Comscore Tracker

Kian Sulit Ditemukan, 5 Tips Mudah Bikin Kue Pancong Sendiri di Rumah

Rasa gurih santan dan legitnya adonan selalu bikin ketagihan

Keberadaan jajanan tradisional kini semakin sulit ditemukan. Meskipun berasal dari ibu kota, pancong yang menjadi kue khas masyarakat Betawi ini kian langka. Padahal perpaduan rasa gurih dan legitnya tepung beras dalam adonan pancong selalu sukses bikin ketagihan. 

Nostalgia dengan jajanan tradisional, kamu bisa membuat pancong sendiri lho. Berikut 5 tips mudah bikin kue pancong sendiri di rumah!

1. Gunakan santan kental yang masih segar

Kian Sulit Ditemukan, 5 Tips Mudah Bikin Kue Pancong Sendiri di Rumahfifteenspatulas.com

Kue pancong punya cita rasa gurih khas kelapa yang membuatnya terasa nikmat. Jadi saat membuat kue pancong sendiri di rumah, kelapa yang digunakan harus yang segar agar santan yang dihasilkan lebih gurih. Hindari menggantinya dengan santan instan karena akan sangat berpengaruh pada cita rasanya. 

2. Tidak perlu telur sebagai bahan tambahan

Kian Sulit Ditemukan, 5 Tips Mudah Bikin Kue Pancong Sendiri di Rumahchefsteps.com

Ada banyak resep yang tersebar dan memiliki komposisi bahan yang berbeda-beda. Salah satu komposisi yang sebenarnya tidak perlu ditambahkan adalah telur. Meskipun telur diklaim sebagai pengikat adonan, tapi perpaduan air dan tepung beras sudah cukup membuat adonan yang sempurna.  

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Spesial Tanpa Telur, Tetap Gurih & Ngeprul

3. Jangan beri gula pada adonan cair

Kian Sulit Ditemukan, 5 Tips Mudah Bikin Kue Pancong Sendiri di Rumahhomecookingmemories.com

Memasukkan gula ke dalam adonan basah bisa menciptakan rasa pahit karena butiran gula akan menjadi karamel dan gosong di sekitar permukaan kue. Jika ingin menambah rasa sebaiknya gunakan saja parutan kelapa ke dalam adonan basah. 

4. Oleskan mentega pada cetakan kue sebelum digunakan

Kian Sulit Ditemukan, 5 Tips Mudah Bikin Kue Pancong Sendiri di Rumahinstagram.com/nanaculinary

Ada dua jenis olesan yang bisa kamu gunakan untuk mencegah adonan lengket di cetakan yaitu minyak atau mentega. Minyak bisa membuat adonan menjadi terlalu mengilap dan kurang sedap karena meninggalkan sisa di tenggorokan. Berbeda halnya jika kamu menggunakan mentega karena rasa kue pancong justru akan semakin gurih.

5. Masak hingga tekstur kering dengan warna cokelat keemasan

Kian Sulit Ditemukan, 5 Tips Mudah Bikin Kue Pancong Sendiri di Rumahinstagram.com/felixjshf

Karena kue pancong mengandung santan dan parutan kelapa, adonan sebaiknya disajikan dengan tingkat kematangan yang sempurna. Jika tidak rasanya akan kurang maksimal dan terlalu lembek. Masak kurang lebih 5-7 menit dan saat keadaan setengah matang beri taburan gula pasir di atasnya. 

Cara bikin kue pancong jadi mudah banget kalau kamu mengikuti tips-tips di atas tadi. Kalau mau berkreasi kamu boleh banget lho menambahkan perasa cokelat, pandan, atau varian lain sesuai selera. 

Baca Juga: 5 Resep Kue Goreng Renyah dari Tepung, Bikin Gak Berhenti Ngunyah

Alee Shaby Photo Community Writer Alee Shaby

to moon and back.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You