Comscore Tracker

Resep Kaiserschmarrn, Pancake Kismis Austria yang Super Lembut 

Tiap gigitannya dapat memanjakan lidah

Kaiserschmarrn juga dikenal sebagai Emperor’s Mess yang dapat diartikan sebagia kekacauan kaisar. Kaiserschmarrn sendiri diambil dari dua kata yakni kaiser berarti kaisar dan schmarrn berarti orak-arik.

Memiliki nama yang berkaitan dengan kaisar, pancake kaiserschmarrn ini sangat disukai oleh kaisar Austria, Franz Joseph 1. Meskipun bentuknya teroak-arik, kuliner austria satu ini tetap memiliki tekstur soft dan pluffy di setiap gigitannya. Penasaran dengan kaiserschmarrn ala austria ini? Yuk, cek resep lengkapnya di bawah ini!

1. Bahan yang dibutuhkan 

Resep Kaiserschmarrn, Pancake Kismis Austria yang Super Lembut ilustrasi bahan kaiserschmarrn (pixabay.com/kerdkanno)

Pancake kaiserschmarrn ini membutuhkan beberapa bahan yang cukup mudah.

Bahan rendaman:

  • 1/3 cangkir kismis
  • 50 ml air

Bahan adonan pancake

  • 1 cangkir terigu
  • 2 butir telur
  • 3 sdm mentega, cairkan
  • 250 ml susu
  • 2 sdm gula pasir
  • 1 sdt perisa vanilla
  • Sejuput garam

Bahan tambahan:

  • 2 sdm mentega (untuk memanggang)
  • 2 sdm karamel instan
  • 1 sdm gula bubuk
  • 2 sdm selai apel
  • 10 buah berry (opsional)

2. Rendam kismis dengan air 

Resep Kaiserschmarrn, Pancake Kismis Austria yang Super Lembut ilustrasi rendaman kismis (youtube.com/Natural Solution)

Proses paling pertama yang harus kamu lakukan ialah merendam kismis dengan air agar tekstur kismis bisa lebih kenyal dan lembut sekitar 15–20 menit.

Secara tradisional, perendaman kismis ini menggunakan larutan rum. Akan tetapi kamu juga bisa menggunakan air biasa untuk merendam kismis ini.

Baca Juga: 5 Resep Pancake Kentang ala Eropa, Cita Rasa Berbeda!  

3. Buat adonan pancake kaiserschmarrn 

Resep Kaiserschmarrn, Pancake Kismis Austria yang Super Lembut ilustrasi buat adonan kaiserschmarrn (pixabay.com/pixel2013)

Membuat adonan pancake terbilang cukup mudah, sama halnya dengan kaiserschmarrn ini. Pertama pecahkan telur lalu pisahkan putih dan kuning telur. Mixer putih telur hingga mengembang dan kaku. Simpan terlebih dahulu.

Campur kuning telur dengan sisa bahan adonan lainnya, kocok merata, dan tidak perlu sampai mengembang. Setelah itu masukkan kocokan putih telur sedikit demi sedikit hingga putih telur habis.

Hal terakhir dalam pembuatan adonan pancake ialah menambahkan kismis yang telah direndam. Kamu bisa memotong-motong kismis terlebih dahulu agar kismis dapat menyebar merata di setiap adonan pancake.

4. Panggang pancake hingga matang 

Resep Kaiserschmarrn, Pancake Kismis Austria yang Super Lembut ilustrasi panggang kaiserschmarrn (youtube.com/wbpstarscom)

Panaskan pan bundar dengan ukuran sekitar 24 cm, jangan lupa beri mentega agar tidak lengket. Pastikan mentega telah cair untuk kemudian dituangi dengan setengah adonan pancake.

Proses pemanggangan dilakukan hingga bagian luar pancake agak coklat keemasan. Bolak-balik pancake agar matang merata lalu iris menjadi beberapa bagian kecil di atas pan. Panggang hingga semua bagian benar-benar matang.

Kamu bisa menambahkan kismis ke atas adonan saat proses pemanggangan agar citarasa kismis lebih berasa. Di sisi lain, kamu juga bisa memanggang kaiserschmarrn menggunakan oven.

5. Beri topping lalu sajikan pancake kaiserschmarrn 

Resep Kaiserschmarrn, Pancake Kismis Austria yang Super Lembut ilustrasi kaiserschmarrn (pixabay.com/RitaE)

Taruh pancake kaiserschmarrn di atas wadah, susun dengan rapih kemudian hujani dengan karamel. Jika menginginkan karamel yang otentik, kamu bisa membuat homemade karamel dari mentega dan gula pasir.

Setelah itu, taburi pancake dengan gula bubuk dan beberapa buah berry. Pancake satu ini juga sering disantap menggunakan selai apel. Jadi, pastikan untuk menambahkan selai apel di samping pancake kaiserschmarrn.

Pancake kismis ini teksturnya lembut dan bentuknya cukup mini. Kamu bisa menjadikan kaiserschmarrn sebagai sarapan, makan siang ringan ataupun sekedar camilan manis di sela kegiatanmu. Ayo coba resep kaiserschmarrn di atas!

Baca Juga: Resep Coconut Pancake Roll, Street Food ala Thailand yang Otentik Abis

Allamandawi Photo Verified Writer Allamandawi

Mohon maaf jika ada kekeliruan informasi. Artikel lainnya dari saya dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya