Comscore Tracker

Resep Oseng Oncom Cabai Hijau Kemangi, Praktis dan Nikmat!

Bisa jadi ide menu makan siang yang nikmat, nih!

Ide olahan makanan berbahan dasar oncom menjadi salah satu menu yang mungkin bisa kamu coba saat di rumah. Selain harganya murah, oncom juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Oncom sendiri adalah bahan masakan yang terbuat dari ampas tahu yang difermentasi mirip seperti tempe. Oncom biasanya dibuat menjadi combro, tumis oncom, dan berbagai olahan lainnya.

Sajian masakan oncom semakin lezat saat diolah bersama cabai dan disantap dengan nasi hangat. Untuk itu, berikut adalah resep untuk membuat oseng oncom cabai hijau dengan daun kemangi. Cara membuatnya mudah lho, yuk simak!

1. Memilih oncom yang baik

Resep Oseng Oncom Cabai Hijau Kemangi, Praktis dan Nikmat!Ilustrasi oncom (Instagram.com/silp3h)

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat akan memilih atau membeli oncom yaitu pilihlah oncom yang masih segar. Oncom yang masih segar memiliki ciri-ciri yang bisa kamu lihat dari tekstur oncomnya yang rapat dan tidak memiliki terlalu banyak jamur di permukaannya.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui dengan mencium aromanya. Oncom yang segar akan mengeluarkan aroma segar khas dari kacang kedelai. Jika kamu mendapati oncom yang sudah lembap maupun berbau asam, maka jangan dipilih. Hal itu menunjukkan bahwa oncom tersebut sudah tidak segar.

2. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Oseng Oncom Cabai Hijau Kemangi, Praktis dan Nikmat!Bahan-bahan yang dibutuhkan (Instagram.com/dniccake)

Bahan-bahan:

  • 250 gram oncom;
  • 100 gram leunca;
  • 75 gram cabai hijau;
  • 1 buah tomat hijau;
  • 4 siung bawang putih;
  • 4 butir bawang merah;
  • 1 cm jahe, iris tipis;
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya lalu iris serong;
  • 1 sdt garam;
  • 1/2 sdt gula pasir;
  • 100 ml santan kental (siap pakai);
  • 3 tangkai daun kemangi, petik daunnya;
  • 2 sdm minyak untuk menumis.

Baca Juga: Resep Sayur Oncom Tauge, Mirip Buatan Mama, nih!

3.  Potong dan cincang bahan

Resep Oseng Oncom Cabai Hijau Kemangi, Praktis dan Nikmat!ilustrasi memotong bahan makanan (pexels.com/ ShotPot)

Untuk bumbu:

Setelah semua bahan sudah siap, cuci bersih daun kemangi dan leunca dengan air mengalir, lalu tiriskan. Selanjutnya untuk membuat bumbu osengnya kamu bisa mengupas kulit bawang putih dan bawang merah terlebih dahulu, lalu potong dan cincang halus. Setelah itu siapkan cabai dan tomat lalu potonglah bulat kecil untuk cabai, dan potong dadu kecil untuk tomatnya. 

Untuk oncom:

Sedangkan untuk oncomnya sendiri, kamu bisa memotongnya sebesar dadu atau bisa juga dengan meremas oncom hingga dagingnya remuk kasar. Kamu bisa menggunakan tangan ataupun sendok. Hal ini bertujuan supaya tekstur oncom sama bisa sama rata dan bumbunya bisa meresap ke dalam.

4. Tumis dan masak semua bumbu

Resep Oseng Oncom Cabai Hijau Kemangi, Praktis dan Nikmat!Ilustrasi menumis bumbu (pixabay.com/pexels)

Setelah semua bahan di cincang, siapkan wajan lalu panaskan minyak terlebih dahulu di atas api sedang. Lalu masukkan bawang merah, bawang putih, jahe, serai, tumis hingga harum.

Setelah itu, masukkan oncom, leunca, cabai hijau, tomat, aduk rata dan berubah warna menjadi layu. Masukkan santan, garam, dan gula pasir. Tunggu hingga bumbu meresap. 

5. Angkat lalu sajikan dengan nasi hangat

Resep Oseng Oncom Cabai Hijau Kemangi, Praktis dan Nikmat!Ilustrasi oseng oncom cabai hijau dengan daun kemangi (Instagram.com/yoanitasavit)

Saat dirasa bumbu sudah cukup meresap, kamu bisa menambahkan daun kemangi ke dalamnya. Kemudian aduk sebentar hingga daun layu. Setelah oseng oncom cabai hijau matang, matikan kompor dan tunggu sejenak. Susun rapi oseng oncom cabai hijau di atas piring. Kamu bisa menambahkan dengan nasi hangat agar lebih nikmat dan mngenyangkan.

Nah, bagaimana mudah bukan? Kamu bisa membuat olahan yang satu ini menjadi lauk makan siang yang nikmat. Selain mengenyangkan, olahan oseng oncom cabai hijau dengan daun kemangi ini juga menyehatkan, lho. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Lauk Pendamping Nasi Tutug Oncom, Nikmatnya Menggoyang Lidah

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya