Comscore Tracker

Resep Sambal Harissa ala Tunisia, Masuk Daftar Warisan UNESCO 

Pedasnya nampol!

Beberapa hari yang lalu, tepatnya 1 Desember 2022, UNESCO mengumumkan bahwa Harissa telah resmi masuk dalam daftar situs warisan tak benda UNESCO. Keputusan ini diambil setelah diadakan pertemuan di Rabat, Maroko, oleh pihak UNESCO sendiri pada 28 November - 3 Desember.

Harissa merupakan sambal populer asal Tunisia. Sambal ini bahkan bisa kamu temukan di berbagai swalayan di negara tersebut. Umumnya, harissa dibuat dari cabai kering dengan berbagai rempah yang menambah cita rasa.

Jika ingin merasakan kelezatan dan ketenaran sambal harissa, kamu bisa mencobanya di rumah dengan mengikuti resep berikut ini. Let's check it out!

1. Bahan yang dibutuhkan 

Resep Sambal Harissa ala Tunisia,  Masuk Daftar Warisan UNESCO ilustrasi bahan harissa (pixabay.com/RitaE)

Kamu hanya memerlukan bahan-bahan berikut dalam membuat homemade harissa ala Tunisia.

10 buah cabai de arbol atau new mexico kering
2 buah cabai guajilo kering
1 sdm biji jintan
1 sdt biji ketumbar
2 siung bawang putih
1 sdm perasan lemon
1 sdm cuka apel
1 sdm pasta tomat
1 sdt bubuk paprika panggang
1 sdt garam atau secukupnya
150 ml minyak zaitun

2. Rendam cabai kering hingga terhidrasi

Resep Sambal Harissa ala Tunisia,  Masuk Daftar Warisan UNESCO ilustrasi rendam cabe (youtube.com/Chili Pepper Madness)

Taruh cabai de arbol dan guajilo di dalam wadah berpenutup. Tuang air panas ke dalamnya hingga menutupi seluruh permukaan cabai. Tutup wadah dan diamkan sekitar 15-20 menit hingga cabai agak kenyal. Jika tak memiliki wadah berpenutup, cukup gunakan wadah apa pun, lalu tutup dengan kain tebal atau plastic wrap.

Jika cabai sudah terhidrasi, hilangkan tangkai yang masih menempel sekaligus bijinya. Kamu bisa memotong bagian ujung atas cabai, lalu keluarkan cabai secara perlahan.

Baca Juga: 5 Situs Warisan Dunia UNESCO di Brasil, Wajib Masuk Wishlist Liburan!

3. Sangrai biji jintan dan ketumbar lalu ulek 

Resep Sambal Harissa ala Tunisia,  Masuk Daftar Warisan UNESCO ilustrasi sangrai jintan ketumbar (youtube.com/Food Wishes)

Siapkan wajan, lalu masukkan biji jintan dan ketumbar. Panaskan wajan dengan api kecil, sangrai kedua rempah tersebut hingga harum sekitar 3 menit, kemudian angkat.

Gunakan ulekan untuk menghaluskan biji ketumbar dan jintan sangrai. Pastikan benar-benar halus, ya, agar tidak merusak tekstur harissa dengan serpihan-serpihannya.

4. Campur dan haluskan semua bahan hingga membentuk pasta 

Resep Sambal Harissa ala Tunisia,  Masuk Daftar Warisan UNESCO ilustrasi haluskan cabe (youtube.com/Josephine's Recipe)

Masukkan bawang putih cincang, cuka, pasta tomat, bubuk paprika, perasan lemon garam, dan bubuk jintan dan ketumbar sangrai. Aduk rata agar tidak ada gumpalan yang tersisa.

Pindahkan campuran di atas ke dalam blender atau food processor, tambahkan cabai yang telah dihidrasi dan 100 ml minyak zaitun. Kemudian, haluskan hingga membentuk pasta, pastikan masih ada sedikit tekstur cabainya. Setelah itu, masukkan pasta ke dalam toples kecil, beri sisa minyak zaitun di bagian atasnya. Simpan dalam kulkas maksimal satu bulan atau bisa digunakan langsung.

5. Sajikan sambal harissa dengan berbagai olahan 

Resep Sambal Harissa ala Tunisia,  Masuk Daftar Warisan UNESCO ilustrasi sambal harissa (youtube.com/Dimitra's Dishes)

Secara umum, sambal harissa ini dapat disajikan dengan berbagai macam olahan khas Tunisia seperti Lablabi atau olahan lainnya. Di sini kamu juga bisa menjadikannya sambal oles, sambal cocol, atau dimasukkan ke dalam kuah sup.

Sambal harissa ini menyajikan cita rasa yang manis, asam, pedas disertai aroma yang tajam dan smoky. Kamu yang pecinta pedas bisa, nih, mencoba harissa sebagai suatu pengalaman baru nan menyenangkan dalam dunia kulinermu. Ayo, coba resep harrisa di atas!

Baca Juga: 5 Masakan Berbahan Harissa, Pasta Cabai Tunisia yang Tak Kalah Populer

Allamandawi Photo Verified Writer Allamandawi

Mohon maaf jika ada kekeliruan informasi. Artikel lainnya dari saya dapat dilihat di www.allamandawi.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya