Comscore Tracker

Resep Cipak Koceak, Jajanan Khas Garut yang Gak Kalah Enak dari Cireng

#IDNTimesFood Sensasi pedasnya bikin lidah teriak

Selain dodol, Garut juga memiliki jajanan bernama cipak koceak. Kata cipak berasal dari bahasa Sunda yang artinya cimol dempak. Sedangkan kata koceak berarti teriak. Dengan begitu cipak koceak bisa bikin orang teriak, sebab jajanan ini memiliki beragam tingkat rasa pedas yang bisa disesuaikan selera.

Penasaran ingin coba membuatnya? Tenang, bahan dan cara membuat cipak koceak sendiri agak mirip pembuatan cireng, kok. Hanya saja ada penambahan bumbu pedas pada saat akan disajikan. Nah, kalau kamu masih bingung cara membuat cipak koceak, ikuti saja resep dan cara membuatnya seperti berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Cipak Koceak, Jajanan Khas Garut yang Gak Kalah Enak dari Cirengilustrasi bahan-bahan (silviocicchi.com)

Bahan:

  • 250 gram tepung kanji
  • 125 gram tepung terigu
  • 1 sdm bawang putih bubuk
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • Air panas secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bahan bumbu:

  • 30 buah cabai rawit kering
  • 2 sdm bawang putih bubuk
  • 1 sdt kaldu bubuk
  • 1 buah jeruk limau

2. Blender bumbu

Resep Cipak Koceak, Jajanan Khas Garut yang Gak Kalah Enak dari Cirengilustrasi bumbu pedas (whiskaffair.com)

Blender cabai rawit kering sampai halus, lalu tuang di dalam wadah. Tambahkan pula bawang putih bubuk dan kaldu bubuk, aduk rata. Lalu siram dengan minyak panas serta beri perasan air jeruk limau, aduk rata.

3. Campurkan tepung, lalu uleni sampai kalis

Resep Cipak Koceak, Jajanan Khas Garut yang Gak Kalah Enak dari Cirengilustrasi uleni adonan (koreanbapsang.com)

Siapkan wadah, di dalam wadah campurkan tepung kanji, tepung terigu, bawang putih bubuk, daun bawang, garam, dan kaldu bubuk. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai kalis.

Baca Juga: Resep Rujak Cireng, Camilan Lokal yang Cocok untuk Teman Ngopi

4. Goreng adonan hingga matang

Resep Cipak Koceak, Jajanan Khas Garut yang Gak Kalah Enak dari Cirengilustrasi menggoreng adonan (hungryenoughtoeatsix.com)

Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat lalu pipihkan adonan. Letakkan wajan di atas kompor, tuangkan minyak cukup banyak. Kemudian nyalakan dengan api sedang, biarkan minyak panas. Goreng adonan sampai matang kering, angkat dan tiriskan.

5. Cipak koceak siap disajikan

Resep Cipak Koceak, Jajanan Khas Garut yang Gak Kalah Enak dari Cirengilustrasi cipak koceak (instagram.com/aisyahwais07)

Cipak koceak siap disajikan dengan siraman bumbu cabai. Nah, buat kamu yang gak suka terlalu pedas, kamu bisa kok mengurangi takaran bumbunya biar nyaman di lidah. Selamat mencoba!

Begitulah langkah-langkah pembuatan cipak koceak yang gampang banget. Perpaduan bumbu dengan cita rasa pedas asamnya bikin langsung menusuk lidah. Yakin, gak mau coba nih?

Baca Juga: Resep Cireng Banyur yang Pedas Menggugah Selera, Bikin Segar di Lidah!

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

Tidak ada kata terlambat untuk menjadi orang sukses

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya