Comscore Tracker

Resep Asian Chili Garlic Prawn, Sausnya Bikin Nagih

Udang dan bumbunya menyatu

Banyak sekali resep mengolah udang yang bisa kamu coba, mulai digoreng dengan tepung, ditumis maupun dipanggang. Di antara beberapa resep yang sudah pernah kamu coba, ada resep yang bisa kamu recook di rumah. Namanya Asian chili garlic prawn, dengan tambahan bubuk cabai, saus sambal serta brown sugar, rasanya pedas manisnya cocok banget disantap dengan nasi. 

Bumbu kentalnya meresap pada udang. Gak rugi deh kalau kamu coba resepnya di rumah. Untuk resep lengkapnya, baca langkah-langkahnya sampai habis yuk!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk bikin Asian chili garlic prawn

Resep Asian Chili Garlic Prawn, Sausnya Bikin Nagihilustrasi asian chili garlic prawn (instagram.com/nawang_okta)

Bahan-bahan:

  • 500 gr udang, buang kepala dan belah ekornya
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm chili flakes
  • 2 sdm kecap asin 
  • 3 sdm saus sambal
  • 2 sdm brown sugar
  • 1 sdm minyak wijen 
  • Margarin secukupnya
  • 100 ml air

2. Tumis udang hingga matang

Resep Asian Chili Garlic Prawn, Sausnya Bikin Nagihilustrasi udang (pexels.com/valeriya)

Baca Juga: Resep Tumis Udang Bawang Putih yang Dijamin Bikin Lidah Bergoyang

Pastikan udang yang kamu pakai masih segar kualitasnya agar resep tidak gagal. Cuci bersih udang terlebih dahulu, buang kepala dan kotorannya. Selanjutnya panaskan teflon yang sudah dituangi margarin. Panaskan hingga meleleh. 

Tumis udang hingga berubah warna dan matang sambil diaduk-aduk dengan spatula. Setelah dirasa cukup matang, angkat lalu sisihkan. 

3. Tumis bawang putih dan bawang bombay

Resep Asian Chili Garlic Prawn, Sausnya Bikin Nagihilustrasi menumis (pexels.com/pixabay)

Nah, langkah selanjutnya adalah menumis bawang bombay dan bawang putih. Tidak perlu mengganti wajan maupun margarin, kamu bisa menggunakan kembali margarin bekas menggoreng udang tadi. 

Tumis bawang bombay dan bawang putih sambil diaduk-aduk dengan spatula. Tunggu hingga bawang bombay dan bawang putih layu dan aromanya menguar.

4. Tambahkan air dan bumbu

Resep Asian Chili Garlic Prawn, Sausnya Bikin Nagihilustrasi memasukkan bumbu (pexels.com/rodnae-productions)

Setelah bawang putih dan bawang bombay yang kamu tumis sudah cukup layu, jangan lupa masukkan air sesuai takaran resep di atas atau secukupnya. Selanjutnya jangan lupa menambahkan bumbu-bumbu.

Tuangkan kecap asin, chili flakes atau yang biasa disebut cabe bubuk agar pedasnya mantap, tambahkan pula saus sambal, minyak wijen dan brown sugar. Aduk-aduk agar bumbu menyatu.

5. Masak hingga bumbu tercampur rata

Resep Asian Chili Garlic Prawn, Sausnya Bikin Nagihilustrasi asian chili garlic prawn (instagram.com/nawang_okta)

Setalah tahap di atas selesai saatnya untuk memasukkan udang. Tapi pastikan dulu kalau gula sudah larut dan campuran air dan bumbu sudah mulai mengental. Aduk-aduk dengan spatula hingga bumbu merata melumuri udang.  

Selanjutnya beri irisan daun bawang dan tuangkan pada piring saji. Nah, udang sudah siap disantap dengan nasi hangat-hangat.

Jika kamu pecinta udang dan pedas, resep ini cocok banget buat kalian. Udang yang lezat serta bumbunya yang kental serasi banget disantap bareng nasi. Pasti bikin kamu nambah nasi lagi dan lagi. Semoga resep diatas membantu ya. Selamat mencoba di rumah.

Baca Juga: Resep Membuat Udang Saus Padang, Aromanya Menggugah Selera

Amina Sy Photo Verified Writer Amina Sy

...........................................

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya