membuka oven

4 Kesalahan yang Bikin Kue Lebaranmu Gagal Enaknewsday.com

Karena diliputi oleh rasa penasaran, keinginan untuk membuka oven selalu dirasakan oleh setiap orang. Meski terkesan sepele, tindakan ini bisa menyebabkan kue kamu teksturnya lebih keras ketika sudah matang. Udara yang masuk ketika kamu membuka oven berpengaruh pada tekstur. Jangan heran jika kuemu tak lagi renyah, ya!

Itu dia empat kesalahan yang bisa membuat adonan kue lebaran kamu gagal enak. Yuk hindari agar kue buatanmu memiliki rasa yang enak.

Baca Juga: 8 Kue Kering Khas Berbagai Negara Ini Cocok Buat Sajian Lebaran

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You