Resep Nasi Plov Khas Uzbekistan, Komplit Daging dan Sayur! 

Olahan nasi bercita rasa tinggi!

Dikenal juga dengan nama pilaf dan pullau, plov merupakan olahan nasi yang terkenal di daerah Uzbekistan, Rusia dan negara sekitarnya. Plov dibuat dari beberapa campuran daging, sayur, berbagai macam rempah bahkan buah kering seperti kismis.

Daging yang digunakan dalam nasi plov ini juga sangat beragam. Bisa dibuat dari daging sapi, lembu, kambing, ayam, atau bahkan campuran dari beberapa jenis daging tersebut. Ayo kreasikan nasi plov khas Uzbekistan dengan resep di bawah ini. Rasakan sendiri kenikmatan berbagai paduan rasa dalam satu hidangan!

1. Bahan yang digunakan 

Resep Nasi Plov Khas Uzbekistan, Komplit Daging dan Sayur! ilustrasi beras (pixabay.com/allybally4b)

Bahan-bahan:

  • 1 cup beras
  • 300 gr daging sapi
  • 1 buah bawang bombay
  • 1 bonggol bawang putih
  • 1 buah wortel
  • 2 cup kaldu sapi atau air
  • 1 sdt jintan bubuk
  • 1 sdt paprika bubuk
  • Minyak goreng untuk menumis
  • Garam dan lada secukupnya

2. Tumis daging sapi lalu angkat 

Resep Nasi Plov Khas Uzbekistan, Komplit Daging dan Sayur! ilustrasi tumis daging (youtube.com/Tatyana's Everyday Food)

Panaskan sedikit minyak di atas pan atau wajan ukuran sedang. Masukkan daging sapi yang telah dipotong dadu dengan ukuran sedang ke dalam wajan berisi minyak.

Tumis daging hingga cairannya keluar dengan permukaan agak kecoklatan. Angkat tumisan daging tersebut lalu gunakan wajan yang sama untuk menumis bahan selanjutnya.

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Uzbekistan yang Jadi Incaran Wisatawan, Menggiurkan!

3. Tumis bawang dan sayur 

Resep Nasi Plov Khas Uzbekistan, Komplit Daging dan Sayur! ilustrasi tumis sayur (youtube.com/Tatyanas's Everyday Food)

Panaskan minyak secukupnya, masukkan wortel dan bawang bombay yang telah dipotong dadu. Untuk bawang putih, kamu bisa memilih untuk mencincangnya atau cukup membelah dua bonggolnya.

Jika menggunakan bonggol bawang putih yang dibelah dua, masukkan bawang tersebut setelah memasukkan nasi di step nomor 4. Tumis sayuran dan bawang beberapa saat hingga harum dan layu.

4. Masak nasi bersama bahan tumisan 

Resep Nasi Plov Khas Uzbekistan, Komplit Daging dan Sayur! ilustrasi masak nasi (youtube.com/Tatyana's Everyday Food)

Tuang kaldu sapi ke dalam tumisan sayur, kemudian masukkan kembali potongan daging sapi yang juga telah ditumis sebelumnya. Tambahkan penyedap, seperti garam, lada, paprika dan jintan. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Masukkan beras yang telah dicuci bersih ke dalam wajan tumisan, aduk rata kembali dan pastikan agar beras terendam dalam kaldu. Tutup wajan yang digunakan, lalu masak semua bahan higgga matang sekitar 30 menit.

5. Sajikan nasi plov 

Resep Nasi Plov Khas Uzbekistan, Komplit Daging dan Sayur! ilustrasi plov (youtube.com/Tatyana's Everyday Recipe)

Aduk rata nasi plov yang telah matang, pastikan agar semua bahan tidak saling lengket. Jika beras tak cukup matang, kamu bisa menambahkan sedikit kaldu atau air lalu masak kembali selama beberapa menit.

Nasi plov bisa disajikan sebagai makanan utama tanpa pendamping lauk apapun karena bahannya sudah cukup komplit dengan keberadaan sayur dan daging. Akan tetapi, nasi plov juga bisa banget dinikmati dengan acar, marinasi tomat serta sour cream.

Kamu bisa menikmati nasi yang merekah dengan daging yang lembut dan juicy. Citarasa rempah nasi plov khas Uzbekistan ini pun mampu memanjakan lidah. Jadi, pastikan kamu mencoba nasi plov yang super endul ini, ya!

Baca Juga: 9 Kuliner Khas Uzbekistan yang Jadi Incaran Wisatawan, Menggiurkan!

Allamandawi Photo Verified Writer Allamandawi

Mohon maaf jika ada kekeliruan informasi. Artikel lainnya dari saya dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya