Comscore Tracker

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat Lebaran

Sama nagihnya kaya nastar, lho!

Lebaran identik dengan kue-kue kering yang selalu jadi sajian di setiap rumah. Namun, kamu bisa berinovasi dengan menyajikan snack homemade yang tidak biasa disajikan saat lebaran agar ada variasi dan suasana baru. Selain unik, homemade snack ini dijamin lebih memuaskan karena kamu bisa menyesuaikan kuantitasnya dengan tamu yang ingin kamu jamu nantinya. Lebih hemat juga karena bahan-bahannya kamu sendiri yang beli. 

Berikut ada sepuluh ide kreasi homemade snack yang bisa kamu pilih untuk jadi sajian kudapan lebaran nanti, variasinya lengkap dari yang asin gurih sampai manis. Enjoy! 

1. Corn dog mini muffins

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranCorn dog mini muffins (damndelicious.net)

Siapa sangka corn dog dapat kamu nikmati dengan cara unik seperti ini. Dikreasikan menjadi mini muffins, corn dog versi unik ini akan jadi finger food yang simple dan lezat untuk para tamu yang bersilaturahmi ke rumahmu.

Kamu tinggal membuat adonan muffin dan memasukkan sosis ke tengah adonan untuk kemudian dipanggang. Jangan lupa siapkan saus tomat dan sambal untuk jadi pelengkap saat menyantapnya.

2. Mac and cheese bites

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranMac and cheese bites (fifteenspatulas.com)

Selain lebih praktis, mac and cheese bites juga memiliki tekstur yang berbeda dari mac and cheese biasa karena dimasak dengan cara dipanggang. Kamu hanya butuh enam bahan, yaitu makaroni, mentega, keju, susu, dan tepung, hemat bukan? Walau bahan-bahannya sederhana, mac and cheese bites punya rasa gurih khas tersendiri. Suasana lebaran bakal terasa lebih fresh dan new kalau kamu menyajikan cemilan ini.

3. Spicy baked sweet potato wedges

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranSpicy baked sweet potato wedges (cookingclassy.com)

Buat cara makan ubi menjadi lebih fancy dengan mengkreasikannya menjadi spicy baked sweet potato wedges. Snack ini dapat kamu buat di rumah karena bahannya sangat simple. Kamu tinggal iris-iris ubi, taburi dengan minyak hingga merata. Lalu tempatkan ubi di loyang, beri taburan campuran garam, bubuk cabai, dan garlic powder.

Panggang ubi hingga matang. Kemudian aduk mayonaise dan saus sambal bersamaan untuk dijadikan celupan dari ubi yang sudah dipanggang tadi. Kamu dapat menyiapkan snack ini beberapa menit sebelum menjamu kerabat yang lebaran ke rumah agar bisa disajikan fresh from the oven.

4. No-bake peanut butter treats

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranNo-bake peanut butter treats (beamingbaker.com)

Camilan manis ini akan jadi mood booster yang disukai terutama bagi anak-anak. Kamu hanya butuh oats, peanut butter, dan madu atau maple syrup untuk membuat cemilan ini. Oats harus kamu haluskan terlebih dahulu menggunakan blender sampai berubah menjadi tepung.

Setelah itu, kamu bisa menambahkan peanut butter dan madu atau maple syrup hingga membentuk adonan padat yang bisa kamu bentuk bulat-bulat kecil. Dengan tiga bahan saja, kamu sudah bisa menghasilkan cemilan lebaran yang praktis namun menggiurkan.

5. Cheese crackers

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranCheese crackers (kingarthurbaking.com)

Ternyata membuat biskuit keju sendiri di rumah itu gampang, lho! Bahan-bahannya hanya tepung gandum utuh, keju cheddar, unsalted butter, garam, dan air. Semua bahan tadi tinggal kamu campurkan ke dalam food processor sampai menyatu. Kemudian, adonan dipipihkan untuk dicetak sesuai bentuk biskuit yang kamu inginkan.

Setelah itu panggang hingga kuning kecoklatan. Cheese crackers adalah snack ringan yang cocok jadi kudapan saat sedang mengobrol dan bertukar kabar dengan saudara setelah lama tak bersua.

Baca Juga: 5 Resep Kue Basah untuk Sajian Lebaran Idulfitri, yang Mana Favoritmu?

6. Beef sausage rolls

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranBeef sausage rolls (africanbites.com)

Kudapan ini adalah salah satu pilihan kalau kamu ingin menyajikan snack yang bercita rasa kuat dan punya variasi tekstur. Daging cincang yang dicampur dengan berbagai rempah akan melahirkan perpaduan yang unik saat dipasangkan dengan puff pastry. Snack gurih ini bisa jadi kudapan lebaran yang pas karena disajikan dalam bentuk bite-sized sehingga tidak membuat perut terasa penuh.

7. Potato chips

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranPotato chips (tasteofhome.com)

Kamu bisa membuat keripik kentang sendiri di rumah sebagai alternatif snack yang lebih sehat. Kentang harus diiris tipis agar menghasilkan tekstur keripik yang crispy. Cemilan ini dijamin banyak diserbu baik oleh orang dewasa maupun anak-anak karena rasanya yang tidak neko-neko sehingga masuk ke lidah siapa saja. Kamu bisa membuat seasoning mixture yang terdiri dari garlic powder, garam dan merica untuk rasa gurih keripik kentang yang pas.

8. Nutella fudge

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranNutella fudge (layersofhappiness.com)

Siapa sih yang bakal menolak nutella? Snack simple yang mudah dibuat ini akan memanjakan kamu dan keluargamu yang sweet tooth. Satu cup nutella dicampur dengan butter, ekstrak vanilla, garam, gula halus, serta kacang mede atau almond untuk menambah rasa dan tekstur. Simpan di kulkas selama kurang lebih empat jam untuk mendapatkan tekstur fudge yang padat dan tidak kelembekan. Potong kotak-kotak kecil agar lebih praktis untuk dinikmati.

9. Chicken spring rolls

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranChicken spring rolls (cdkitchen.com)

Snack ini bisa jadi makanan pembuka sebelum makanan berat karena cita rasanya yang ringan namun tetap menggugah selera. Tekstur chicken spring rolls bervariasi karena ada perpaduan dari kulitnya yang renyah dan isiannya yang crunchy dari sayuran seperti wortel dan kol. Cemilan ini bisa jadi gorengan versi lebih sehat karena homemade, jadi kamu bisa menyesuaikan bahan-bahannya dengan preferensi yang menurutmu lebih aman.

10. Sopaipillas

Patut Dicoba, 10 Homemade Snack yang Cocok Jadi Kudapan Saat LebaranSopaipillas (tasteofhome.com)

Jika ingin membuat sajian roti yang simple dan enak, sopaipillas bisa jadi pilihan. Mirip dengan donat, sopaipillas adalah istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan fried pastry dan populer dalam budaya Hispanic di Meksiko Baru dan Amerika Selatan.

Sopaipillas bisa kamu sajikan dengan topping seperti madu dan gula halus. Adonan sopaipillas terdiri dari tepung, baking powder, dan garam. Pipihkan adonan yang sudah diuleni dan didiamkan, potong sesuai selera lalu di goreng dengan minyak yang banyak agar mengembang seperti bantal.

Sepuluh snack homemade di atas adalah alternatif yang bisa kamu pilih jika ingin menyajikan kudapan lebaran yang berbeda, tidak selalu nastar dan kastengel saja. Mencoba sesuatu yang baru adalah hal baik dan bisa kamu coba dengan membuat kudapan lebaran yang unik dari biasanya, tertarik?

Baca Juga: Bikin Camilan dengan Resep Tahu Petis Khas Semarang Ini, Yuk!

kamila diva Photo Writer kamila diva

as calm as the ocean

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya