Comscore Tracker

Resep Ayam Goreng Serundeng Manis, Cocok untuk Menu Lauk Hari Ini

Perpaduan gurih ayam dan manis serundeng bikin nagih

Ayam goreng serundeng manis bisa jadi solusi untuk menu lauk hari ini karena rasanya sedap. Sesuai namanya, varian ayam goreng ini memadukan serundeng yang manis dan gurih. Serundeng merupakan kelapa parut yang dimasak bersama bumbu rempah dan gula merah.

Rasa gurih ayam dan manis serundeng jadi perpaduan yang teramat nikmat. Dijamin, deh kelezatannya bikin jatuh hati. Yuk, sajikan kreasi ayam goreng ini untuk lauk. Ikuti cara masak ayam serundeng manis seperti resep di bawah ini, ya!

1. Bahan-bahan untuk masak ayam goreng serundeng manis

Resep Ayam Goreng Serundeng Manis, Cocok untuk Menu Lauk Hari Iniilustrasi ayam utuh (freepik.com/mdjaff)

Bahan:

  • 1 ekor ayam pejantan
  • 1/2 butir kelapa parut setengah tua
  • air secukupnya

Bumbu halus:

  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 ruas lengkuas
  • 2 ruas kunyit

Bumbu tambahan:

  • 1 batang serai, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1 balok gula merah, sisir halus lalu larutkan dengan sedikit air

2. Blender bahan bumbu sampai halus

Resep Ayam Goreng Serundeng Manis, Cocok untuk Menu Lauk Hari Iniilustrasi menghaluskan bumbu (youtube.com/CR COOK)

Sebelum mulai memasak, terlebih dulu cuci bersih daging ayam. Kemudian, potong sesuai selera, tiriskan. Selanjutnya, membuat bumbu untuk ayam goreng dengan menyiapkan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, lengkuas, dan kunyit.

Masukkan bahan bumbu tersebut ke dalam blender. Lalu, beri sedikit air untuk memudahkan proses penghalusan. Seteleh itu, proses bumbu sampai halus. Jika sudah, matikan blender dan sisihkan. Bumbu siap untuk ditumis.

Baca Juga: Resep Serundeng Daging Sapi Tahan Lama, Bisa untuk Stok Lauk Makan

3. Tumis bumbu sampai harum

Resep Ayam Goreng Serundeng Manis, Cocok untuk Menu Lauk Hari Iniilustrasi menumis bumbu (youtube.com/CR COOK)

Nah, untuk melakukan proses menumis siapkan wajan di atas kompor kemudian tuangkan minyak secukupnya ke dalam wajan. Nyalakan kompor dengan api sedang dan biarkan minyak panas.

Sesudah minyak panas kemudian tuang bumbu ke dalam wajan dan tambahkan serai, daun salam, serta daun jeruk. Lakukan proses menumis bumbu sampai harum sambil sesekali diaduk supaya tidak gosong.

4. Masak ayam sampai matang dan meresap

Resep Ayam Goreng Serundeng Manis, Cocok untuk Menu Lauk Hari Iniilustrasi masak ayam sampai meresap (youtube.com/CR COOK)

Sesudah bumbu harum kemudian masukkan ayam. Lalu, aduk ayam sampai tercampur merata. Jika sudah, tambahkan air dan garam kemudian aduk dan koreksi rasa.

Jika dirasa sudah pas, lanjut dimasak hingga matang sampai kuah menyusut. Matikan api, sisihkan ayam dan saring bumbu. Barulah, masukkan kelapa parut serta gula merah sisir yang telah dilarutkan. Lalu, aduk sampai tercampur merata. Ayam serundeng manis siap digoreng.

5. Ayam serundeng manis siap untuk disajikan

Resep Ayam Goreng Serundeng Manis, Cocok untuk Menu Lauk Hari Iniayam serundeng manis (instagram.com/sessykitchen)

Untuk proses menggoreng letakkan wajan di atas kompor. Lalu, tuangkan minyak cukup banyak ke dalam wajan dan nyalakan kompor di api sedang. Biarkan minyak panas. Jika sudah, masukkan serundeng ke dalam wajan berisi minyak panas.

Goreng serundeng sampai kecokelatan.Jika sudah, angkat dan tiriskan. Selanjutnya, goreng ayam hingga matang kuning kecokelatan. Kemudian, angkat serta tiriskan. Ayam goreng serundeng manis siap untuk disajikan.

Tak perlu bosan menikmati ayam goreng, sebab kini ada ayam serundeng manis. Rasanya lezat dan cara masaknya pun mudah. Kamu bisa ikuti langkah memasak ayam serundeng seperti resep di atas. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Paru Serundeng, Lauk Makan Gurih yang Tahan Lama

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya