Comscore Tracker

5 Trik Sukses Menggoreng dengan Minyak Terbatas, Cocok buat Anak Kos!

Hasilnya tetap berkualitas

Menggoreng merupakan salah satu teknik masak yang mudah dan hampir semua orang bisa melakukannya. Untuk menghasilkan gorangan yang renyah, diperlukan minyak yang banyak agar makanan terendam sempurna saat dimasak. 

Keadaan tertentu membuat kamu harus menggoreng dengan minyak yang terbatas. Agar hasil gorenganmu tetap enak, kamu perlu menerapkan trik berikut ini!

1. Pakai wajan teflon

5 Trik Sukses Menggoreng dengan Minyak Terbatas, Cocok buat Anak Kos!greatbritishchefs.com

Saat minyak yang gunakan terbatas, hindari memakai wajan dari bahan logam, melainkan dari bahan teflon. Peralatan memasak teflon di desain khusus sehingga punya sifat anti lengket yang tak dimiliki oleh peralatan masak lainnya. Meski minyak goreng yang digunakan sedikit, teflon bisa mematangkan makanan secara sempurna. Gunakan spatula yang khusus untuk teflon agar tak mudah tergores.

2. Menumis

5 Trik Sukses Menggoreng dengan Minyak Terbatas, Cocok buat Anak Kos!coop.co.uk

Teknis masak dengan menumis merupakan teknik yang cerdik untuk menghasilkan masakan yang matang sempurna. Kamu hanya perlu memotong sayuran yang akan dimasak dengan potongan kecil agar proses matangnya lebih cepat. Hanya membutuhkan waktu paling lama 15 menit, kamu sudah bisa menghasilkan tumisan tanpa perlu menggunakan minyak goreng lebih banyak. 

3. Rebus bahan terlebih dahulu

5 Trik Sukses Menggoreng dengan Minyak Terbatas, Cocok buat Anak Kos!Shutterstock.com/JillWT

Beberapa bahan makanan ada yang tergolong membutuhkan waktu yang lama serta minyak yang banyak untuk menggoreng. Seperti kacang yang membutuhkan minyak yang lumayan banyak agar matang. Nah, kamu bisa merebus kacang terlebih dahulu hingga matang, kemudian baru digoreng. Merebus terlebih dahulu berfungsi untuk melunakkan bahan agar proses menggorengnya lebih cepat

Baca Juga: 6 Tips Agar Minyak Gak Meletup Saat Menggoreng

4. Hindari tepung

5 Trik Sukses Menggoreng dengan Minyak Terbatas, Cocok buat Anak Kos!lifesambrosia.com

Salah satu penghambat bahan makanan yang digoreng lebih lama matang ialah karena tepung. Lapisan tepung yang dibalutkan pada makanan membuat bahan utama lebih sulit menyerap minyak secara sempurna. Misalkan, kamu akan menggoreng tempe maupun ayam, usahakan digoreng langsung ya tanpa harus dibalus dengan tepung.

5. Prioritaskan bahan makanan

5 Trik Sukses Menggoreng dengan Minyak Terbatas, Cocok buat Anak Kos!nytimes.com

Umumnya memasak tak hanya satu atau dua saja yag dbutuhkan untuk digoreng. Kamu harus menyiasati hal ini dengan bijak. Utamakan yang dibutuhkan terlebih dahulu, misalkan, kamu akan membuat nasi goreng dengan ayam goreng. Masaklah ayam yang butuh minyak lebih banyak. Selanjutnya bisa menggoreng nasi dengan minyak goreng lebih sedikit. 

Trik di atas bisa kamu lakukan ketika hanya punya minyak goreng terbatas namun ingin tetap menghasilkan makanan yang lezat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Gak Celup-Angkat, Ini 5 Teknik Menggoreng Agar Skill Masak Naik Level

Akbar Photo Community Writer Akbar

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You