Comscore Tracker

Resep Yogurt Souffle, Kudapan Nikmat yang Penuh Gizi

Teksturnya lembut banget! 

Souffle adalah hidangan khas Perancis yang cukup terkenal. Kue ini sangat lazim disajikan sebagai makanan penutup (dessert). Souffle sebenarnya ada banyak ragam dan bentuknya. Salah satunya adalah yogurt souffle.

Terbuat dari yoghurt (khususnya greek yogurt), membuat yogurt souffle memiliki nilai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, teksturnya yang lembut juga menjadi daya tarik kue ini. Belum lagi perpaduan lemon dan vanili yang begitu nikmat saat berada di mulut.

Semakin penasaran dengan dengan yogurt souffle? Berikut resep selengkapnya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Yogurt Souffle, Kudapan Nikmat yang Penuh Gizinewenglanddairy.com

Bahan-bahan:

  • 4 buah telur ukuran besar
  • ½ cangkir gula
  • 1 cangkir greek yogurt
  • 1 sdt esensi vanila
  • 1 sdt jus lemon
  • ½ cangkir susu hangat
  • 4 sdm tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm tepung jagung

2. Buat adonan yogurt souffle cake

Resep Yogurt Souffle, Kudapan Nikmat yang Penuh Giziyoutube.com/Spice Bangla

Dalam mangkuk besar, masukkan empat telur ukuran besar. Pisahkan kuning telur dari putihnya. Tambahkan ½ cangkir gula pasir ke dalam kuning telur dan kocok hingga gula larut dan campuran menjadi kental.

Tambahkan secangkir greek yoghurt dalam campuran kuning telur dengan satu sendok teh esensi vanila serta satu sendok teh jus lemon. Kocok hingga merata untuk menghilangkan gumpalan dalam campuran kuning telur.

Baca Juga: Anti Gagal, Ini 5 Tips Membuat Japanese Pancake Souffle yang Lembut 

3. Tambahkan beberapa bahan lainnya

Resep Yogurt Souffle, Kudapan Nikmat yang Penuh Giziyoutube.com/Spice Bangla

Tambahkan ½ cangkir susu murni hangat ke dalamnya dan aduk rata. Lalu ambil empat sendok makan tepung serbaguna dan dua sendok makan tepung jagung. Saring ke dalam campuran kuning telur dan aduk rata.

Langkah selanjutnya, kocok putih telur hingga berbusa. Tambahkan putih telur dalam adonan kuning telur dalam dua porsi. Lipat putih telur dengan lembut ke dalam campuran kuning telur. Aduk adonan dengan lembut karena pengadukan yang berlebihan dapat merusak kue.

4. Panggang adonan sampai matang

Resep Yogurt Souffle, Kudapan Nikmat yang Penuh Giziyoutube.com/Spice Bangla

Ambil loyang khusus kue dan lapisi loyang bagian dalam dengan kertas roti. Setelah itu tuang adonan ke dalamnya. Siapkan dua lembar aluminium foil, lalu selimuti bagian bawah loyang kue dengan lembaran tersebut.

Tempatkan loyang di atas baki. Lalu tuangkan air panas secukupnya ke dalam baki. Lembaran foil menciptakan penghalang air untuk dimasukkan ke dalam adonan kue.

Sebelumnya, panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 170 derajat celsius selama setengah jam. Kemudian panggang adonan dalam oven selama 40 hingga 45 menit.

5. Tabur gula bubuk di atasnya, lalu hidangkan

Resep Yogurt Souffle, Kudapan Nikmat yang Penuh Giziyoutube.com/Spice Bangla

Setelah kue benar-benar matang, matikan oven dan biarkan kue di dalam oven selama 30 menit dengan membiarkan pintu oven sedikit terbuka. Lalu keluarkan kue dari oven dan diamkan kembali selama satu jam agar dingin.

Buka cetakan kuenya serta jangan lupa tabur gula bubuk di atasnya untuk mempercantik penampilan kue. 

Itulah resep lengkap dari yogurt souffle. Selain cocok dikonsumsi sebagai dessert, kue ini cocok juga dihidangkan saat acara kumpul-kumpul keluarga. Bisa juga jadi teman minum kopi atau teh.

Baca Juga: 5 Ragam Olahan Souffle Lembut dan Lezat, Mengembang Sempurna!

bocah bandung99 Photo Verified Writer bocah bandung99

I will write an amazing researched article

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya